Roboguru

Jelaskan reaksi masyarakat bangsa Indonesia dengan adanya perang maupun diplomasi yang dilakukan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan ?

Pertanyaan

Jelaskan reaksi masyarakat bangsa Indonesia dengan adanya perang maupun diplomasi yang dilakukan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan ?

  1. Semangat nasionalisme & sikap pantang menyerah

  2. ....

Pembahasan Soal:

Usaha mempertahankan kemerdekaan yang telah diproklamirkan dengan cara perjuangan fisik dilakukan dengan menggunakan senjata atau mengandalkan kekuatan militer. Perjuangan fisik dilakukan lewat pertempuran. Selain itu, biasanya dalam perjuangan fisik juga mengakibatkan banyak korban berjatuhan. Dalam memerdekakan Indonesia, banyak pahlawan yang menggunakan perjuangan fisik untuk mengusir penjajah. Seperti pertempuran Surabaya, Ambarawa, Medan Area, Bandung Lautan Api. Diplomasi sebaliknya dari perjuangan fisik. Diplomasi lebih mengutamakan perundingan, menarik simpati dunia internasional, serta menghasilkan kesepakatan. Diplomasi sama sekali tidak menggunakan kekuatan senjata sehingga tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan. Seperti perundingan linggarjati, roem-royen, renville.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved