Roboguru

Jelaskan pengertian masyarakat multikultural!

Pertanyaan

Jelaskan pengertian masyarakat multikultural! 

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah pengertian masyarakat multikultural.

Secara umum akar kata multikulturalisme adalah kebudayaan. Multi yang berarti banyak dan kultur berarti budaya. Menurut Nasikun, masyarakat multikultural adalah masyarakat yang terdiri dari dua atau lebih dari tatanan sosial, masyarakat, atau kelompok yang secara kultural, ekonomi, dan politik dipisahkan, dan memiliki struktur kelembagaan dan berbeda satu sama lain. 

Konsep multikulturalisme di sini tidaklah dapat disamakan dengan konsep keanekaragaman suku bangsa atau kebudayaan yang menjadi ciri masyarakat majemuk (plural society). Sehingga Masyarakat majemuk (plural society) belum tentu dapat dinyatakan sebagai masyarakat multikultural (multicultural society). Karena di dalam masyarakat majemuk ini bisa saja didalamnya terdapat hubungan yang tidak simetris. Yakni adanya dominasi, hegemoni, maupun kontestasi. Multikulturalisme ini menekankan keanekaragaman kebudayaan dalam kesederajatan.

Misalnya dalam masyarakat majemuk, adanya minoritas yang selalu di diskriminasi, dapat kita perjuangkan hak minoritasnya, sehingga menjadi masyarakat multikultural.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu bentuk kegiatan yang menggambarkan pluralitas bangsa Indonesia adalah ….

Pembahasan Soal:

Tanggal 21 April di Indonesia, diperingati sebagai Hari Kartini. Tanggal tersebut diperingati sebagai hari untuk mengenang sosok Raden Ajeng Kartini, seorang pahlawan bagi para wanita Indonesia. Biasanya pada hari Kartini, anak-anak tidak akan menggunakan seragam sekolah, melainkan menggunakan pakaian adat. Ada yang menggunakan pakaian adat Jawa, Sunda, Minang, Bali, dan masih banyak lainnya. Bentuk kegiatan pada perayaan Hari Kartini tersebut bertujuan untuk memperkuat semangat keberagaman bangsa Indonesia sebagai bangsa yang plural atau beragam. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Kemajemukan atau keberagaman kebudayaan pada masyarakat tertentu dapat disebut sebagai ....

Pembahasan Soal:

Pluralitas adalah kemajemukan atau keberagaman kebudayaan pada masyarakat tertentu. Salah satu contoh masyarakat plural adalah Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, kita bisa menemukan banyak sekali unsur-unsur pluralitas di dalamnya. Keberagaman tersebut ditunjukkan dari adanya suku bangsa yang berbeda, bahasa yang berbeda, agama atau keyakinan yang berbeda dan unsur-unsur ideologi atau nilai-nilai yang berbeda.

 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. undefined 

Roboguru

Jelaskan persamaan dan perbedaan antara masyarakat majemuk dan multikultural!

Pembahasan Soal:

Masyarakat majemuk dan masyarakat multikultural memiliki persamaan sebagai masyarakat yang terdiri dari berbagai perbedaan atau keberagaman anggotanya mulai dari ras, etnis, agama, dan budaya. 

Perbedaan masyarakat majemuk dan multikultural

  1. Masyarakat majemuk. Menitikberatkan pada keberagaman suku bangsa dan budaya, seringkali muncul konflik yang berbau SARA, proses integrasi berjalan lambat, seringkali terjadi dominasi dalam bidang ekonomi, sosial maupun politik.
  2. Masyarakat multikultural. Menekankan pada kesetaraan atau kesederajatan yang ada dalam sebuah masyarakat, menjunjung tinggi perbedaan, tidak mengenal perbedaan hak dan kewajiban antara kelompok mayoritas dan minoritas dalam bidang sosial maupun hukum. space
Roboguru

Salah satu contoh perwujudan harmoni di lingkungan sekolah adalah ...

Pembahasan Soal:

Harmonisasi dapat diartikan sebagai upaya atau proses untuk menyelaraskan, menyerasikan, atau menyesuaikan sesuatu yang dianggap tidak atau kurang baik, kurang atau tidak pantas atau tidak serasi, sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang baik atau harmonis dalam berbagai hal. space space space

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space space space

Roboguru

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang majemuk. Kemajemukan masyarakat Indonesia ditandai dengan adanya....

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan pluralitas di masyarakat dan poin yang ditanyakan dalam soal di atas adalah makna dari masyarakat majemuk.

Masyarakat majemuk dipahami sebagai masyarakat yangn memiliki keberagaman mulai dari ras, etnis, bahasa, agama, adat istiadat, maupun budaya. Namun keberagaman dapat masyarakat majemuk seringkali memicu munculnya konflik (SARA) dalam perbedaan. Hal ini di karenakan dalam masyarakat majemuk, masing-masing kelompok memiliki struktur kelembagaan yang berbeda-beda dan masing-masing saling mengunggulkan budaya/kelompoknya dan kurang memiliki loyalitas terhadap masyarakat secara keseluruhan. Perbedaan dalam masyarakat majemuk menyebabkan masyarakat tersegmentasi ke dalam kelompok-kelompok, sehingga memungkinkan ada satu kelompok mayoritas/minoritas yang dapat mendominasi dalam sistem ekonomi maupun politik.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C.

Pilihan jawaban A dan Bspacekurang tepat, karena besarnya jumlah penduduk Indonesia dan luasnya wilayah Indonesia merupakan keunggulan dari masyarakat Indonesia.

Pilihan jawaban D kurang tepat, karena wilayah yang strategis merupakan faktor pendorong keberagaman di Indonesia. space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved