Roboguru

Jelaskan skema proses pembekuan darah berikut ini secara berurutan!

Pertanyaan

Jelaskan skema proses pembekuan darah berikut ini secara berurutan!

 

Pembahasan Soal:

Pembekuan darah terbentuk saat trombosit dan protein plasma yang menebal, membentuk massa semisolid. Proses ini kemungkinan dipicu oleh luka atau terkadang dapat terjadi dipembuluh darah yang tidak memiliki luka. Pembekuan darah terjadi dalam tiga tahap, yaitu sebagai berikut.

  • Jaringan yang Iuka terpajan darah. Trombosit akan menempel ke kolagen jaringan dan mengeluarkan zat-zat yang membuat trombosit yang berdekatan saling menempel. 
  • Trombosit akan membentuk sumbat yang memberikan perlindungan darurat sehingga tidak terjadi kehilangan darah. Sumbat itu akan diperkuat oleh benang-benang fibrin.
  • Pembentukan benang-benang fibrin adalah sebagai berikut. Faktor pembeku darah dari trombosit bercampur dengan faktor pembeku darah dari plasma darah (antara lain tromboplastin, trombokinase, ion kalsium, dan vitamin K). Faktor-faktor pembeku darah itu bersama-sama akan mengubah protrombin menjadi enzim trombin. Trombin akan mengatalisis perubahan fibrinogen menjadi benang-benang fibrin. Benang-benang fibrin saling menjalin dan membentuk sumbat yang kuat untuk menutup Iuka.

Jadi, bagian nomor 1: Protombin, nomor 2: Trombin, nomor 3: Fibrinogen, dan nomor 4: Fibrin. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 24 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved