Roboguru

Jelaskan organel apa saja yang ada di dalam sel hidup!

Pertanyaan

Jelaskan organel apa saja yang ada di dalam sel hidup!undefined

  1. ....undefined

  2. ....undefined

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Sel merupakan unit struktural terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup. Komponen penyusun sel terdiri dari membran sel dan organel sel. Organel sel merupakan sekelompok struktur kecil yang tetap tersuspensi dalam sitoplasma dan melakukan berbagai fungsi. Beberapa organel tersebut, diantaranya adalah :

  1. Nukleus – organel pusat sel eukariotik yang berperan dalam mengatur seluruh aktivitas sel.
  2. Sitoskeleton – kerangka sel yang terdiri dari tiga jenis yaitu mikrofilamen, mikrotubulus, dan filamen intermediet. Sitoskeleton berfungsi untuk mempertahankan bentuk sel, mengarahkan gerakan komponen sel, membantu dalam pembelahan sel.
  3. Retikulum Endoplasma (RE) - perluasan membran yang saling berhubungan yang membentuk saluran pipih atau lubang seperti tabung di dalam sitoplasma. Ada dua tipe RE yaitu RE kasar dan RE halus. RE kasar ditempeli ribosom berperan dalam sintesis protein, sedangkan RE halus berperan dalam sintesis lemak.
  4. Ribosom – organel yang terdapat pada semua sel hidup yaitu bebas di sitoplasma atau melekat pada RE kasar. Ribosom berperan dalam sintesis protein.
  5. Badan Golgi - sekelompok kantong pipih yang dikelilingi membran. Badan golgi berperan dalam modifikasi protein, membentuk lisosom, dinding sel. Selain itu badan golgi juga membentuk vesikula yang digunakan untuk sekresi.
  6. Lisosom - kantong yang dikelilingi membran tunggal yang digunakan sel untuk mencerna makromolekul.
  7. Mitokondria - organel penghasil energi sel yang memiliki membran ganda yaitu membran luar dan membran dalam yang berlekuk-lekuk yang disebut krista.
  8. Sentriol - berupa kumpulan mikrotubulus yang berperan sebagai kutub-kutub pembelahan sel secara mitosis dan meiosis.
  9. Plastida - organel yang hanya terdapat pada tumbuhan. Ada tiga macam plastida yaitu kromoplas, leukoplas, dan kloroplas.
  10. Vakuola - organel sitoplasma yang berisi cairan yang dibatasi oleh suatu membran yang disebut tonoplas.
  11. Badan Mikro - terdiri dari peroksisom dan glioksisom. Peroksisom dapat menghasilkan enzim oksidase dan katalase, sedangkan glioksisom hanya terdapat pada tumbuhan yang berperan dalam menghasilkan enzim untuk mengubah asam lemak menjadi gula.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 12 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved