Roboguru

Jelaskan latar belakang lahirnya reformasi!

Pertanyaan

Jelaskan latar belakang lahirnya reformasi!

Pembahasan Soal:

Latar belakang adanya reformasi adanya krisis moneter yang terjadi di Asia yang menyebar dari Thailand, Malaysia, Korea Selatan dan kemudian di Indonesia tahun 1997. Adanya krisis ini membuat pihak atasan pemerintahan semakin banyak adanya KKN yang meraja lela dan kemiskinan rakyat semakin meningkat dan kesenjangan social semakin terlihat. Kemudian desakan rakyat untuk Presiden Soeharto turun dari jabatannya semakin gencar dan tanggal 14 Mei 1998 terjadi kerusuhan di Jakarta dan solo. Mahasiwa menduduki gedung MPR dan DPR untuk mendesak presiden Soeharto dan nilai rupiah semakin merosot. Kemudian akibat desakan ini pmerintahan Soeharto lengser dan presiden Soeharto menyerahkan kedudukannya kepada BJ Habibie. dengan demikian pemerintahan Order Baru berakhir

Dengan demikian, beberapa hal yang menjadi latar belakang terciptanya reformasi diantaranya ialah disebabkan krisis moneter yang dialami oleh kawasan asia termasuk Indonesia sendiri dan KKN ( korupsi, kolusi, dan nepotisme )  juga semakin banyak dalam kehidupan pemerintahan sehingga memunculkan rasa tidak percaya akan pemerintahan orde baru.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla (2014 - 2019) mengusung program untuk menunjukkan prioritas jalan perubahan menuju Indonesia yang berdaulat secara politik serta mandiri dalam bidang ekonomi d...

Pembahasan Soal:

Pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla merancang sembilan agenda prioritas jika terpilih sebagai presiden dan wakil presiden. Sembilan program itu disebut Nawa Cita. Program ini digagas untuk menunjukkan prioritas jalan perubahan menuju Indonesia yang berdaulat secara politik serta mandiri dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan. Dua contoh isi dari program Nawa Cita tersebut antara lain adalah menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara melalui politik luar negeri bebas aktif serta membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya. 

Dengan demikian program yang diusung oleh pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla bernama Program Nawa Cita.

0

Roboguru

Usaha Presiden B. J. Habibie mereformasi perekonomian Indonesia dengan membentuk...

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1997, Indonesia mengalami krisis ekonomi akibat dari krisis moneter yang melanda Thailand. Hal tersebut mengakibatkan gejalak di dalam masyarakat yang pada akhrinya meruntuhkan kekuasaan orde baru. Pasca pemerintahan orde baru, tepatnya masa pemerintahan B.J. Habibie, pemerintah berupaya memperbaiki kondisi perekonomian nasional. Hal tersebut ditandai dengan merestrukturisasi dan memperkuat sektor keuangan dan perbankan, memperkuat basis ekonomi riil, dan menyediakan jaringan pengaman sosial. Dampak dari upaya perbaikan ekonomi pasca reformasi tersebut adalah nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat menguat menjadi Rp. 6.700,00/Dolar AS.

Dengan demikian upaya perbaikan ekonomi masa B. J. Habibie dilakukan dengan merestrukturisasi dan memperkuat sektor keuangan dan perbankan, memperkuat basis ekonomi riil, dan menyediakan jaringan pengaman sosial.

0

Roboguru

Presiden Abdurrahman Wahid berusaha mereformasi angkatan militer di Indonesia. Salah satu kebijakannya dilakukan dengan mengubah nama Angkatan Bersenjata Republik Indonesia menjadi....

Pembahasan Soal:

Pada masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid, Polri dipisahkan dari militer sehingga ABRI tidak lagi menjadi entitas tunggal. Pemisahan ini dilakukan agar kepolisian lebih fokus sebagai pelayan masyarakat dalam bidang keamanan. Pemisahan Polri dari militer juga bertujuan untuk mereformasi ABRI sebagai penjaga pertahanan. Selanjutnya, pemerintah negara mengubah nama ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Jawabannya adalah, Tentara Nasional Indonesia (TNI).

0

Roboguru

Gambaran keberhasilan pemerintahan orde baru pada tahun 80-an tampak mengesankan, segera sirna setelah pada pertengahan tahun 1997 karena pada saat itu Indonesia terjadi krisis moneter yang diawali .....

Pembahasan Soal:

Pemerintah Orde Baru mengalami kesuksesan dalam bidang ekonomi. Hal tersebut dapat terlihat mulai era tahun 1980 an. Pada masa itu Indonesia mampu memcapai swasembada pangan. Selain itu, perkembangan industri juga menunjukkan perkembangan pesat. Namun hal tersebut juga dibarengi dengan adanya praktek KKN. Kemudian, pada tahun 1997 terjadi krisis moneter yang menyebabkan turunnya kepercayaan masyarakat. Hal itu diawali merosotnya nilai rupiah terhadap dollar AS. Atas kondisi demikian, muncul gejolak dan demostrasi masyarakat hingga mundurnya presiden Soeharto.

Dengan demikian, krisis moneter yang menjadi penyebab runtuhnya Orde Baru diawali dengan merosotnya nilai rupiah terhadap dolar AS.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut!   Pemerintah membuka kesempatan kepada berbagai lembaga independen untuk memantau jalannya pemilu. Merupakan wujud nyata demokrasi pada masa Presiden B.J. Habibie. ...

Pembahasan Soal:

Pemilu 1999 merupakan pemilu pertama di era reformasi, setelah era Orde Baru berakhir. Pemilu tersebut dilaksanakan untuk memilih anggota legislatif (DPR DAN DPD). Pemilu tahun 1999 juga merupakan wujud nyata demokrasi pada masa Presiden B.J. Habibie. Hal ini terbukti dengan adanya 141 partai politik yang langsung mendaftarkan diri ke Kementerian Hukum dan HAM. Namun, hanya 48 yang lolos dan bisa ikut Pemilu. Dari 48 partai yang berkontestasi, hanya 21 partai yang mendapatkan kursi di DPR.  Selain itu, juga terdapat lembaga independen dari negara asing, seperti Jerman, Inggris, Perancis, Italia, dan Belanda yang tergabung dalam lembaga Observation Unit European Union hadir dalam Pemilu 1999.  Pemilu tersebut dimenangkan oleh PDI-P yang meraih 35.689.073 suara atau 33,74 persen dengan perolehan 153 kursi, disusul Golkar, PKB, PPP, dan PAN.  
Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved