Roboguru

Jelaskan prinsip kerja radioisotop sebagai perunut!

Pertanyaan

Jelaskan prinsip kerja radioisotop sebagai perunut!space

Pembahasan Soal:

Radioisotop sebagai perunut digunakan untuk mengikuti unsur dalam suatu proses yang menyangkut senyawa atau sekelompok senyawa. Radioisotop dapat digunakan sebagai perunut sebab  energi sinar yang dipancarkan serta waktu paruhnya merupakan sifat khas radioisotop tersebut.

Teknik perunut dapat dipakai untuk mempelajari mekanisme berbagai reaksi kimia. Misal pada reaksi esterifikasi. Dengan oksigen-18 dapat diikuti reaksi antara asam karboksilat dan alkohol. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa molekul air tidak mengandung oksigen-18.

Penggunaan radioisotop yang lain sebagai perunut mekanisme reaksi fotosintesis. Untuk mengetahui mekanisme reaksi tersebut digunakan perunut karbon-14 yang terdapat pada CO2 dan oksigen-18 yang terdapat dalam air.

Jadi, prinsip kerja radioisotop sebagai perunut yaitu dengan mengikuti unsur dalam suatu proses yang menyangkut senyawa atau sekelompok senyawa.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Rohmawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Radioisotop telah digunakan pada berbagai bidang, baik sebagai sumber radiasi maupun sebagai perunut (tracer), di antaranya sebagai berikut. Membasmi hama gudang Memeriksa kebocoran waduk Memerik...

Pembahasan Soal:

Perunut adalah bahan yang digunakan sebagai penanda untuk menunjukkan lokasi suatu zat atau untuk mengikuti jalur yang dilalui zat tersebut dalam suatu proses atau reaksi kimia. Pada penggunaan unsur radioaktif di atas, dapat digolongkan sebagai perunut atau sumber radiasi sebagai berikut:

  1. Membasmi hama gudang (sumber radiasi)
  2. Memeriksa kebocoran waduk (perunut)
  3. Memeriksa mutu pengelasan pada konstruksi baja (perunut)
  4. Menentukan kecepatan aliran air sungai (perunut)
  5. Sterilisasi alat-alat kedokteran (sumber radiasi)
  6. Terapi tumor/kanker (sumber radiasi)
  7. Untuk rontgen (sumber radiasi)
  8. Pengawetan bahan makanan (sumber radiasi)

Jadi, yang merupakan perunut adalah nomor 2, 3, dan 4

Oleh karena itu, maka jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Tuliskan dampak positif dan dampak negatif dari radioisotop!

Pembahasan Soal:

Dampak positif radioisotop:

  1. Dalam bidang kesehatan, radioisotop kebanyakan digunakan untuk terapi kanker dan teknik pencitraan (penggambaran) organ tubuh.
  2. Dalam bidang perairan, radioisotop bermanfaat untuk menentukan gerakan sedimen di pelabuhan dan daerah pantai, melacak zat pencemar, menemukan kebocoran dam atau bendungan, menentukan arah gerakan air tanah, menyelidiki hubungan antarsumur minyak, menentukan debit air sungai, dan studi geothermal.
  3. Dalam bidang pertanian, radioisotop dapat digunakan dalam pembuatan bibit unggul, penentuan waktu pemupukan yang tepat, dan pengendalian hama.
  4. Dalam bidang arkeologi, peluruhan radioisotop dimanfaatkan untuk mengukur usia fosil.

Dampak negatif radioisotop:

  1. Radiasi yang dihasilkan dari peluruhan radioisotop berbahaya bagi kesehatan manusia. Radiasi dapat mempercepat pembelahan sel tubuh.
  2. Reaksi berantai yang tidak terkendali mampu menghasilkan energi yang sangat besar dalam waktu singkat. Seperti yang terjadi pada reaksi bom nuklir

Jadi, penggunaan radioisotop dapat menimbulkan dampak positif di antaranya untuk kesehatan, perairan, dan arkeologi, serta juga menimbulkan dampak negatif di antaranya bahaya radiasi dan reaksi berantai yang tak terkendali.

0

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan zat radioaktif, berikan contoh, terangkan kegunaan radioisotop dalam kehidupan sehari-hari, dan jelaskan kerugian yang ditimbulkan dari pemakaian radioisotop atau energi nukli...

Pembahasan Soal:

Radioaktif/ radioisotop adalah sebuah isotop tidak stabil atau radioaktif dari sebuah unsur yang dapat berubah menjadi unsur lain, dengan memberikan radiasi. Perubahan unsur radioisotop dari satu dan menjadi yang lain, tidak akan menyebabkan jenis unsurnya menjadi berbeda. Contoh : begin mathsize 14px style C presubscript 6 presuperscript 14 yields N presubscript 7 presuperscript 14 and e presubscript negative sign 1 end presubscript presuperscript 0 end style 

Unsur radioisotop masih sejenis, hanya saja berbeda massa atomnya.

Kegunaan radioisotop dalam kehidupan sehari-hari :

  1. Kedokteran : mendeteksi kerusakan jantung dan otak, mematikan sel kanker/ tumor, mencari ketidaknormalan diabetes dan anemia.
  2. Pertanian : membuat benih tumbuhan lebih unggul dan penyerapan pupuk dengan sempurna.
  3. Industri : vulkanisasi lateks alam, memeriksa cacat logam, pengawetan kayu, lampu menyala lebih terang, serta mendeteksi kebocoran pipa.
  4. Hidrologi : mempelajari kecepatan aliran sungai.
  5. Sains : mempelajari kesetimbangan dinamis, reaksi esterifikasi, dan mekanisme reaksi fotosintesis.

Kerugian yang ditimbulkan dari pemakaian radioisotop atau energi nuklir adalah :

  1. Apabila ada makhluk hidup yang terkena radiasi atom nuklir yang berbahaya biasanya akan terjadi mutasi gen karena terjadi perubahan struktur zat serta pola reaksi kimia yang merusak sel-sel tubuh makhluk hidup baik tumbuh-tumbuhan maupun hewan atau binatang.
  2. Efek yang ditimbulkan oleh radiasi zat radioaktif pada manusia seperti pusing-pusing, nafsu makan berkurang atau hilang, terjadi diare, badan panas atau demam, berat badan turun,kanker darah atau leukimia, dan meningkatnya denyut jantung atau nadi.

0

Roboguru

Jelaskan cara menemukan kebocoran pipa pada persediaan gas   dalam pabrik pembuat gas amonia dengan menggunakan bahan radioaktif!

Pembahasan Soal:

Penggunaan radioisotop dalam bidang industri antara lain untuk mendeteksi kebocoran pipa yang ditanam di dalam tanah atau dalam beton. Dengan menggunakan radioisotop yang dimasukkan ke dalam aliran pipa kebocoran pipa dapat dideteksi tanpa penggalian tanah atau pembongkaran beton.

Pada pabrik pembuat gas amonia, jika terjadi kebocoran pipa pada persediaan gas H subscript 2, maka tempat terjadinya kebocoran dapat dideteksi dengan menggunakan bahan radioaktif. Caranya yaitu dengan memasukkan zat radioaktif ke dalam pipa yang mengalami kebocoran. Zat radioaktif ini akan memancarkan radiasi yang dapat dideteksi oleh detektor. Ketika zat radioaktif tersebut keluar melalui bagian pipa yang bocor, maka akan terlihat di detektor dan ditemukanlah letak kebocoran pipa tersebut.

Jadi, ara menemukan kebocoran pipa dengan menggunakan bahan radioaktif  adalah dengan memasukkan bahan radioaktif tersebut ke pipa dan memantau pancaran radiasi yang dihasilkan melalui detektor hingga letak kebocoran pipa dapat ditemukan.

0

Roboguru

Jelaskan prinsip pengukuran tebal dan massa jenis dengan metode absorpsi!

Pembahasan Soal:

Alat untuk keperluan ini biasanya digunakan radioisotop pemancar beta dan gama. Radiasi yang diserap oleh suatu benda bergantung pada tebal dan rapat jenis benda tersebut. Intensitas radiasi yang diteruskan bergantung pada ketebalan bahan yang dilalui. Detektor radiasi dihubungkan dengan alat penekan. Jika lembaran menjadi lebih tebal, maka intensitas radiasi yang diterima detektor.space 

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah sesuai penjelasan di atas.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved