Roboguru

Jelaskan pengaruh lingkungan geografis terhadap perkembangan fisik manusia praaksara.

Pertanyaan

Jelaskan pengaruh lingkungan geografis terhadap perkembangan fisik manusia praaksara.

Pembahasan Soal:

Lingkungan geografis dapat berpengaruh pada perkembangan fisik manusia purba. Hal ini dikarenakan lingkungan geografis yang berkaitan dengan topografi, iklim, dan vegetasi atau sumber daya yang dapat dikonsumsi oleh manusia praaksaradapat mempengaruhi perkembangan fisiknya. Sebagai contoh, manusia purba  yang bertempat tinggal di daerah pegunungan yang dingin dan bertopografi kasar memiliki bentuk fisik yang berbeda dengan manusia purba yang tinggal di daerah pesisir yang cenderung hangat dan bertopografi datar.

Dengan demikian lingkungan geografis yang dapat mempengaruhi perkembangan fisik manusia praaksara diantara nya adalah topografi, iklim atau vegetasi yang bersentuhan langsung dengan kehidupan manusia praaksara.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada mulanya, manusia purba bercocok tanam dengan cara berhuma yaitu ...

Pembahasan Soal:

Manusia purba pada masa neolitikum adalah sebuah revolusi dari kehidupan Food Gathering  menjadi Food Producing. Adapun sistem berhuma merupakan teknik bercocok tanam dengan cara membersihkan hutan dan menanaminya. Setelah tanah tidak subur mereka pidah dan mencari bagian hutan yang lain. Para manusia purba selalu mengulang pekerjaan membuka hutan, demikian seterusnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Perhatikan keterangan-keterangan berikut! Seorang ahli genetika dari Amerika Serikat. Berpendapat bahwa manusia modern yang ada sekarang berasal dari Afrika antara kurun waktu 100-200 ribu tahun l...

Pembahasan Soal:

Ahli yang dimaksud berdasarkan keterangan-keterangan diatas adalah Max Ingman. Menurut Max Ingman, ahli genetika dari Amerika Serikat, manusia modern yang ada sekarang ini berasal dari Afrika antara kurun waktu 100-200 ribu tahun lalu. Dari Afrika mereka menyebar ke luar Afrika. Dari hasil penelitian Max Ingman, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa gen manusia modern bercampur dengan gen spesies manusia purba.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A

Roboguru

Mengapa kehidupan manusia praaksara lebih sederhana dibandingkan sekarang?

Pembahasan Soal:

Manusia praaksara memiliki pola pikir yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan manusia modern. Hal ini sejalan dengan kebutuhan manusia yang belum sekompleks manusia modern. Manusia praaksara cenderung berfikir sederhana dan menyesuaikan kondisi alam pada masa tersebut. Hal utama yang menjadi perhatian manusia praaksara adalah cara bertahan hidup mulai dari bertahan dalam perubahan iklim hingga pemenuhan kebutuhan makanan. Berbeda dengan manusia modern sekarang yang memiliki aktivitas dinamis dan memerlukan berbagai kebutuhan pemuas yang bernilai ekonomis tinggi. Hal ini menjadikan manusia modern berfikir lebih ekslusif dan kompleks untuk memenuhi setiap kebutuhan hidupnya. Selain itu, kondisi alam tidak lagi menjadi masalah utama manusia modern karena telah tinggal menetap dengan hunian yang layak, nyaman, dan aman.

Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah B.

Roboguru

Rangkuman materi persamaan dan perbedaan manusia purba dengan manusia modern..

Pembahasan Soal:

Persamaan Manusia Purba dengan Manusia Modern:

  1.  Persamaan dalam aspek fisik:
  • bentuk badan : Secara umum, manusia purba dan manusia modern sama-sama memiliki bentuk badan yang tegak. Sejak manusia purba awal (manusia tertua), fosil-fosil yang ditemukan telah menunjukkan bentuk badan dan kaki yang menunjukkan sudah berjalan tegak. Bentuk badan ini semakin berkembang sesuai dengan perkembangan manusia purba tersebut.
  • berjalan dengan dua kaki : dari fosil-fosil manusia purba yang ditemukan, meski tidak lengkap tapi telah menunjukkan bahwa manusia purba sejak awal keberadaannya telah menggunakan kaki untuk menopang tubuhnya.
  • tinggi badan: tinggi badan  manusia purba dan manusia modern relatif sama, yakni berkisar antara 110 -200 cm.
  • warna kulit, warna rambut, dan warna mata: Meski warna kulit manusia purba diperkirakan lebih gelap dibanding manusia modern, tapi secara umum sama, yakni ada yang gelap, kuning, sawo matang dan putih.
  • bentuk hidung: Bentuk hidung manusia purba dan manusia modern relatif sama dari segi bentuk, ada yang tinggi ada juga yang pesek. Ada yang hidungnya besar ada pula yang relatif berhidung kecil.
  • kedua mata sama-sama menghadap ke arah depan:  Manusia purba dan manusia modern memiliki peletakan mata yang kedua-keduanya menghadap ke depan
  • tungkai jari dapat digerakkan dengan mudah ke segala arah

    2. Persamaan dalam aspek non fisik:

  • manusia purba dan manusia modern sama-sama pemakan daging dan tumbuh-tumbuhan
  • manusia purba dan manusia modern sama-sama telah mengenal bahasa
  • manusia purba dan manusia modern telah menggunakan api untuk memasak.
  • manusia purba dan manuisa modern telah membuat dan menggunakan peralatan hidup
  • manusia purba senang berburu, demikian pula manusia modern sampai hari ini masih ada yang berburu 

Perbedaan manusia purba dengan manusia modern:

  1. bentuk badan: manusia modern memiliki rangka yang lebih ramping dibanding manusia purba, karena manusia modern lebih bergantung kepada teknologi daripada kekuatan fisik untuk menghadapi tantangan alam.
  2. ruang tengkorak manusia modern lebih bear di banding dengan manusia purba. Volume otak manusia purba secara umum kurang dari 1000 cc, sedangkan manusia modern lebih dari 1000 cc.
  3. manusia purba rata-rata memiliki hidung yang besar dan lebar dibanding manusia modern.
  4. manusia purba belum mengenal agama, sedangkan manusia modern telah mengenal agama
  5. alat-alat yang dipergunakan oleh manusia purba masih sangat sederhana dan dibuat dengan cara-cara sederhana, misalnya dengan membenturkan atau menggosok peralatan dengan batu. Sementara manusia modern dengan kecerdasan dan kreatifitasnya mampu membuat alat-alat dan teknologi yang beraneka ragam.
  6. manusia modern mengenal bahasa yang masih sederhana, sedangkan manusia modern sudah mengenal bahasa yang lebih kompleks
  7. manusia purba belum mengenal pakaian yang modern sedangkan manusia modern telah mengenal pakaian dalam bentuk dan bahan yang kompleks sekarang ini
  8. manusia purba hidup secara nomaden dalam kelompok-kelompok kecil. Sedangkan manusia modern telah hidup menetap dan dalam kelompok yang besar

Dengan demikian, persamaan dan perbedaan manusia purba dengan manusia modern dapat dilihat berdasarkan ciri fisik maupun nonfisik yang dapat dilihat pada uraian diatas, dan cara mengetahui tentang kehidupan manusia purba yaitu dengan temuan fosil dan artefak.

Roboguru

Jelaskan perbedaan manusia purba dan manusia modern dari segi kehidupan masyarakat nya!

Pembahasan Soal:

Selain terdapat perbedaan secara fisik, secara kehidupan masyarakat pun antara manusia purba dan masnusia modern memiliki perbedaan. Berikut ini merupakan perbedaan manusia purba dan manusia modern dalam kehidupan masyarakatnya.

  1. Manusia purba belum mengenal kepercayaan pada kehidupan setelah kematian, sedangkan manusia modern telah mengenal kepercayaan dan penguburan pada jenazah yang sudah meninggal.
  2. Alat-alat yang dipergunakan oleh manusia purba masih sangat sederhana dan dibuat dengan cara-cara sederhana, misalnya dengan membenturkan atau menggosok peralatan dengan batu. Sementara manusia modern dengan kecerdasan dan kreatifitasnya mampu membuat alat-alat dan teknologi yang beraneka ragam.
  3. Manusia purba belum mengenal perhiasan, sementara manusia modern mengenal berbagai jenis perhiasan, seperti manik-manik, kalung, dan gelang.
  4. Manusia modern mengenal bahasa yang masih sederhana, sedangkan manusia modern sudah mengenal bahasa yang lebih kompleks.
  5. Menusia purba belum mengenal pakaian, sedangkan manusia modern telah mengenal pakaian, yang diawali dari kulit kayu dan kulit binatang, hingga dalam bentuk dan bahan yang kompleks sekarang ini.
  6. Manusia purba hidup secara nomaden dalam kelompok-kelompok kecil. Sedangkan manusia modern telah hidup menetap dan dalam kelompok yang besar.
  7. Manusia purba hidup dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan, sedangkan manusia modern sudah mampu bercocok tanam, beternak hingga dalam bentuk aneka pekerjaan sekarang ini.

Dengan demikian, perbedaan antara manusia purba dan manusia modern dalam kehidupan masyarakatnya terdapat dalam hal kepercayaan, bahasa, cara hidup (nomaden dan menetap) dan juga dalam memperoleh makan.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved