Roboguru

Jelaskan pengertian SIG secara sederhana sesuai dengan yang kamu pahami!

Pertanyaan

Jelaskan pengertian SIG secara sederhana sesuai dengan yang kamu pahami!  

Pembahasan Soal:

Sistem informasi  geografi adalah sebuah sistem  pembuat peta yang berbasis komputer yang terdiri dari proses input, proses pengolah data, dan proses output. Sistem informasi geografi akan menghasilkan data geografi dan geospasial.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. FRANATU

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sistem berbasis computer yang dipakai untuk menyimpan, memanipulasi, dan menganalisis isu geografi. Definisi SIG tersebut dikemukakan oleh….

Pembahasan Soal:

Sistem informasi geografis (SIG) merupakan sistem yang khusus mengelola databaseyang berisi data dengan referensi geografis dan memiliki informasi spasial. Berikut ini pengertian SIG menurut beberapa ahli.

  1. Aronoff (1989), secara umum SIG merupakan sekumpulan prosedur secara manual maupun berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan dan menganalisis data bereferensi geografik.
  2. Burrough (1986), SIG adalah seperangkat alat yang penuh daya untuk mengumpulkan, mengubah, dan menampilkan data spasial dari dunia nyata.
  3. Linden (1987), SIG adalah sistem untuk pengelolaan, penyimpanan, pemrosesan (manipulasi), analisis dan penayangan data secara spasial terkait dengan muka bumi.
  4. Marble (1983), SIG merupakan sistem penanganan data keruangan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.  

Roboguru

Sistem informasi geografis adalah sistem komputer yang dapat digunakan untuk mengumpulkan, memeriksa, mengintegrasikan, dan menganalisis informasi-informasi yang berhubungan dengan permukaan bumi. Pan...

Pembahasan Soal:

Definisi SIG tersebut merupakan definisi dari Demers. Demers (1997) menyatakan bahwa sistem informasi geografis adalah sistem komputer yang dapat digunakan untuk mengumpulkan, memeriksa, mengintegrasikan, dan menganalisis informasi-informasi yang berhubungan dengan permukaan bumi.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Roboguru

Secara konseptual, sistem informasi geografis merupakan sistem informasi yang berintegrasi dengan referensi data ….

Pembahasan Soal:

Sistem informasi geografis (SIG) adalah sistem perangkat keras, perangkat lunak, dan prosedur yang didesain untuk mendukung pengambilan, manajemen, manipulasi, analisis, permodelan, dan penyajian data referensi keruangan untuk penyelesaian perencanaan dan manajemen masalah yang kompleks.Oleh sebab itu, sistem ini terintegrasi dengan referensi data spasial/geografis atau bersifat keruangan. Jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

SIG merupakan sistem informasi, referensi internal, serta otomatisasi data keruangan. Definisi tersebut dikemukakan oleh ....

Pembahasan Soal:

Sistem Informasi Geografis menurut beberapa ahli yaitu :

  1. Marble : penanganan data keruangan
  2. Berry : sistem informasi, referensi internal, serta otomatisasi data keruangan.
  3. Linden : sistem untuk pengelolaan, penyimpanan, pemrosesan (manipulasi), analisis dan penayangan data secara spasial terkait dengan muka bumi.
  4. Barrough : alat yang bermanfaat untuk pengumpulan, penimbunan, pengambilan kembali data yang diinginkan dan penayangan data keruangan yang berasal dari kenyataan dunia.
  5. Aronoff : sistem informasi yang didasarkan pada kerja komputer yang memasukkan, mengelola, memanipulasi, dan  menganalisa data serta memberi uraian.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. 

Roboguru

Apa hubungan antara pengindraan jauh dan sistem informasi geografis?

Pembahasan Soal:

Sistem Informasi Geografi SIG merupakan sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi refrensi geografi. Penginderaan jauh adalah suatu pengukuran atau perolehan data pada obyek di permukaan bumi dari satelit atau instrumen lain di atas atau jauh dari obyek yang diindera.

Jadi hubungan keduanya adalah berbagai informasi yang ditampilkan pada citra ini bisa menjadi salah satu sumber data geografi yang dapat diolah atau dianalisis dengan menggunakan SIG. Contohnya : kita bisa mendapat peta perubahan penggunaan lahan dengan digitasi lahan-lahan yang tampak pada citra di tahun "X" dengan tahun "Y", dll

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved