Roboguru

Jelaskan yang dimaksud dengan polutan!

Pertanyaan

Jelaskan yang dimaksud dengan polutan!

Pembahasan Soal:

Polutan atau pencemar adalah bahan atau benda menyebabkan pencemaran, baik secara langsung maupun tidak langsung. Suatu benda dikatakan polutan apabila memiliki syarat-syarat tertentu, yaitu bahan atau benda tersebut jumlahnya melebihi batas normalnya, misalnya karbon dioksida secara alami terdapat di alam dengan kadar yang sangat kecil, namun apabila karbon dioksida yang melebihi batas membuatnya menjadi polutan udara.
Benda tersebut berada di waktu yang tidak sesuai, misalnya gas sulfur dioksida yang digunakan pada industry makanan dan minuman sebagai pengawet agar bahan makanan bisa disimpan lama. Namun saat zat ini secara tiba-tiba dikeluarkan oleh letusan gunung berapi zat tersebut menjadi poultan udara yang berbahaya
Benda atau zat tersebut berada pada tempat yang tidak sesuai. Misalnya ozon (O3) adalah molekul di atmosfer yang melindungi bumi dari radiasi sinar matahari yang membahayakan makhluk hidup. Namun ozon pada tempat yang tidak sesuai menjadi racun bagi makhluk hidup, misal ozon pada permukaan tanah.

Jadi polutan atau pencemar adalah bahan atau benda menyebabkan pencemaran, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved