Roboguru

Jika asam karboksilat direaksikan dengan amonia, senyawa yang dihasilkan adalah....

Pertanyaan

Jika asam karboksilat direaksikan dengan amonia, senyawa yang dihasilkan adalah....

  1. alkana

  2. eter

  3. alkanon

  4. ester

  5. asil amida

Pembahasan Soal:

Asam karboksilat merupakan golongan asam organik alifatik yang memiliki gugus karboksil (dilambangkan dengan -COOH). Senyawa asam karboksilat dapat bereaksi dengan senyawa organiknya salah satunya adalah amonia. Ketika asam karboksilat direaksikan dengan amonia akan menghasilkan asil amida dan air dengan reaksi sebagai berikut:

RCOOH+NH3RCONH2+H2Oasamkarboksilatamoniaasilamidaair

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Bestanika

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 15 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan nama IUPAC dan nama lazim (jika ada) untuk senyawa berikut.

Pembahasan Soal:

Pemberian nama IUPAC asam karboksilat dilakukan dengan mengganti akhiran –a pada nama alkana dengan –oat. Berdasarkan struktur diatas rantai utama (rantai dengan jumlah atom karbon paling panjang yang mengandung gugus karboksil) memiliki jumlah 2 atom C sehingga diberinama asam etanoat. Penomoran selalu dimulai dari atom C gugus karboksil. Pada struktur diatas terdapat 3 atom Kloro (Cl) yang terikat pada atom C nomor 2. Jadi, nama IUPAC yang tepat adalah asam 2,2,2-trikloro etanoat.

Tata nama TRIVIAL asam karboksilat pada senyawa diatas dimulai dari menentukan rantai utama. Rantai utama terdiri dari 2 atom C sehingga diberi nama asam asetat. Penomoran menggunakan begin mathsize 14px style alpha comma beta comma gamma end style dan seterusnya. Pada struktur diatas terdapat 3 Kloro (Cl) yang terikat pada atom C alfa (begin mathsize 14px style alpha end style). Jadi, nama TRIVIAL dari senyawa tersebut adalah asam begin mathsize 14px style alpha comma alpha comma alpha end style-trikloroasetat.

Jadi, nama IUPAC yang tepat adalah asam 2,2,2-trikloro etanoat dan nama TRIVIAL dari senyawa tersebut adalah asam begin mathsize 14px style alpha comma alpha comma alpha end style-trikloroasetat.

0

Roboguru

Tuliskan nama dari senyawa ester berikut.

Pembahasan Soal:

Tatanama IUPAC senyawa Ester yaitu terdapat gugus alkil (yang terletak dekat dengan atom O) dan gugus alkanoat (yang terletak diluarnya dan terdapat gugus fungsi). Dari struktur diatas gugus alkil nya adalah butil karena terdiri dari 4 atom C dan gugus alkanoatnya adalah metanoat karena terdiri dari 1 atom C.
Jadi, nama yang tepat dari struktur tersebut adalah butil metanoat.

1

Roboguru

Berilah nama struktur-struktur molekul berikut ini.

Pembahasan Soal:

Struktur senyawa tersebut merupakan kelompok asam alkanoat dengan gugus fungsi size 14px minus sign C O O H. Untuk mempermudah dalam penamaan, kita perlu menggambar ulang strukturnya seperti pada gambar berikut ini.

   

Berdasarkan struktur asam alkanoat diatas terdapat empat atom karbon sebagai rantai utama (butanoat) dan cabang etil (begin mathsize 14px style negative sign C subscript 2 H subscript 5 end style) di posisi nomor 2. Penamaan senyawa alkanoat rantai bercabang mengikuti aturan penamaan secara IUPAC:

asam-posisi cabang-nama cabang-nama rantai utama

sehingga nama yang tepat adalah asam 2,2-dietil-butanoat.

Jadi, nama senyawa tersebut adalah asam 2,2-dietil-butanoat.

0

Roboguru

Tuliskan nama IUPAC dan nama lazim (jika ada) untuk senyawa berikut.

Pembahasan Soal:

Tata nama IUPAC ester dimulai dengan menuliskan nama alkil dan nama IUPAC asam karboksilat (tanpa "asam") yang terdapat dalam struktur. Berdasarkan struktur diatas, alkilnya adalah isopropil karena terdiri dari 3 atom C dan asam karboksilatnya propanoat karena terdiri dari 3 atom C. Jadi, nama IUPAC yang tepat adalah isopropil propanoat.

Tata nama TRIVIAL ester dimulai dengan menuliskan nama alkil dan nama TRIVIAL asam karboksilat (tanpa "asam") yang terdapat dalam struktur. Berdasarkan struktur diatas, alkilnya adalah isopropil karena terdiri dari 3 atom C dan asam karboksilatnya propionat karena terdiri dari 3 atom C. Jadi, nama TRIVIAL yang tepat adalah isopropil propionat.

Jadi, nama IUPAC yang tepat adalah isopropil propanoat dan nama TRIVIAL yang tepat adalah isopropil propionat.

0

Roboguru

Tuliskan nama IUPAC dan nama lazim (jika ada) untuk senyawa berikut.

Pembahasan Soal:

Pemberian nama IUPAC asam karboksilat dilakukan dengan mengganti akhiran –a pada nama alkana dengan –oat. Berdasarkan struktur diatas rantai utama (rantai dengan jumlah atom karbon paling panjang yang mengandung gugus karboksil) memiliki jumlah 5 atom C sehingga diberinama asam pentanoat. Penomoran selalu dimulai dari atom C gugus karboksil. Pada struktur diatas terdapat metil (undefined) yang terikat pada atom C nomor 2 dan 4. Jadi, nama IUPAC yang tepat adalah asam 2,4-dimetil pentanoat.

Tata nama TRIVIAL asam karboksilat pada senyawa diatas dimulai dari menentukan rantai utama. Rantai utama terdiri dari 5 atom C sehingga diberi nama asam valerat. Penomoran menggunakan begin mathsize 14px style alpha comma beta comma gamma end style dan seterusnya. Pada struktur diatas terdapat metil (undefined) yang terikat pada atom C alfa (begin mathsize 14px style alpha end style) dan gama (begin mathsize 14px style gamma end style). Jadi, nama TRIVIAL dari senyawa tersebut adalah asam begin mathsize 14px style alpha comma gamma end style-dimetilvalerat.

Jadi, nama IUPAC yang tepat adalah asam 2,4-dimetil pentanoat dan nama TRIVIAL dari senyawa tersebut adalah asam begin mathsize 14px style alpha comma gamma end style-dimetilvalerat.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved