Roboguru

Jelaskan pengaruh kemajuan ilmu biologi molekular terhadap teori evolusi!

Pertanyaan

Jelaskan pengaruh kemajuan ilmu biologi molekular terhadap teori evolusi! 

Pembahasan Soal:

Bidang ilmu pengetahuan biologi molekuler dan penerapannya saat ini terus berkembang. Berbagai penelitian di bidang molekuler telah mencoba mengungkap asal-usul kehidupan dan evolusi berbagai makhluk hidup yang masih hidup atau yang telah punah. Teori-teori yang berkembang tentang asal-usul kehidupan memang sulit dibuktikan. Saat ini fosil molekuler sebagai intron yang terdapat dalam materi genetik tiap makhluk hidup merupakan salah satu petunjuk yang mendukung teori-teori tersebut. Kedekatan kekerabatan antarspesies dapat dihitung melalui pendekatan molekuler. Semakin mirip urutan DNA-nya, maka semakin dekat kekerabatannya. Jadi, dengan adanya kemajuan ilmu biologi molekuler dapat digunakan sebagi alat yang lebih tepat dalam membuat klasifikasi dan mempelajari lebih jauh tentang evolusi sampai ke tingkat molekul. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tahun 1926 Muller melakukan eksperimen terhadap lalat buah yang dipengaruhi sinar X. Hasil eksperimen memunculkan variasi fenotip yang tidak pernah dijumpai pada populasi liar, seperti individu tanpa ...

Pembahasan Soal:

Efek genetik radiasi pengion pertama kali dilaporkan pada tahun 1972 pada Drosophila (lalat buah) oleh Muller dan tahun 1928 pada tanaman (barley) oleh Stadler. Keduanya menunjukkan bahwa mutasi induksi disebabkan oleh sinar-X. Radiasi pengion, seperti sinar-X dan sinar gamma, memiliki lebih banyak energi dan kekuatan penetrasi dibandingkan radiasi UV. Radiasi pengion menguraikan air dan molekul-molekul lainnya untuk membentuk radikal-radikal (fragmen-fragmen molekul yang tidak berpasangan) yang dapat memutuskan benang-benang DNA dan mengubah basa-basa purin serta pirimidin. Pada Drosophila (lalat buah) membentuk variasi  individu tanpa sayap dan bersayap melengkung saat diberikan paparan sinar-X. Namun variasi tersebut tidak adaptif di lingkungan liar.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.space space   

Roboguru

Apakah yang dimaksud dengan individu rekombinan?

Pembahasan Soal:

Peristiwa evolusi terjadi karena adanya variasi genetik dan seleksi alam. Variasi genetik merupakan akibat dari mutasi gen dan rekombinasi gen dalam keturunannya. Mutasi gen merupakan perubahan struktur DNA sehingga sifat dan karakter organisme menjadi berubah dan sifatnya diturunkan. Proses rekombinasi gen terjadi melalui reproduksi seksual. Dengan proses ini setengah sifat dari kedua induk akan diturunkan ke generasi selanjutnya sehingga dihasilkan keturunan dengan kombinasi yang baru. Spesies yang mempunyai sifat baru hasil kombinasi ini disebut individu rekombinan. 

Roboguru

Jelaskan kaitan antara evolusi dan mutasi!

Pembahasan Soal:

Mutasi merupakan peristiwa perubahan materi genetik kromosom atau DNA di dalam inti sel. Mutasi dapat terjadi pada tingkat gen hingga kromosom. Mutasi dapat menyebabkan perubahan gen maupun kromosom sehingga menimbulkan terjadinya perubahan-perubahan sifat pada tingkat sel hingga tingkat individu. Perubahan yang terjadi pada individu menyebabkan terjadinya variasi-variasi sifat yang menimbulkan keanekaragaman suatu organisme. Jika mutasi di alam terjadi terus-menerus dari waktu ke waktu, tingkat keanekaragaman organisme akan terus meningkat dan dapat menginisiasi terbentuknya spesies-spesies baru dengan sifat-sifat yang jauh berbeda dari sifat-sifat organisme asal mulanya. Dengan kata lain, telah terjadi evolusi. Jadi, dengan adanya peristiwa mutasi yang  menghasilkan variasi-variasi sifat pada suatu organisme dapat mempengaruhi terjadinya proses evolusi. 

Roboguru

Apakah yang dimaksud dengan angka laju mutasi?

Pembahasan Soal:

Angka laju mutasi merupakan angka yang menunjukkan jumlah gen yang bermutasi dari seluruh gamet yang dihasilkan oleh individu dalam suatu spesies. Angka laju mutasi pada umumnya sangat kecil karena gen bersifat tetap dan tidak mudah berubah. Berdasarkan penelitian, angka laju rnutasi rata-rata berkisar 1:100.000, artinya dalam 100.000 garnet yang dihasilkan oleh individu terdapat 1 gen yang bermutasi. Meskipun angka laju mutasi sangat kecil, tetapi dapat memengaruhi mekanisme terjadinya evolusi, karena hal-hal berikut, terdapat ribuan gen dalam setiap gamet yang dihasilkan, setiap individu menghasilkan ribuan hingga jutaan gamet dalam satu generasi, jumlah individu dalam setiap generasi sangat banyak, dan jumlah generasi selama spesies itu ada sangat banyak. 

Roboguru

Bagaimanakah pengaruh hukum Mendel, mutasi, dan gen terhadap perkembangan Teori Evolusi Darwin?

Pembahasan Soal:

Genetika mempelajari bagaimana suatu sifat yang diatur oleh gen diturunkan, sedangkan mutasi adalah proses perubahan struktur atau ekspresi gen akibat zat-zat mutagen atau secara spontan ketika terjadi kesalahan replikasi pembentukan polinukleotida dan kegagalan proses pembelahan sel meiosis. Hubungan kedua cabang ilmu tersebut adalah bahwa gen itu merupakan unit terkecil materi genetik yang mampu menyandikan suatu sifat tertentu pada makhluk hidup. Teori evolusi Darwin menyebutkan bahwa dalam suatu populasi terdapat variasi-variasi yang unik, tentunya hal ini disebabkan oleh adanya mutasi pada populasi. Seleksi alam akan mendorong mutasi-mutasi yang menguntungkan menuju kesintasan, yang disyaratkan oleh ilmu genetika yakni gen-gen dapat diturunkan dari induk ke keturunannya.undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved