Roboguru

Jelaskan yang dimaksud dengan ketenagakerjaan!

Pertanyaan

Jelaskan yang dimaksud dengan ketenagakerjaan!  

Pembahasan Soal:

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, dikatakan bahwa ketenagakerjaan adalah segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama, dan sesudah rnasa kerja.
Dari pengertian ini, dapatlah dipahami bahwa ketenagakerjaan merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan pekerja/buruh, baik menyangkut hal-hal yang ada sebelum masa kerja (preemployment), selarna masa bekerja (during-employment), maupun sesudah masa kerja.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Kusnandar

Mahasiswa/Alumni Universitas Indraprasta PGRI

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tentukanlah pernyataan berikut berdasarkan pilihan jawaban yang tersedia ! Tenaga kerja yang disebut sementara tidak bekerja adalah orang yang memiliki pekerjaan namun sedang tidak bekerja dengan ala...

Pembahasan Soal:

Tenaga kerja yang disebut sementara tidak bekerja adalah orang yang memiliki pekerjaan namun sedang tidak bekerja dengan alasan tertentu.

contoh: karyawan yang cuti, sakit atau mogok kerja.

0

Roboguru

Banyaknya penduduk berusia lebih dari 18 tahun yang melanjutkan sekolah dan meninggalkan pekerjaan, akan berakibat ....

Pembahasan Soal:

Diketahui dari soal bahwa banyak penduduk berusia lebih dari 18 tahun memutuskan berhenti dari pekerjaan dan melanjutkan sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa sebelumnya mereka memiliki pekerjaan sehingga tergolong sebagai angkatan kerja dan tenaga kerja. 

Angkatan kerja adalah penduduk usia kerja/produktif (15-64 tahun) baik yang sudah bekerja, memiliki pekerjaan namun tidak bekerja sementara, sedang mencari pekerjaan, ataupun belum memiliki pekerjaan. Sementara itu, menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan/atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat. 

Berhentinya sebagian penduduk usia kerja yakni 18 tahun berdampak pada menurunnya jumlah tenaga kerja. Namun, mereka tidak dapat digolongkan sebagai pengangguran dikarenakan sedang melanjutkan sekolah. Selain itu, hal ini tentunya juga berdampak pada menurunnya jumlah angkatan kerja karena penduduk usia kerja yang melanjutkan sekolah tidak tergolong sebagai angkatan kerja. Hal demikian secara langsung berdampak pada menurunnya Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja, yang tinggi rendahnya juga bergantung pada jumlah angkatan kerjanyanya. 

Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) adalah persentase perbandingan jumlah angkatan kerja dengan jumlah penduduk usia kerja/produktif. TPAK dihitung dengan cara membagi jumlah angkatan kerja dengan jumlah penduduk usia kerja/produktif, sehingga tinggi rendahnya TPAK salah satunya sangat dipengaruhi oleh jumlah angkatan kerjanya. Jika jumah angkatan kerja menurun maka TPAK juga dapat menurun.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan E.undefined 

0

Roboguru

Dalam ketenagakerjaan, penduduk dibedakan menjadi ....

Pembahasan Soal:

Penduduk adalah semua orang yang berdomisili di wilayah geografis Republik Indonesia selama 6 bulan atau lebih dan atau mereka yang berdomisili kurang dari 6 bulan, tetapi bertujuan untuk menetap. Penduduk dalam suatu negara dibagi menjadi dua bagian yaitu: space space 

  1.  Kelompok tenaga kerja dan,
  2.  Kelompok bukan tenaga kerja.

Kelompok tenaga kerja adalah penduduk berusia produktif yaitu berusia antara 15-64 tahun.
Kelompok bukan tenaga kerja adalah penduduk yang berumur kurang dari 15 tahun dan lebih dari 64 tahun. space space 

0

Roboguru

Ilham baru lulus SMA. Ilham memutuskan tidak melanjutkan studi. Saat ini Ilham sedang mencari pekerjaan yang sesuai keahlian dan ijazahnya. Dilihat dari konsep ketenagakerjaan, Ilham termasuk kelompok...

Pembahasan Soal:

Tenaga kerja adalah penduduk berusia produktif yaitu berusia antara 15-64 tahun, sedangkan angkatan kerja adalah penduduk yang telah bekerja atau masih mencari pekerjaan. 

Dilihat dari kemampuan dan kualitas pekerja, tenaga kerja dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu:

  1. Tenaga kerja terdidik, Tenaga kerja ini memperoleh kemampuannya dalam suatu bidang dengan cara menempuh pendidikan formal. Contoh: Dokter, Arsitek
  2. Tenaga kerja terampil, Tenaga keja ini adalah tenaga kerja yang membutuhkan keahlian di bidang tertentu dengan melalui pelatihan atau pengalaman kerja. Contoh: Sopir Bus, Musisi, Masinis.
  3. Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terampil, Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terampil, bekerja hanya mengandalkan tenaga saja tanpa ada keunggulan lain. Contoh: Kuli.

Dilihat dari konsep ketenagakerjaan, kasus diatas menjadikan Ilham sebagai angkatan kerja karena sudah memasuki usia produkti dan siap mencari pekerjaa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah Dundefined 

0

Roboguru

Setiap penduduk yang mampu melakukan pekerjaan, disebut....

Pembahasan Soal:

Menurut Undang-Undang No. 13 tahun 2003 Bab I pasal 1 ayat 2 disebutkan bahwa tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat. space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved