Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan, mengapa pH larutan penyangga relatif tidak berubah jika ditambah sedikit asam maupun sedikit basa.

Jelaskan, mengapa pH larutan penyangga relatif tidak berubah jika ditambah sedikit asam maupun sedikit basa.space 

Iklan

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Larutan penyangga relatif tidak berubah jika ditambah sedikit asam maupun sedikit basa karena memiliki komponen yang bersifat asam dan basa. Larutan buffer atau larutan penyangga adalah larutan yang dapat mempertahankan pHnya jika ditambahkan sedikit asam atau sedikit basa. Hal ini disebabkan larutan penyangga terdiri dari komponen yang bersifat asam Bronsted lemah dan basa Bronsted lemah dimana keduanya merupakan pasangan asam-basa konjugat. Jika sedikit asam ditambahkan ke dalam sistem penyangga, maka kelebihan asam akan dinetralisir oleh komponen basa yang ada dalam sistem penyangga tersebut. Demikian sebaliknya, jika sedikit basa ditambahkan ke dalam sistem penyangga, kelebihan basa ini dinetralkan oleh komponen asam yang ada dalam sistem penyangga. Sehingga pH larutan penyangga tidak berubah signifikan. jadi, larutan penyangga dapat mempertahankan pHnya saat ditambahkan sedikit asam atau sedikit basakarena larutan penyangga memiliki komponen yang bersifat asam dan basa yang dapat menetralkan kelebihan asam/basa tersebut.

Larutan penyangga relatif tidak berubah jika ditambah sedikit asam maupun sedikit basa karena memiliki komponen yang bersifat asam dan basa.

Larutan buffer atau larutan penyangga adalah larutan yang dapat mempertahankan pHnya jika ditambahkan sedikit asam atau sedikit basa. Hal ini disebabkan larutan penyangga terdiri dari komponen yang bersifat asam Bronsted lemah dan basa Bronsted lemah dimana keduanya merupakan pasangan asam-basa konjugat. Jika sedikit asam ditambahkan ke dalam sistem penyangga, maka kelebihan asam akan dinetralisir oleh komponen basa yang ada dalam sistem penyangga tersebut. Demikian sebaliknya, jika sedikit basa ditambahkan ke dalam sistem penyangga, kelebihan basa ini dinetralkan oleh komponen asam yang ada dalam sistem penyangga. Sehingga pH larutan penyangga tidak berubah signifikan.

jadi, larutan penyangga dapat mempertahankan pHnya saat ditambahkan sedikit asam atau sedikit basa karena larutan penyangga memiliki komponen yang bersifat asam dan basa yang dapat menetralkan kelebihan asam/basa tersebut.

Latihan Bab

Pendahuluan Larutan Penyangga

Larutan Penyangga Asam

Larutan Penyangga Basa

Pemanfaatan Larutan Penyangga

456

Anon

nnbJhdixndjxjsbjsixnxu

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan data uji pH beberapa larutan! Larutan pH Awal pH Setelah Penambahan Sedikit Asam Sedikit Basa ...

221

4.6

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia