Roboguru

Jelaskan peran perguruan tinggi dalam pengembangan akuntansi.

Pertanyaan

Jelaskan peran perguruan tinggi dalam pengembangan akuntansi.  

Pembahasan Soal:

Perguruan tinggi akuntansi mempunyai peran yang penting dan strategik dalam pengembangan pengetahuan dan praktik akuntansi. Tidak selayaknyalah perguruan tinggi tunduk pada apa yang nyatanya dipraktikkan dalam pengembangan praktik maupun pengetahuan akuntansi. Pengajaran juga harus diarahkan untuk membahas apa yang seharusnya dipraktikkan dan tidak dibatasi pada apa yang nyatanya dipraktikkan. Pengetahuan teknis akuntansi tetap merupakan pengetahuan dasar yang diajarkan dan harus dikuasai oleh peserta didik di perguruan tinggi. Pengetahuan yang sama bahkan dapat ditawarkan dan diajarkan oleh lembaga-lembaga kursus keterampilan yang menekankan aspek teknis. Sebagai agen pengembangan dan perubahan, perguruan tinggi diharapkan lebih banyak berperan dalam pengembangan akuntansi.
Dengan demikian, pendidikan akuntansi diperguruan tinggi harus mampu mengubah praktik akuntansi yang berjalan menjadi lebih baik.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Kusnandar

Mahasiswa/Alumni Universitas Indraprasta PGRI

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Suparto menjadi terkenal di lingkungannya karena ia banyak memasukkan lulusan SMK di lingkungannya bekerja menjadi karyawan di tempatnya. Ia bekerja pada suatu PT yang sangat besar dan bertanggung jaw...

Pembahasan Soal:

Akuntan perusahaan merupakan profesi akuntan yang bekerja dalam ruang lingkup kerja dari akuntan internal yaitu pada sebuah perusahaan atau lembaga. Akuntan perusahaan bertanggung jawab atas berbagai fungsi akuntansi serta keuangan perusahaan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined

Roboguru

Tuliskan pengertian akuntan perusahaan, akuntan publik, akuntan pemerintah, dan akuntan pendidik . . .

Pembahasan Soal:

Karier atau profesi yang ditawarkan oleh akuntansi antara lain sebagai berikut:

Akuntan perusahaan adalah akuntan yang bekerja dalam perusahaan, yang bertindak sebagai pengontrol perusahaan. Hal ini berkaitan dengan pengawasan keluar masuknya uang

Akuntan publik adalah akuntan independen (bebas) yang secara perorangan atau kelompok memberikan jasa dalam bidang akuntansi bagi perusahaan atau organisasi bisnis dan nonbisnis. Tugas utama akuntan publik adalah memeriksa kewajaran laporan keuangan.

Akuntan pemerintah adalah akuntan yang bekerja pada lembaga-lembaga pemerintah yang tugas utamanya adalah merencanakan, mengendalikan, dan memeriksa penggunaan uang atau kekayaan negara.

Akuntan pendidik adalah akuntan yang tugas utamanya mengembangkan dan mengajarkan akuntansi. undefined 

Roboguru

Apa fungsi akuntan pendidik?

Pembahasan Soal:

Akuntan pendidik adalah orang yang mempelajari akuntansi untuk disampaikan ke orang lain melalui lembaga pendidikan, misalnya sekolah dan universitas. Akuntan pendidik terdiri dari guru dan dosen yang memberikan pengajaran materi akuntansi, membuat penelitian dan pengembangan bahan ajar, menyusun kurikulum tingkat dasar, menengah dan atas. Fungsi akuntan pendidik adalah menyampaikan ilmu kepada siswa atau mahasiswa lewat lembaga pendidikan. space space 

Roboguru

Pak Fauzi adalah seorang guru mata pelajaran akuntansi. Selain itu ia pun aktif dalam pengembangan kurikulum akuntansi dan penelitian dalam bidang akuntansi. Dengan demikian Pak Fauzi adalah akuntan….

Pembahasan Soal:

Salah satu jenis profesi akuntan yaitu akuntan pendidik. akuntan pendidik biasanya berada di lembaga pendidikan seperti Universitas contohnya adalah dosen akuntansi tugas pokoknya yaitu Memberikan ilmu akuntansi serta permasalahan dan perkembangannya

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan Bspace space 

Roboguru

Jelaskan jenis-jenis profesi akuntan yang terdapat di Indonesia!

Pembahasan Soal:

Profesi akuntansi merupakan semua bidang pekerjaan yang mempergunakan keahlian di bidang ekonomi. Adapun profesi akuntansi antara lain:

  1. Akuntan Internal.
    Akuntan internal dikenal juga sebagai akuntan manajemen, akuntan perusahaan. Akuntan internal bekerja dalam suatu perusahaan atau organisasi yang bertugas untuk mencatat setiap transaksi keuangan dan menyusun laporan keuangan perusahaan.
  2. Akuntan Publik
    Akuntan publik adalah akuntan yang telah memperoleh izin dari Menteri Keuangan untuk memberikan jasa akuntan publik dan wajib menjadi anggota Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). 
  3. Akuntan Pemerintah
    Akuntan yang bekerja pada lembaga-lembaga pemerintah, misalnya di kantor Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Pengawas Keuangan (BPK),  perpajakan dan di komisi pemberantasan korupsi.
  4. Akuntan Pendidik
    Akuntan pendidik adalah akuntan yang bertugas dalam mendidik di bidang akuntansi, melakukan penelitian dan pengembangan di bidang akuntansi, dan menyusun kurikulum di berbagai tingkat satuan pendidikan.  
Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved