Roboguru

Jelaskan yang dimaksud dengan jenis puisi lama!

Jelaskan yang dimaksud dengan jenis puisi lama!undefined  

Jawaban:

Puisi lama yaitu puisi yang masih terikat oleh aturan-aturan, seperti jumlah baris, rima, banyaknya suku kata pada tiap baris, dan irama. Jenis-jenis puisi lama yaitu syair, pantun, talibun, gurindam, karmina, dan mantra. 

  1. Syair. Syair adalah puisi atau karya sastra dari Arab yang memiliki sajak a-a-a-a. Biasanya syair menceritakan sebuah kisah dan di dalamnya terkandung sebuah amanat seperti halnya karya-karya sastra jenis lain. 
  2. Pantun. Pantun adalah jenis puisi lama yang masih bertahan sampai sekarang. Jenis puisi ini memiliki sajak a-b-a-b yang setiap baitnya terdiri atas empat baris. Pantun dapat dibedakan berdasarkan temanya, yakni pantun jenaka, pantun anak, pantun kehidupan, dan sebagainya. 
  3. Talibun. Talibun merupakan pantun yang memiliki jumlah baris lebih dari empat dan selalu genap dalam setiap baitnya. Talibun biasanya terdiri atas enam, delapan, sepuluh baris, atau kelipatan dua lainnya. 
  4. Gurindam. Gurindam adalah puisi yang hanya terdapat dua baris kalimat saja dalam setiap baitnya. Gurindam memiliki sajak a-a dan memiliki nasihat atau amanat. 
  5. Karmina. Karmina adalah puisi lama dalam bentuk pantun yang sangat pendek atau biasa disebut dengan pantun kilat. 
  6. Mantra. Mantra adalah ucapan yang dianggap sakral dan memiliki kekuatan gaib. Umumnya, mantra digunakan dalam upacara tertentu, seperti mantra yang digunakan untuk menolak datangnya hujan atau mendatangkan hujan. 

Dengan demikian, puisi lama adalah jenis puisi yang masih terikat oleh aturan-aturan, seperti syair, pantun, gurindam, karmina, dan mantra. space 

 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved