Roboguru

Jelaskan menurut Anda, bagaimana hubungan antara misi dan strategi perusahaan sehingga perusahaan dapat meraih keunggulan bersaing ?

Pertanyaan

Jelaskan menurut Anda, bagaimana hubungan antara misi dan strategi perusahaan sehingga perusahaan dapat meraih keunggulan bersaing ?  

  1. ....  undefined

  2. ....  

Pembahasan Soal:

Hubungan antara misi dan strategi perusahaan adalah setelah visi misi dirumuskan maka seluruh strategi perusahaan harus mengacu pada visi dan misi tersebut dan tidak boleh dibalik. Sebab hal ini dikhawatirkan strategi tidak akan efektif karena komitmen dan arah tujuan seluruh orang dalam perusahaan berbeda dan terkotak-kotak dalam functional structure.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 31 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam hal untuk menunjang keberhasilan pemasaran produk. Salah satu strategi pemasaran yang bisa digunakan untuk produk budidaya tanaman hias adalah 4P, yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (T...

Pembahasan Soal:

Product (Produk)

Beberapa hal yang penting diperhatikan mengenai produk adalah:

  1. kualitas yang mampu menjawab dan memuaskan keinginan konsumen,
  2. kuantitas yang sanggup memenuhi kebutuhan pasar,
  3. penciptaan produk baru yang inovatif sesuai keinginan konsumen,
  4. penciptaan nilai tambah pada produk, dan
  5. penciptaan produk yang mempunyai daur hidup (life cycle)

 

Pengembangan produk budi daya tanaman hias yang telah diperkenal-kan, adalah untuk menjawab beberapa hal tersebut di atas. Perbaikan kualitas produk yang mempunyai daya simpan lebih lama, serta kemasannya yang lebih baik di harapkan dapat menjadi produk tanman hias yang lebih baik dan banyak diminati oleh konsumen.

Price (Harga)

Pada penetapan harga produk, beberapa hal yang perlu dipertimbangkan di antaranya, yaitu:

  1. mempertimbangkan harga pokok produksi,
  2. menyesuaikan harga produk dengan pasar yang kita bidik, dan
  3. melakukan perbandingan harga dengan produk sejenis yang sudah ada di pasar.

Pada produk Budi daya tanaman Hias yang dicontohkan pada bab ini, penetapan harga didasarkan pada harga pokok produksi dan harga produk pesaing.

 

Place (Tempat)

Beberapa pertimbangan dalam penetapan tempat menjual produk bisa dilakukan sebagai berikut:

  1. lokasi penjualan sebaiknya yang mudah dijangkau konsumen,
  2. lokasi penjualan yang memiliki fasilitas yang memuaskan konsumen dan
  3. lokasi yang mempunyai nilai tambah: ada arena bermain anak dan keluarga, suasana belanja dan bertamasya, konsep "one stop shopping".

Produk budi daya tanaman hias yang dijadikan contoh pada bab ini dapat dijual di tokok khusus bunga, toko yang menerima pesanan rangkaian bunga, kerja sama dengan hotel dan restoran (biasanya setiap hotel atau restoran menyajikan bunga di sudut ruangannya dan/atau di setiap kamar khusus untuk hotel.

Promotion (Promosi)

Beberapa saluran promosi yang bisa digunakan dalam membantu meningkatkan penjualan produk, bisa melalui media sosial, blog dan/atau website. Juga bisa dengan mengikuti bazar-bazar yang banyak dilakukan berbagai instansi/organisasi di lingkungan sekitar. space space

0

Roboguru

Ibu Yanti akan melakukan pemasaran “telur asin asap” produksi Pak Anton dengan membuka display atau pajangan yang menarik di depan supermarket holiday. Display “telur asin asap” yang dilakukan Ibu Yan...

Pembahasan Soal:

Physical evidence atau bukti fisik adalah lingkungan tempat jasa disampaikan dan tempat penyedia jasa dengan konsumen berinteraksi beserta dengan semua komponen lainnya yang mendukung terwujudnya pemasaran. Display atau tempat “telur asin asap” yang dilakukan Ibu Yanti merupakan bukti fisik salah satu dari manajemen pemasaran atau physical evidence.

Jadi, jawaban yang tepat adalah opsi E.  space 

0

Roboguru

Penilaian dengan seluruh aspek yang ada dikenal dengan nama studi kelayakan usaha dan biasanya digunakan untuk proyek-proyek yang bernilai besar. Apakah aspek yang dinilai dalam studi kelayakan?

Pembahasan Soal:

Aspek-aspek yang di nilai dari studi kelayakan bisnis adalah:

  1. Aspek Manajemen: Dalam aspek manajemen ini berisi tentang penjelasan kegiatan manajemen dari perusahaan tersebut. Hal ini bisa dilihat terkait dengan kesiapan SDM-nya dan nantinya akan di analisis oleh lembaga keuangan (bank) melalui struktur organisasi dan job description dari perusahaan tersebut.

  2. Aspek Pasar dan Pemasaran: Karena di dalam aspek pasar dan pemasaran ini kita bisa tahu  bagaimana strategi pemasaran yang digunakan oleh pengusaha dalam menghadapi persaingan bisnis yang ada, bagaimana segmentasi pasar dan pasar sasaran yang digunakan pebisnis dalam meningkatkan pangsa pasar. Dan apakah bisnis yang dijalankan ini akan menghasilkan keuntungan/ laba yang besar atau tidak.

  3. Aspek Teknis dan Operasi: Aspek ini juga harus dipertimbangkan/ dinilai sebelum memberikan pinjaman kepada pengusaha, yaitu dengan memperhatikan lokasi perusahaan, layout (tata letak) perusahaan, gambaran produk, proses produksi maupun yang lainnya.

  4. Aspek Keuangan: Dalam aspek keuangan ini menjelaskan bahwa bagaimana laporan posisi keuangan/ neraca dari perusahaan yang dirintis oleh pengusaha tersebut, pihak bank akan mempertimbangkan dengan melihat laporan arus kasnya (cash flow), sumber dananya dari mana, perkiraan kebutuhan dananya berapa, serta proyeksi laba rugi perusahaan tersebut.

  5. Aspek Sumber Daya Manusia (SDM): Kesuksesan suatu perencanaan dan pelaksanaan pembangunan sebuah proyek bisnis sangat bergantung pada SDM yang solid antara manajer dengan karyawan.

  6. Aspek Lingkungan: Aspek lingkungan berkaitan dengan dampak yang ditimbulkan dari usaha yang dirintis, seperti pencemaran lingkungan dan kerusakan lingkungan akibat adanya perusahaan tersebut.

  7. Aspek Yuridis/ Legalitas: Kita harus memperhatikan kekuatan hukum yang menjadi pedoman dalam menjalankan usaha tersebut, yaitu mencakup bentuk badan hukum yang dipakai dan jaminan yang di berikan kepada bank/ investor, entah itu berupa sertifikat maupun yang lainnya. space space

0

Roboguru

Di bawah ini yang merupakan tips untuk membuat produk jasa yaitu ....   Membuat diagram rinci atau sketsa Meminjam ide dari pesaing Membuat prototipe produksi-siap Membuat bukti pada konsep Me...

Pembahasan Soal:

Dari pernyataan di atas, yang termasuk tips dalam membuat produk jasa yakni:

  • Meminjam ide dari pesaing karena terkadang untuk membuat produk jasa seseorang kekurangan ide sehingga meminjam ide dari pesaing adalah salah satu tips yang bisa digunakan. Namun demikian, ide tersebut harus dikembangkan lagi sehingga tidak sama persis seperti ide pesaing dan memiliki keunggulan.
  • Membuat bukti pada konsep karena konsep diperlukan agar produk jasa tersebut lebih terarah dan terperinci.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

0

Roboguru

Untuk menarik konsumen membeli “telur asin asap”, Ibu Yanti melakukan teknik penjualan dengan menggratiskan 1 butir telur setiap pembelian 5 butir telur asin asap. Teknik penjualan yang dilakukan Ibu ...

Pembahasan Soal:

Promotion atau promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada konsumen, dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah opsi D. space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved