Roboguru

Jelaskan makna dari gambar di bawah ini

Pertanyaan

Jelaskan makna dari gambar di bawah ini 

space 

Pembahasan Soal:

Gambar di atas merupakan perbandingan embrio pada hewan vertebrata. Embriologi perbandingan merupakan salah satu petunjuk yang dapat digunakan untuk mempelajari adanya evolusi. Pada gambar di atas menunjukkan adanya kesamaan pada perkembangan embrio ikan, salamander, kura-kura, kelinci dan manusia yang seluruhnya termasuk pada kelompok vertebrata.

Pada vertebrata persamaan perkembangan embrio dimulai dengan perkembangan zigot menuju fase morula, blastula, gastrula dan akhirnya membentuk embrio yang tumbuh dan berkembang. Adanya persamaan tersebut menunjukkan terdapat hubungan kekerabatan diantara golongan vertebrata. Berdasarkan fakta itu, ilmuwan Ernest Haeckel mengemukakan teori rekapitulasi, yaitu ontogeni (tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan embrio) adalah ulangan dari filogeni (perkembangan organisme dari filum paling sederhana hingga yang paling sempurna). Dengan demikian, perbandingan embriologi dapat dijadikan sebagai petunjuk tentang adanya evolusi.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Gustinawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar embriologi beberapa jenis hewan berikut! Menurut petunjuk evolusi, pernyataan yang benar mengenai gambar di atas adalah ...

Pembahasan Soal:

Salah satu bukti evolusi adalah embriologi perbandingan. Ernest Haeckel menyatakan setiap embrio makhluk hidup mengalami kembali proses evolusi yang telah dialami nenek moyangnya. Ia berpendapat bahwa ada tahapan perkembangan embrio manusia yang menyerupai ikan dan reptil sebelum akhirnya menyerupai manusia itu sendiri. Sehingga ia menyimpulkan istilah ontogeni merekapitulasi filogeni. Ontogeni adalah ilmu yang mempelajari tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan embrio, sedangkan filogeni adalah kajian mengenai hubungan kekerabatan makhluk hidup menurut perjalanan evolusi. Proses evolusi makhluk hidup dari nenek moyangnya akan dicerminkan atau diulang kembali oleh tahapan-tahapan perkembangan embrio makhluk hidup tersebut.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Embriologi perbandingan merupakan petunjuk adanya evolusi yang dapat digunakan untuk . . .

Pembahasan Soal:

Evolusi adalah perubahan yang terjadi pada makhluk hidup yang terjadi secara perlahan-lahan dan dalam jangka waktu lama.
Salah satu petunjuk adanya evolusi adalah:
1.    Fosil
2.    Organ homolog dan organ analog
3.    Variasi individu
4.    Embriologi perbandingan
5.    Geografis
6.    Biokimia
7.    Fisiologi
8.    Sisa organ tubuh
Beberapa spesies Vertebrata menunjukkan adanya kesamaan perkembangan zigot hingga embrio, kemudian masing-masing spesies berkembang dengan modifikasi yang berbeda.
Berikut tahap perkembangan embrio:

Perbandingan embrio pada vertebrata:

Kesamaan awal perkembangan embrio vertebrata merupakan hal yang menguatkan adanya kesamaan nenek moyang hewan-hewan tersebut. Semakin banyak persamaan yang dimiliki maka semakin dekat hubungan kekerabatannya.
Maka, embriologi perbandingan merupakan petunjuk adanya evolusi yang dapat digunakan untuk membandingkan sejarah filogeni makhluk hidup. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Adanya petunjuk-petunjuk evolusi dapat digunakan untuk mempelajari evolusi. Petunjuk yang dapat digunakan untuk menggambarkan urutan filogeni adalah . . .

Pembahasan Soal:

Filogeni adalah gambaran klasifikasi yang menunjukkan hubungan kekerabatan suatu spesies dengan nenek moyang dan hubungan evolusioner antara organisme. Dapat disebut juga sebagai sejarah perkembangan makhluk hidup. Petunjuk evolusi yang dapat gunakan untuk menggambarkan urutan filogeni adalah perbandingan embriologi makhluk hidup, karena pada organisme dengan kekerabatan yang dekat, umumnya memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan embrio yang mirip.

Jadi, dapat disimpulkan pilihan jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Sebutkan dan jelaskan bukti-bukti dari evolusi!

Pembahasan Soal:

Terdapat beberapa bukti yang bisa menjelaskan terjadinya evolusi pada makhluk hidup sepanjang sejarah kehidupan:

  1. Bukti paleontologi: diketemukannya fosil hewan dan tumbuhan purba yang punah akibat suatu bencana.
  2. Bukti embriologi: Morfologi makhluk hidup yang memiliki kemiripan pada fase awal perkembangan embrio. Perbandingan ini dapat ditelusuri menggunakan perbandingan secara ontogeni perkembangan, yakni lapisan tubuh tertentu sama-sama membentuk organ yang sama pada berbagai makhluk hiduo yang berkerabat dekat.
  3. Bukti anatomi: Makhluk hidup yang berkerabat dekat satu sama lain memiliki bentuk dan struktur tubuh yang mirip. Terkadang ditemukan organ vestigial, yakni organ yang sempat berguna pada moyang bersama namun kini tidak memiliki fungsi lagi.
  4. Bukti biokimia: Enzim dan gen-gen yang mengatur enzim tersebut memiliki kemiripan lokasi pada kromosom diantara makhluk hidup yang berbeda-beda namun berkerabat dekat.undefined 

0

Roboguru

Pola perkembangan embrio vertebrata mempunyai kesamaan bentuk yaitu dari . . . .

Pembahasan Soal:

Pola perkembangan embrio vertebrata sama satu sama lain dimulai dari zigot – morula – blastula – gastrula. Hal yang berbeda pada kelima fase tersebut hanya ukurannya saja. Fase diferensiasi dan organogenesis mulai terjadi perbedaan struktur yang menuju lebih spesifik lagi.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved