Roboguru

Jelaskan tahapan fase embrionik pada hewan dan manusia.

Pertanyaan

Jelaskan tahapan fase embrionik pada hewan dan manusia.space

Pembahasan Soal:

Fase embrionik secara garis besar terdiri atas beberapa tahap, yaitu morulasi, blastulasi, gastrulasi, diferensiasi, dan organogenesis. Morulasi ( fase morula) terjadi saat zigot yang terbentuk terus menerus membelah. Blastulasi akan membentuk suatu lubang yang disebut dengan blastosol (blastocoel). Gastrulasi adalah tahap blastula yang mengalami pelekukan (invaginasi) sehingga terbentuk rongga baru yang disebut dengan gastrocoel atau arkhenteron, pada fase ini embrio mengalami proses diferensiasi dengan mulai menghilangkan blastosol. Pada tahap akhir proses ini akan terbentuk tiga lapisan jaringan embrional, yaitu ektoderm, mesoderm, dan endoderm. Organogenesis yaitu proses pembentukkan berbagai macam organ tubuh sehingga terbentuk embrio secara utuh dan lengkap. Fase diferensiasi dan organogenesis dikendalikan oleh faktor hereditas (gen) yang dibawa saat terjadi pembentukan kutub fungsional dan kutub vegetatif. Masing-masing lapisan jaringan embrional yang terbentuk pada gastrulasi akan mengalami diferensiasi menjadi organ-organ. Pada hewan vivipar dan juga manusia, proses pertumbuhan zigot menjadi embrio akhirnya berkembang menjadi janin dan berlangsung di dalam rahim (uterus) induk betina. Selama masa pertumbuhan janin tersebut disebut masa kehamilan (gestasi). Pada manusia, masa kehamilan sekitar sembilan bulan. Jika usia kandungan sudah cukup maka janin akan dikeluarkan dari dalam uterus dan disebut dengan kelahiran.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup berawal dari proses ....

Pembahasan Soal:

Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup berawal dari proses fertilisasi. Fertilisasi merupakan proses pembuahan sel telur oleh sel sperma di tuba fallopi (oviduk) yang kemudian akan menghasilkan zigot.space

0

Roboguru

Apakah yang dimaksud dengan morula, blastula, dan gastrula?

Pembahasan Soal:

Tahap embrio dimulai dari proses bersatunya sperma dengan sel telur yang disebut fertilisasi. Fertilisasi menyatukan kumpulan kromosom haploid dari kedua gamet (sperma dan sel telur) menjadi sebuah sel diploid (zigot). Tahap embrio dapat dibagi menjadi empat fase, yaitu morulasi, blastulasi, gastrulasi, dan organogenesis.

  1. Morulasi merupakan proses ketika zigot mengalami serangkaian pembelahan (cleavage) secara mitosis dari 1 sel menjadi 2 sel, 4 sel, 8 sel, 16 sel dan seterusnya. Pembelahan hanya membagi-bagi sitoplasma zigot yang besar menjadi banyak sel yang berukuran lebih kecil dan masing-masing berinti yang disebut blastomer. Blastomer-blastomer hasil pembelahan selanjutnya membentuk bola sel padat yang disebut morula.
  2. Blastulasi, yaitu proses terbentuknya blastula yang merupakan bentuk perkembangan lanjutan dari morula. Sel-sel morula terus menerus membelah dan membentuk rongga blastosel di antara kutub animal dengan kutub vegetal. Rongga tersebut semakin membesar dan berisi cairan blastosol. Sitoplasma pada kutub animal berjumlah lebih sedikit dibanding kutub vegetal.
  3. Gastrulasi, merupakan tahap pembentukan gastrula yang merupakan hasil pertumbuhan blastula. Proses ini dinamis di mana sel-sel di sekitar permukaan blastula mengalami pelekukan (invaginasi) dan perpindahan ke lokasi yang lebih dalam sehingga terbentuk tiga lapisan germinal (lapisan embrionik), yaitu ektoderm (lapisan luar), mesoderm (lapisan tengah), dan endoderm (lapisan dalam).
  4. Organogenesis adalah proses pembentukan berbagai organ tubuh yang berkembang dari lapisan-lapisan embrionik.  

0

Roboguru

Pada akhir blastulasi, kecepatan pembelahan sel menurun sangat drastis. Namun, fase embrionik tidak selesai sampai proses blastulasi saja. Proses selanjutnya adalah proses gastrulasi. Adanya proses ga...

Pembahasan Soal:

Proses gastrulasi akan menyebabkan terbentuknya embrio dengan beberapa lapisan sel yang disebut gastrula. Gastrulasi biasanya terjadi di minggu ketiga setelah fertilisasi. Pada akhir grastrulasi akan terbentuk lapisan embrionik berupa lapisan ektoderm, lapisan endoderm dan jaringan mesenkim. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah E.space 

0

Roboguru

Jelaskan tahap - tahap perkembangan janin !

Pembahasan Soal:

Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan dibagi menjadi fase embrionik dan fase pascaembrionik. Fase embrionik adalah fase pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai dari zigot sampai terbentuknya embrio sebelum lahir atau menetas. Berikut ini tahapan fase embrionik :

  1. Tahap Morulasi, yaitu tahap pembentukan sekumpulan sel yang mengalami pembelahan menyerupai buah anggur yang disebut dengan morula.
  2. Tahap Blastulasi, yaitu morula akan berkembang menjadi blastula. Morula akan terus melakukan pembelahan sampai terbentuk suatu rongga pada bagian tengah yang disebut blastosol.
  3. Tahap Gastrulasi, embrio dari blastula akan membentuk gastrula. Pembentukan gastrula ditandai dengan adanya tiga lapisan embrionik yaitu lapisan ektoderm, mesoderm, dan endoderm. Ketiga lapisan tersebut akan tumbuh menjadi organ.
  4. Tahap Organogenesis, yaitu proses pembentukan berbagai organ tubuh yang berkembang dari tiga lapisan saat gastrulasi. Lapisan ektoderm akan membentuk rambut, sistem saraf, dan sistem indera. Lapisan mesoderm akan membentuk otot, rangka, alat reproduksi, alat peredaran darah dan alat ekskresi. Sedangkan lapisan endoderm akan membentuk sistem pencernaan dan sistem pernapasan.undefined 

0

Roboguru

Setelah fertilisasi terjadi, pembelahan pada zygote menghasilkan blastokista yang akan berkembang menjadi tahap morula dan gastrula dan akan membentuk massa sel dalam (inner cell mass) dan massa sel l...

Pembahasan Soal:

Setelah pembelahan pada zygote, akan menghasilkan blastokista yang terdiri dari inner cell mass dan outer cell mass, inner cell mass letaknya di dalam dan akan berkembang menjadi fetus atau janin. Sedangkan outer Cell mass letaknya ada di luar yang akan berkembang menjadi bagian dari plasenta.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved