Roboguru

Jelaskan skema daur ulang dan manfaat  dalam fotos...

Jelaskan skema daur ulang dan manfaat begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style dalam fotosintesis!undefined 

  1. ....undefined 

  2. ....undefined 

Jawaban:

Skema daur ulang karbon dioksida dapat digambarkan sebagai berikut.

Unsur karbon terdapat di atmosfer dalam bentuk senyawa karbon anorganik, yaitu karbon dioksida (begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style). Karbon dioksida masuk ke dalam komponen biotik melalui produsen. Produsen di darat dan akuatik menggunakan karbon dioksida untuk membentuk bahan organik (glukosa) melalui proses fotosintesis. Bahan organik tersebut ditransfer ke hewan dan manusia secara langsung maupun tidak langsung melalui rantai makanan. Respirasi (pernapasan) yang dilakukan oleh produsen dan konsumen akan membebaskan begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style ke udara.

Jika produsen dan konsumen mati, senyawa karbon organik di dalam tubuhnya akan diurai oleh organisme pengurai (bakteri dan jamur) yang akan membebaskan begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style ke udara atau ke dalam air. Sebagian bahan organik di dalam tubuh organisme ada yang sulit diuraikan (perlu waktu yang lama) dan ada yang berubah menjadi batu kapur (begin mathsize 14px style Ca C O subscript 3 end style), arang, dan minyak bumi (bahan bakar fosil). Pembakaran bahan fosil akan membebaskan begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style kembali ke udara.

Di dalam air, begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style terlarut akan bereaksi dengan air membentuk asam karbonat (begin mathsize 14px style H subscript 2 C O subscript 3 end style). begin mathsize 14px style H subscript 2 C O subscript 3 end style kemudian berearsi dengan batu kapur, yang berlimpah di perairan, untuk membentuk ion bikarbonat dan karbonat. Ion bikarbonat merupakan sumber begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style bagi organisme perairan. Organisme Mollusca bercangkang membuat bahan cangkang kalsium bikarbonat dengan memanfaatkan kalsium dan begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style yang terlarut dalam air. Jika hewan tersebut mati, cangkang akan hancur dan membebaskan begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style ke udara.space space 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved