Roboguru

Jelaskan secara singkat daur hidup Aurelia aurita!

Jelaskan secara singkat daur hidup Aurelia aurita!

Jawaban:

Aurelia aurita (ubur-ubur) memiliki dua fase dalam hidupnya yaitu fase vegetatif dan fase generatif. Pada fase vegetatif berkembang dengan polip. Sedangkan pada fase generatif berkembangbiak dengan medusa. 

Fase Generatif
Pada fase generatif disebut juga sebagai fase seksual, ubur-ubur berkembang dengan medusa. Medusa adalah bentuk hidup dari ubur-ubur yang bergerak melayang bebas di perairan. Saat fase generatif, ubur-ubur melibatkan induk jantan dan induk betina saat menjadi medusa (ubur-ubur dewasa). Ubur-ubur dewasa ini membentuk sel gamet berupa ovum dan sperma. Kemudian, sperma yang telah matang akan membuahi ovum dan menghasilkan zigot. Zigot berkembang menjadi planula dan akan melekat pada dasar lautan untuk tumbuh menjadi individu baru (skifistoma). Setelah terbentuk skifistoma, kemudian daur hidup ubur – ubur berlanjut pada fase vegetatif.

Fase Vegetatif
Pada fase vegetatif atau fase aseksual, ubur-ubur berkembang dengan polip. Polip adalah bentuk hidup dari ubur-ubur yang menempel pada dasar perairan. Fase vegetatif pada daur hidup ubur-ubur melibatkan satu induk pada saat menjadi skifistoma berbentuk polip. Reproduksi aseksual pada ubur-ubur,  akan tetap melekat pada induknya hingga induk membentuk kuncup yang lain sehingga akan terbentuk koloni (strobilla). Setelah beberapa waktu, anak akan memisah dari induknya dan membentuk efira (ubur-ubur muda).

Secara ringkas daur hidup ubur – ubur merupakan rangkaian seperti berikut:
Ubur-ubur dewasa (medusa) → zigot → planula (larva bersilia) → fase polip (skifistoma) → strobila → efira (ubur-ubur muda)

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved