Roboguru

Jelaskan perlindungan katodik pada besi dengan logam magnesium! Mengapa logam Al, Zn, dan logam-logam alkali tidak dapat digunakan untuk perlindungan katodik pada besi?

Pertanyaan

Jelaskan perlindungan katodik pada besi dengan logam magnesium! Mengapa logam Al, Zn, dan logam-logam alkali tidak dapat digunakan untuk perlindungan katodik pada besi?space

Pembahasan Soal:

Besi dilindungi dari korosi dengan menempatkan besi sebagai katode. Besi dihubungkan dengan logam lain yang mudah teroksidasi, yaitu logam di sebelah kiri besi dalam deret volta.

Hanya saja logam Al dan Zn tidak bisa digunakan karena kedua logam tersebut mudah teroksidasi, tetapi oksida yang terbentuk (Al subscript 2 O subscript 3 forward slash Zn O) bertindak sebagai inhibitor dengan cara menutup rapat logam yang di dalamnya, sehingga oksigen tidak mampu masuk dan tidak teroksidasi.

Logam-logam alkali, seperti Na, K juga tidak bisa digunakan karena akan bereaksi dengan air.

Logam yang paling sesuai untuk proteksi katodik adalah logam magnesium (Mg). Logam Mg di sini bertindak sebagai anode dan akan terserang karat sampai habis, sedang besi bertindak sebagai katode tidak mengalami korosi.

Jadi, perlidungan katodik dilakukan untuk mencegah korosi pada besi dengan menempatkan besi sebagai katode dan magnesium sebagai anode.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 10 Juni 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved