Roboguru

Jelaskan sikap-sikap mental yang harus dimiliki oleh bangsa indonesia dalam menghadapi globalisasi yang merambah ke semua sektor kehidupan?

Pertanyaan

Jelaskan sikap-sikap mental yang harus dimiliki oleh bangsa indonesia dalam menghadapi globalisasi yang merambah ke semua sektor kehidupan?blank

  1. ...blank

  2. ...blank

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Globalisasi merupakan kondisi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berlangsung dengan pesat di berbagai negara di belahan dunia yang sulit bahkan tidak bisa dihindari oleh masyarakat dunia. Globalisasi mempengaruhi berbagai aspek, mulai dari teknologi komunikasi dan informasi, ekonomi, sosial, budaya, bahasa, dan masih banyak lainnya. Pada setiap aspek yang terpengaruh oleh arus globalisasi, akan selalu memunculkan positif maupun negatif. Dalam meminimalisir dampak negatif akibat globalisasi perlu ada sikap-sikap sebagai berikut:

  1. Mencintai produk dalam negeri, dapat dilakukan dengan menghindari gaya hidup ala Barat yang berlebihan.
  2. Menyaring budaya asing sesuai dengan panduan nilai, norma, dan keyakinan agama. Sikap yang dapat dikembangkan yaitu dengan menyaring budaya luar yang tidak sesuai dengan nilai, norma dan budaya Indonesia.
  3. Memahami nilai-nilai kebangsaan dan pancasila dengan baik. Cinta akan nilai-nilai pancasila akan membantu kita untuk tetap menghormati budaya Indonesia meskipun banyak budaya asing yang masuk ke kehidupan sehari-hari kita.
  4. Meningkatkan daya potensi nasional. Sumber daya alam dan manusia yang berlimpah, seharusnya kita  mampu memenuhi segala kebutuhannya secara mandiri, tentunya dengan kualitas sumber daya manusia yang mampu mengolah sumber daya alam yang kita miliki, bukan lagi bergantung pada pihak asing.
  5. Memasukkan kemajuan teknologi dalam pembanguna. Upaya yang dapat dilakukan dengan menyediakan jaringan informasi yang menghubungkan berbagai pihak, mulai dari pemerintah, BUMN, juga swasta baik dari dalam maupun luar negeri, sehingga dapat meningkatkan daya saing produk dalam negeri kita.
  6. Meningkatkan pengembangan usaha mikro. Usaha-usaha mikro memiliki beberapa keunggulan, seperti menjadi penyedia barang-barang murah untuk rumah tangga maupun ekspor, efisiensi dan fleksibilitas yang tinggi, semangat usaha tinggi, profitabilitas yang tinggi, serta kemampuan pengembalian pinjaman yang tinggi.
  7. Melakukan deregulasi dan debirokrasi. Tujuannya adalah untuk menciptakan regulasi baru dalam menjunjung tinggi supremasi hukum, pengakuan terhadap hak-hak asasi manusia, hak kepemilikan, kebebasan berusaha, dan hak-hak masyarakat sipil.
  8. Memanfaatkan forum-forum kerja sama Internasion. Tujuannya guna memperdalam kerja sama untuk saling menguntungkan, mendorong proses globalisasi perdagangan dan investasi, serta kerja sama ekonomi dan teknologi.blank

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan ciri-ciri berikut! Batas interaksi antarnegara semakin kabur. Industrialisasi berkembang di berbagai wilayah. Banyak investor asing menanamkan modal di negara berkembang. Masyarakat s...

0

Roboguru

Perhatikan beberapa pernyataan berikut! Balai latihan kerja mengadakan pelatihan kerja untuk meningkatkan kualitas SDM. Rika, Hendri, dan Fira lebih menyukai budaya Korea daripada budaya daerahnya...

0

Roboguru

Gambar yang menunjukkan upaya yang sesuai prinsip rot dalam 5R ialah ....

0

Roboguru

Dampak yang ditimbulkan dari adanya pandemi virus covid-19 salah satunya, yaitu dapat meningkatkan terjadinya tindak kejahatan di masyarakat. Menurunnya aktivitas masyarakat akibat dari merebaknya pan...

0

Roboguru

Globalisasi memiliki ciri khas yang dapat diidentifikasi. Salah satu ciri globalisasi adalah ....

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved