Roboguru

Jenis pola paragraf pada penggalan teks eksposisi di atas adalah...

Pertanyaan

Jenis pola paragraf pada penggalan teks eksposisi di atas adalah... space

  1. deduktif space

  2. induktif space

  3. campuran space

  4. deduktif-induktif space

  5. induktif-deduktif space

Pembahasan Soal:

Teks eksposisi adalah teks yang digunakan untuk menyampaikan pendapat tentang suatu permasalahan dengan menyajikan argumen/pendukung berupa bukti, contoh, dan alasan yang logis. Teks eksposisi memiliki pola pengembangan tertentu, yaitu:

  • Paragraf deduktif, merupakan paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir. Letak penempatannya diawali dengan kalimat utama (umum), kalimat penjelas (khusus), kalimat penjelas (khusus).
  • Paragraf induktif, merupakan paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal. Letak penempatannya diawali dengan kalimat penjelas (khusus), kalimat penjelas (khusus), kalimat utama (umum).
  • Paragraf campuran, merupakan paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal dan akhir. Letak penempatannya diawali dengan kalimat utama (umum), kalimat penjelas (khusus), kalimat penjelas (khusus), kalimat utama (umum).

Berdasarkan soal, kalimat yang perlu dicermati adalah Jadi, sikap rekonsiliasi dari pihak manusia dapat memungkinkannya melakukan perubahan demi kenyamanan di tengah-tengah lingkungan hidupnya. Kalimat tersebut terdapat konjungsi "Jadi" yang menyatakan kesimpulan paragraf tersebut. Maka kalimat tersebut merupakan kalimat utama paragraf tersebut. Pada kalimat sebelumnya, ada kalimat penjelasan mengenai usaha manusia menghindar diri dari akibat kerusakan lingkungan yang bukan dipahami sebagai  suatu kenyamanan, namun kesempatan itu menjadi titik tolak memulai perubahan. Perubahan yang dimaksud untuk mencegah dan meminimalisasi efek lebih besar.
Dengan demikian, jenis pola paragraf pada penggalan teks eksposisi di atas adalah induktif.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Nurjannah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Gagasan utama paragraf di atas adalah ....

Pembahasan Soal:

Gagasan utama adalah inti pembahasan pada sebuah paragraf. Paragraf tersebut dikembangkan dengan pola deduktif, yakni kalimat utama ada di awal kalimat. Cara menentukan gagasan utama adalah dengan melihat kalimat utamanya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined 

Roboguru

Pernyataan tersirat yang terdapat dalam teks tersebut adalah ….

Pembahasan Soal:

Teks eksposisi merupakan sebuah teks yang berisi sebuah informasi yang berupa gagasan pendapat dan fakta yang bertujuan untuk memberikan sebuah informasi dan pengetahuan kepada kita semua mengenai suatu hal.

Tersirat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah terkandung; tersembunyi (di dalamnya).

Untuk menentukan pernyataan tersirat, kita harus membaca teks tersebut secara saksama. Pada teks terdapat kalimat:

  • “Penderita biasanya akan mengalami gejala seperti flu.”
  • “Akan tetapi, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).”

Berdasarkan kedua kalimat tersebut, kita dapat mengetahui pernyataan tersirat yang terdapat dalam teks tersebut, yaitu “Akibat yang ditimbulkan virus korona tidak selalu sama antara penderita satu dan lainnya.”


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

Roboguru

Masalah yang dapat didiskusikan dari teks tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Masalah yang dapat didiskusikan dari teks tersebut adalah maraknya lalat pada musim hujan. Teks di atas menceritakan bahwa pada saat musim hujan lalat akan beranak pinang. Tak heran jika di musim hujan kita akan dibuat terganggu akan bunyi dengungan lalat yang beterbangan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Roboguru

Kata kunci yang digunakan untuk mengembangkan paragraf tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Kata Kunci adalah unsur penting setiap paragraf. Dalam paragraf setiap teks, kita juga dapat mencari kata kunci yang dimuat dalam ide pokok setiap paragraf.

Cara menemukan kata kunci dalam sebuah paragraf adalah :

  1. Mencari kata yang diulang. Salah satu ciri kata kunci dalam paragraf adalah penggunaannya yang diulang dan dituliskan berkali-kali.
  2. Mencari dalam ide pokok. Kata kunci juga akan ditemukan dalam ide pokok karena kata kunci menjadi unsur penting paragraf dan karena ide pokok berisikan kalimat penting paragraf, salah satunya kata kunci.
  3. Kata kunci bisa ditulis dengan kata ganti lain. Kata ganti untuk kata kunci ini dituliskan dengan beberapa tujuan pada paragraf itu.Tujuan pertama adalah untuk menghemat penggunaan kata, terlebih kalau kata kunci terdiri lebih dari satu kata.Tujuan kedua adalah mempertegas atau memperjelas pembaca mengenai pentingnya kata-kata itu dalam paragraf.undefined 

Pada paragraf di atas, kata kunci yang sesuai adalah perguruan tinggi - universitas - disiplin ilmu - institut - rumpun. Kata-kata tersebut sebagai kata kunci karena kata tersebut diulang dan menjadi unsur penting paragraf.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space ​​​​

Roboguru

Ide pokok paragraf pada penggalan teks eksposisi di atas adalah...

Pembahasan Soal:

Ide pokok adalah gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Gagasan tersebut berisi satu gagasan utama berupa permasalahan atau topik yang dapat dikembangkan secara rinci dalam kalimat penjelas. Ide pokok terletak di kalimat pertama, terakhir, atau pertama dan akhir.

Paragraf tersebut diawali gagasan penyebab utama banjir di Jakarta adalah pembangunan kota yang mengabaikan fungsi daerah resapan air. Hal itu diungkapan oleh tim ahli Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air. Kemudian, kalimat selanjutnya menjelaskan penyebab lainnya yaitu saluran drainase kota yang tidak terencana, tidak terawat, tumpukan sampah dan limbah di sungai. Maka, ide pokok dalam paragraf tersebut terletak di kalimat pertama.
Dengan demikian, ide pokok paragraf pada penggalan teks eksposisi di atas adalah menurut tim ahli penyebab banjir di Jakarta ialah pembangunan kota mengabaikan fungsi daerah resapan air dan tampungan air.

Oleh karena itu jawaban yang benar adalah A.space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved