Roboguru

Jelaskan masalah pokok yang dihadapi dalam kegiatan ekonomi masyarakat!

Pertanyaan

Jelaskan masalah pokok yang dihadapi dalam kegiatan ekonomi masyarakat! space

Pembahasan Soal:

Masalah pokok yang dihadapi dalam kegiatan ekonomi masyarakat adalah masalah kelangkaan. Kelangkaan adalah kondisi dimana alat pemuas kebutuhan tidak mampu mencukupi kebutuhan manusia. Kelangkaan disebabkan oleh dua hal yaitu kebutuhan manusia terbatas sedangkan alat pemuas kebutuhan manusi tidak terbatas. space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Setiawan

Mahasiswa/Alumni UIN Sumatera Utara

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kapankah masalah ekonomi itu muncul ?

Pembahasan Soal:

Masalah ekonomi timbul saat kebutuhan ataupun keinginan bertemu dengan sumber daya yang terbatas. Dengan kata lain, terdapat kesenjangan antara kebutuhan dan barang pemenuhnya.

Roboguru

Berikut ini yang termasuk pada masalah pokok ekonomi adalah…

Pembahasan Soal:

Teori ekonomi modern mengakomodasi masalah ekonomi dalam tiga masalah pokok yaitu, Apa da berapa banyak barang yang diproduksi, Bagaimana cara memproduksinnya, dan Untuk siapa barang tersebut diproduksi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

Roboguru

Masalah pokok ekonomi mencakup ....

Pembahasan Soal:

1. Barang apa yang akan diproduksi dan berapa banyak (What)?

Menentukan apa yang akan diproduksi adalah masalah utama dan penting dalam ekonomi. Hal ini tak terlepas dari suplai jumlah sumber daya yang terbatas. Sedikit saja kesalahan dalam penentuan apa yang akan diproduksi dapat menyebabkan kerugian besar, bahkan bisa mengakibatkan kebangkrutan bagi produsen. Hal lainnya adalah dapat menimbulkan kerugian bagi masyarakat di suatu wilayah karena adanya barang dan jasa yang menumpuk tidak terpakai. Kesalahan penentuan tersebut menjadi salah satu penyebab pemborosan sumber daya. Masalah ini menyangkut persoalan jenis dan jumlah barang/jasa yang perlu diproduksi agar sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat di suatu daerah atau secara global.

2. Bagaimana cara memproduksi barang tersebut (How)?

Masalah pokok ekonomi modern yang kedua adalah berkaitan dengan cara produksinya. Pilihannya adalah menggunakan teknologi dan pemilihan sumber daya yang dipakai, serta memilih untuk menggunakan tenaga manusia atau tenaga mesin. Jika pihak produsen telah menentukan dan memutuskan apa yang akan diproduksi, langkah selanjutnya adalah memikirkan tata cara produksinya. Cara memproduksi suatu produk/jasa memang sangat berkaitan dengan cara mengombinasikan sumber daya atau faktor produksi yang dibutuhkan. Dalam penerapan prinsip ekonomi, produsen perlu memperhatikan aspek efisiensi atau penghematan saat proses produksi tersebut.

3. Siapa pelaku produksi (Who)?

Di zaman modern,tentunya banyak pihak yang bisa melakukan produksi, misalnya pihak pemerintah, swasta, individu, atau pun koperasi. Inilah salah satu modernisasi, yaitu spesialisasi. Spesialisasi berarti setiap pihak memiliki keterampilan dan keahlian khusus yang tidak dimiliki pihak lain. Pertimbangan mengenai pelaku produksi merupakan hal yang penting karena setiap pihak memiliki kelebihan untuk memproduksi lebih baik.

4. Untuk siapa barang-barang tersebut diproduksi (For Whom)?

Masalah ini bukan hanya menyangkut kepada pihak siapa saja barang produksi tersebut dipasarkan, tetapi siapa saja yang akan ikut menikmati hasilnya. Seperti yang kita ketahui bahwa produksi barang dan jasa yang dilakukan bukan hanya tertuju untuk konsumen yang akan mengonsumsi barang dan jasa tersebut. Dalam kegiatan produksi, ternyata masih banyak pihak lain yang diuntungkan. Dengan adanya kegiatan produksi, para pekerja akan menerima upah, para pemilik bahan baku akan menerima uang penjualan bahan baku, pemilik modal akan menerima bunga modal, pihak pemilik gedung dan tanah akan menerima uang sewa, dan pengusaha akan menerima laba dari penjualan produknya.


Jadi, jawaban yang tepat adalah A. space space 

Roboguru

Masalah barang/jasa yang akan diproduksi bukan hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan saja, melainkan untuk...

Pembahasan Soal:

Dalam sistem ekonomi pasar, para penjual harus melayani para pembeli dengan baik agar keinginannya terpenuhi. Barang yang harus diproduksi adalah barang yang dapat memberikan keuntungan bagi penjual. Misalnya, barang/jasa yang sesuai dengan keinginan para pembli. maka barang/jasa diproduksi bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan saja, melainkan untuk mencari keuntungan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

Roboguru

Seorang pengusaha rumah makan khas Sunda memerlukan bahan makanan dan bahan bakar sebagai kebutuhannya. Peran pengusaha sebagai produsen saat terjadi kelangkaan bahan bakar adalah ....

Pembahasan Soal:

Masalah ekonomi klasik adalah masalah yang dilihat dari sudut pandang yang sangat sederhana dengan tujuan memperoleh kemakmuran, dan kemakmuran ini adalah suatu keadaan dimana barang dan jasa sebagai pemuas kebutuhan tersedia dan mencukupi kebutuhan. Dan cara pemecahan masalah ekonomi klasik ini dengan cara melakukan kegiatan yang dapat mencapai tingkat kemakmuran yaitu antara lain:

  1. Masalah Produksi. Bagaimana memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh orang banyak, menggunakan tenaga kerja, dan bagaimana cara memproduksi barang dan jasa tersebut sehingga bisa memenuhi kebutuhan semua masyarakat.
  2. Masalah Distribusi. Bagaimana menyalurkan barang dan jasa dari produsen sampai ke konsumen serta saluran distribusi apa yang akan digunakan.
  3. Masalah Konsumsi. Apakah barang yang diproduksi dan telah didistribusikan ke konsumen tersebut benar-benar bermanfaat untuk konsumen atau malah terbuang sia-sia.

Masalah ekonomi yang dihadapi pengusaha rumah makan khas Sunda adalah masalah produksi. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ditengah kelangkaan bakar bakar, maka peran yang dilakukan adalah tetap melakukan produksi yaitu dengan menggunakan kayu bakar atau arang pengganti bahan bakar. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah point C. space space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved