Roboguru

Jelaskan latar belakang kedatangan Belanda dan Sekutu ke Indonesia pasca kemerdekaan Indonesia!

Pertanyaan

Jelaskan latar belakang kedatangan Belanda dan Sekutu ke Indonesia pasca kemerdekaan Indonesia! space space

  1. ... space space

  2. ... space space

Pembahasan Soal:

Pasca diproklamirkan sebagai negara yang merdeka, Indonesia masih harus berhadapan dengan ancaman yang diberikan oleh Sekutu dan Belanda yang mendarat di Indonesia sejak September 1945. Alasan atau latar belakang kedatangan Sekutu ke Indonesia adalah upaya tindak lanjut dari Civil Affairs Agreement  tentang pengaturan penyerahan kembali Indonesia dari pihak Inggris kepada Belanda. Khususnya yang menyangkut daerah Sumatera sebagai daerah yang berada di bawah pengawasan South East Asia Command (SEAC). Sedangkan bagi Belanda, alasan kedatangan mereka ke Indonesia karena mereka masih merasa berhak atas wilayah Indonesia yang merupakan daerah jajahannya dulu.

Dengan demikian, alasan kedatangan Sekutu dan Belanda adalah  pengaturan penyerahan kembali Indonesia dari pihak Inggris kepada Belanda.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Ivan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengapa bangsa indonesia melakukan upaya mempertahankan kemerdekaan dengan cara diplomasi dan perjuangan fisik ...

Pembahasan Soal:

Pada masa mempertahankan kemerdekaan, Rakyat Indonesia sangat menderita, perjuangan fisik yang tak pernah usai dan memakan banyak sekali korban, Ada beberapa pertempuran yang menggunakan senjata pada masa itu, yaitu pertempuran surabaya, Pertempuran Ambarawa, Pertempuran medan area, Pertempuran padang, dan pertempuran bandung lautan api, Pada saat itu diplomasi sangat sulit dilakukan, oleh sebab itu, pertempuran fisik sudah tidak dapat lagi dihindari.

Dengan demikian bangsa Indonesia melakukan upaya mempertahankan kemerdekaan dengan cara perjuangan fisik karena perebutan kekuasaan menggunakan senjata, sehingga pergolakan dan perjuangan fisik tidak terelakkan lagi.space space 

0

Roboguru

Sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan, bangsa Indonesia menempuh langkah revolusioner sebagai berikut, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Secara umum, ada dua bentuk strategi yang dilakukan Indonesia guna mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan dari ancaman Belanda dan Sekutu. Pertama, adalah dengan melakukan perjuangan fisik atau perjuangan bersenjata melalui berbagai pertempuran di daerah, seperti Pertempuran 10 November 1945, Pertempuran Puputan Margarana, Pertempuran Ambarawa, dan Serangan Umum 1 Maret 1949. Kedua, adalah dengan melakukan perjuangan diplomasi melalui berbagai perundingan dan perjanjian dengan Belanda untuk mencapai kesepakatan penyelesaian konflik secara damai.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

1

Roboguru

Mengapa pemerintah Indonesia mengeluarkan uang ORI?

Pembahasan Soal:

ORI atau Oeang Republik Indonesia merupakan bentuk keuangan resmi pertama dari rupiah Indonesia yang disahkan oleh pemerintah Indonesia pasca proklamasi kemerdekaan. Peredaran uang ini diharapkan menekan keberadaan rupiah jepang yang makin tidak bernilai, dan gulden Belanda yang diedarkan oleh NICA.


Dengan demikian tujuan dikeluarkannya ORI adalah untuk mencegah peredaran mata uang lain dan menegaskan wibawa pemerintah Republik Indonesia.undefined

0

Roboguru

Mengapa bangsa Indonesia masih harus berjuang lagi mempertahankan kemerdekaannya?

Pembahasan Soal:

Selang sehari setelah penculikan golongan tua ke Rengasdengklok, pada tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno akhirnya membacakan teks proklamasi yang dirancangnya bersama beberapa tokoh, di rumah Soekarno. Setelah proklamasi selesai dibacakan, dikibarkanlah bendera merah putih yang telah dijahit oleh ibu Fatmawati, istri dari Soekarno. Rakyat pun bersorak-sorai gembira.

Namun, kebahagiaan itu tidak bertahan lama. Belanda kembali datang. Mereka berusaha menegakkan kembali kekuasaan di Indonesia. Rakyat Indonesia pun tidak terima dan mulai melakukan perlawanan. Saat itulah perjuangan revolusi Indonesia dimulai untuk mempertahankan kemerdekaan. Dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, rakyat Indonesia harus berjuang lagi agar kemerdekaan yang telah dicapai dihormati oleh bangsa lain. Perjuangan rakyat Indonesia dilakukan dengan dua cara, yakni perlawanan fisik dan diplomasi. Perlawanan fisik dilakukan dengan kontak senjata. Sedangkan perjuangan dengan diplomasi dilakukan melalui meja-meja perundingan.


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah karena Belanda kembali datang dan mereka berusaha menegakkan kembali kekuasaan di Indonesia.

0

Roboguru

Setelah memproklamasikan kemerdekaan, Indonesia harus berhadapan dengan ..

Pembahasan Soal:

Menyerahnya Jepang tanpa syarat pada Sekutu dalam Perang Dunia II terjadi pada 15 Agustus 1945. Artinya sebagai pemenang Perang Dunia II, Sekutu memiliki hak atas kekuasaan Jepang di berbagai wilayah yang pernah dikuasai Jepang salah satunya adalah Indonesia. Sehingga, masuklah sekutu ke Indonesia pada tanggal 29 September 1945 yang pada saat itu, Indonesia dianggap sedang vacum of power. Sekutu masuk dengan diboncengi Netherlands Indies Civil Administration (NICA) yang mewakili pemerintah Belanda. Kedatangan sekutu dan Belanda dilatarbelakangi oleh Belanda, yang masuk kelompok Sekutu, ingin kembali menjajah Indonesia. Sementara itu, bagi Sekutu setelah selesai Perang Dunia II, maka wilayah-wilayah bekas jajahan Jepang adalah tanggung jawab Sekutu. Kedatangan sekutu ke Indonesia memiliki tanggung jawab untuk melucuti persenjataan tentara Jepang. Akan tetapi, pada saat itu Indonesia sudah  memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Kondisi ini bertolak belakang dengan sudut pandang Belanda dan Sekutu. Terlebih Jepang, sebagai pihak yang kalah perang, diminta Sekutu agar tetap menjaga Indonesia dalam keadaan status quo. Akibatnya, terjadi konflik antara Indonesia, Belanda, Pihak Sekutu dan Jepang yang masih berada di Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved