Roboguru

Jelaskan perkembangan tabel periodik modern Apa kontribusi yang dibuat oleh Newlands, Mendeleev, dan Moseley terhadap perkembangan tabel periodik modern?

Pertanyaan

Jelaskan perkembangan tabel periodik modern Apa kontribusi yang dibuat oleh Newlands, Mendeleev, dan Moseley terhadap perkembangan tabel periodik modern?space 

Pembahasan Soal:

Tabel periodik modern disusun berdasarkan kenaikan nomor atom. Susunan unsur-unsur dalam arah mendatar (baris) disebut periode dan yang ke arab vertikal (kolom) disebut golongan. Tabel periodik modern tersusun dari kotak-kotak yang paling tidak berisi informasi tentang lambang unsur, nomor atom, dan massa atom. space 

Perkembangan tabel periodik dimulai dari gagasan para ilmuwan, diantaranya :

  1. Newlands, mengemukakan gagasan yang dinamakan dengan hukum oktaf yaitu menyusun unsur-unsur berdasarkan kenaikan massa atom nya sehingga sifat-sifat unsur akan berulang setiap 8 unsur. Akan tetapi tidak semua unsur memiliki sifat berulang yang demikian.
  2. Mendeleev, mengemukakan bahwa tabel unsur-unsur disusun berdasarkan kenaikan massa atom karena jika unsur-unsur disusun menurut kenaikan massa atom, terjadi pengulangan sifat-sifat unsur. Unsur-unsur yang sifatnya mirip diletakkan dalam satu kolom. Akan tetapi terdapat unsur-unsur yang dalam tabelnya tidak berada pada urutan yang benar. 
  3. Moseley menemukan bahwa atom-atom setiap unsur mengandung jumlah proton yang unik di dalam intinya sehingga tabel periodik disusun berdasakan kenaikan nomor atom. Penyusunan unsur-unsur menurut kenaikan nomor atom menghasilkan pola sifat -sifat periodik yang jelas dikenal dengan hukum periodik. 

Jadi, jawaban yang benar adalah sesuai penjelasan di atas.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved