Roboguru

Jelaskan tentang keluarga dalam proses perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural!

Pertanyaan

Jelaskan tentang keluarga dalam proses perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural! 

Pembahasan Soal:

Hubungan kelompok keluarga dengan proses perkembangan masyarakat multikultural adalah keluarga menjadi kelompok sosial awal dan yang paling mendasar dari terwujudnya masyarakat multikultural. Proses perkembangan masyarakat multikultural, yaitu:

  1. Keluarga. Keluarga adalah kelompok sosial terkecil dalam masyarakat. Keluarga dapat digolongkan sebagai kelompok sosial primer karena di dalam keluarga terjadi interaksi antara individu dengan individu lain dan saling mengenal sehingga individu dengan individu tersebut bisa akrab dalam melakukan hubungan.
  2. Kelompok kekerabatan. Kelompok kekerabatan merupakan kelompok – kelompok sosial yang anggota – anggotanya mempunyai hubungan darah dan persaudaraan. Kelompok kekerabatan ini merupakan cikal bakal dari masyarakat. Dalam kelompok kekerabatan nilai – nilai tradisional masih di junjung tinggi sehingga kehidupan kelompok berpusat pada tradisi kebudayaan yang telah di pelihara secara turun menurun.
  3. Kelompok okupasional. Kelompok okupasional adalah kelompok yang terdiri dari orang – orang yang melakukan pekerjaan sejenis.
  4. Kelompok volunter. Kelompok volunter terdiri dari orang – orang yang mempunyai kepentingan sama, tetapi tidak mendapatkan perhatian dari masyarakat yang luas. Kelompok volunter ini akan memenuhi kebutuhan anggotanya secara mandiri tanpa menganggu kepentingan masyarakat umum.
  5. Masyarakat desa. Masyarakat desa merupakan masyarakat yang umumnya memiliki mata pencaharian bertani dan berkebun. Masyarakat desa akan cenderung hidup bersama, berinteraksi dan memiliki hubungan yang erat dalam waktu yang relatif sama serta memiliki sifat – sifat yang sama pula.
  6. Masyarakat kota. Masyarakat kota merupakan kelompok social yang mendiami wilayah yang luas dan lebih dinamis. Masyarakat kota akan cepat dalam mengalami perubahan dan perkembangan. Sebagian besar anggotanya bermatapencaharian di sektor industri, jasa dan perdagangan. Keanggotaan dalam masyarakat kota pun tidak saling mengenal, tidak terikat kontak dan mulai meninggalkan tradisi.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Mutiara

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Rina diajari oleh ibunya agar pintar memasak di dapur. Setelah dewasa, Rina bekerja di restoran terkenal sambil membuka sekolah memasak. Tujuan ibu sebagai bagian dari fungsi lembaga keluarga dalam me...

Pembahasan Soal:

Salah satu fungsi keluarga adalah memberikan pendidikan bagi anak-anak. Pendidikan yang diberikan oleh keluarga kepada anak-anak bukan saja berupa pendidikan moralitas dan agama, tapi juga pendidikan yang berkaitan dengan keahlian. Seperti contoh kasus di atas. Tindakan ibu mengajari Rina memasak menumbuhkan keterampilan dan memupuk kemandirian anak sejak kecil hingga dewasa. Anak yang mendapatkan pendidikan keterampilan cukup dari orang tuanya akan tumbuh menjadi anak yang mandiri dan mampu menentukan pilihan hidupnya sendiri di usia dewasa.

Roboguru

Rani dan Joko telah menikah satu tahun dan baru saja memiliki bayi. Pengeluaran rumah tangga mereka pun meningkat karena harus membeli berbagai macam keperluan bayi. Rani yang tadinya tidak bekerja, a...

Pembahasan Soal:

Salah satu fungsi lembaga keluarga adalah fungsi ekonomi. Salah satu bentuk dari fungsi ekonomi keluarga adalah ayah dan ibu yang bekerja sama memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga seperti kebutuhan makanan, tempat tinggal, sekolah untuk anak-anak, dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Ketika di keluarga ada ayah atau ibu yang bekerja, maka keluarga akan memiliki pendapatan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan primer, sekunder, bahkan kebutuhan lux keluarga. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Bagaimanakah fungsi keluarga dalam membentuk kepribadian anak?

Pembahasan Soal:

Pada soal di atas membahas mengenai fungsi sosialisasi lembaga keluarga dalam pembentukan kepribadian. Sebelum membahas fungsinya, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa sih lembaga keluarga itu? Lembaga keluarga dapat dikatakan sebagai unit sosial terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Di dalam lembaga keluarga anak berproses dalam mengenal jati dirinya dan lembaga ini merupakan lembaga pertama kali proses sosialisasi di lakukan. 

Dalam hal ini, keluarga tidak hanya berfungsi sebagai satuan sosial yang menyelenggarakan sosialisasi, memberikan kepuasan emosional dan rangsangan perasaan para anggotanya, melalui fungsi afeksi atau perlindungan. pendidikan pertama kali juga dari lembaga keluarga dimana anak diajarkan tengkurap, merangkak, hingga berjalan.space space

Pada pembentukan kepribadian, dalam keluarga anak dilatih mengenai pengenalan cara hidup bersama saling berdampingan dengan orang lain. Pelatihan sikap percaya diri, saling menghormati satu sama lain, dan penerapan kepribadian dalam masyarakat. Contohnya, anak diajarkan bersikap mencium tangan kedua orang tua, menunduk apabila jalan di tengah orang yang lebih tua, dan selalu mengucapkan salam.space space

Roboguru

Bentuk lembaga ini sangat beragam, namun pada umumnya banyak masyarakat keluarga bersifat ....

Pembahasan Soal:

Materi yang dibahas pada soal adalah lembaga sosial.

Lembaga sosial merupakan wadah dari sekumpulan norma atau kaidah yang mengatur pendukungnya dalam rangka mewujudkan kebutuhan masyarakat yang bersifat khusus. Suatu lembaga sosial memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan sistem norma yang bukan lembaga sosial, yaitu memiliki simbol sendiri, tata tertib dan tradisi, usia yang lebih lama dari usia manusia, memiliki alat kelengkapan, memiliki ideologi, dan memiliki tingkat kekebalan dan daya tahan.

Salah satu bentuk lembaga sosial adalah lembaga keluarga. Lembaga keluarga ialah unit sosial terkecil yang ada di masyarakat terdiri dari ayah, ibu dan anak. Dari keluarga ini akan melahirkan individu dengan berbagai bentuk kepribadian yang akan tumbuh dalam masyarakat. Keluarga sangat berperan membina serta membimbing anggota-anggotanya untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan fisik maupun dengan lingkungan budaya di mana mereka berada.

Adapun ciri-ciri lembaga keluarga, antara lain:

  1. Adanya hubungan darah atau ikatan perkawinan mungkin dengan adopsi.
  2. Anggota keluarga tinggal satu atap.
  3. Anggota keluarga yang memiliki peranan masing masing.
  4. Adanya fungsi reproduksi.
  5. Terdapat keahlian dalam mewujudkan ketenteraman.

Sehingga sifat lembaga keluarga adalah hubungan sedarah dan kekerabatan.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah E. 

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Gambar tersebut menunjukkan fungsi lembaga keluarga, yaitu ….

Pembahasan Soal:

Keluarga memiliki fungsi sebagai pengawas sosial, yaitu kewajiban untuk saling mengawasi tindakan anggota keluarga lainnya agar bertindak sesuai nilai dan norma yang berlaku demi menjaga nama baik keluarga. Misalnya pada gambar yang memperlihatkan seorang kakak menegur adiknya karena adik berbicara kasar. Kakak ingin adiknya agar berperilaku sesuai dengan aturan di masyarakat. Di sinilah fungsi pengawasan sosial berlangsung. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved