Roboguru

Jelaskan kronologis peristiwa sumpah pemuda!

Pertanyaan

Jelaskan kronologis peristiwa sumpah pemuda!

Pembahasan Soal:

Peristiwa sejarah Soempah Pemoeda atau Sumpah Pemuda merupakan suatu pengakuan dari pemuda-pemudi Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa. Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 hasil rumusan dari Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II Indonesia yang hingga kini setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Kongres Pemuda II dilaksanakan tiga sesi di tiga tempat berbeda oleh organisasi Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) yang beranggotakan pelajar dari seluruh wilayah Indonesia. Kongres tersebut dihadiri oleh berbagai wakil organisasi kepemudaan yaitu Jong Java, Jong Batak, Jong, Celebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Jong Ambon, dsb serta pengamat dari pemuda tiong hoa seperti Kwee Thiam Hong, John Lauw Tjoan Hok, Oey Kay Siang dan Tjoi Djien Kwie. Isi dari Sumpah Pemuda yaitu kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia. (kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia), kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia. (kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia), kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia. (kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia). dalam peristiwa sumpah pemuda yang bersejarah tersebut diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia untuk yang pertama kali yang diciptakan oleh W.R. Soepratman. Lagu Indonesia Raya dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 pada media cetak surat kabar Sin Po dengan mencantumkan teks yang menegaskan bahwa lagu itu adalah lagu kebangsaan. Lagu itu sempat dilarang oleh pemerintah kolonial hindia belanda, namun para pemuda tetap terus menyanyikannya.

Dengan demikian, peristiwa sejarah Soempah Pemoeda atau Sumpah Pemuda merupakan suatu pengakuan dari Pemuda-Pemudi Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa. Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 hasil rumusan dari Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II Indonesia yang hingga kini setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apakah tujuan di adakan nya Kongres Pemuda...

Pembahasan Soal:

Kongres Pemuda merupakan kongres nasional pemuda Indonesia yang pernah diadakan 2 kali di Batavia (Jakarta), yang diikuti oleh seluruh organisasi kepemudaan yang ada di Hindia-Belanda.

  • Kongres Pemuda I (30 April- 2 Mei 1926)

Tujuan: Menanamkan semangat kerjasama antar perkumpulan pemuda untuk mewujudkan persatuan Indonesia.

  • Kongres Pemuda II (27 Oktober- 28 Oktober 1928)

Tujuan: memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh persatuan Indonesia. Kongres pemuda II mengasilkan Sumpah Pemuda . 


Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya tujuan diadadanya Kongres Pemuda II adalah untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa 

Roboguru

Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) berupaya mewujudkan persatuan melalui Kongres Pemuda I. Akan tetapi, upaya tersebut sulit dilakukan karena....

Pembahasan Soal:

Dorongan untuk menyatukan perjuangan antarorganisasi juga berkaitan dengan kebijakan kolonial Pemerintah Belanda. Pemerintah Kolonial Belanda menerapkan berbagai kebijakan yang represif terhadap organisasi-organisasi pergerakan nasional termasuk penyelenggaraan Kongres Pemuda 1 pada 1926. Tidak ingin posisinya terancam, pemerintah kolonial Hindia Belanda mengirim Ketua Komisaris Kepolisian Hindia Belanda, Visbeen untuk mengawasi jalannya Kongres Pemuda 1.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Jelaskan kronologis peristiwa Sumpah Pemuda!

Pembahasan Soal:

Sumpah Pemuda merupakan hasil dari diadakannya Kongres Pemuda II yang berlangsung pada tanggal 27-28 Oktober 1928. Kongres Pemuda II sendiri merupakan realisasi dari gagasan penggabungan seluruh organisasi pemuda pada tahun 1927. Kongres Pemuda II dipimpin oleh Soegondo Djojopoespito. Dalam acara Kongres Pemuda II, perwakilan dari seluruh organisasi pemuda dan mahasiswa hadir. Terdapat tiga kali sesi rapat dalam rangkaian acara Kongres Pemuda II. Dalam rapat ketiga atau terakhir dicetuskanlah Sumpah Pemuda yang berisikan deklarasi satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Dengan demikian, Sumpah Pemuda merupakan hasil dari Kongres Pemuda II.

Roboguru

Pada tahun 1926 berbagai organisasi kepemudaan menyelenggarakan kongres. Gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda berasal dari organisasi kepemudaan yang bernama...

Pembahasan Soal:

Kongres Pemuda II dikenal sebagai Kongres Pemuda. Dilaksanakan dalam tiga sesi di tiga tempat berbeda. Penggagas Kongres ini adalah Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI). PPPI beranggotakan pelajar dari seluruh wilayah Indonesia. Kongres dihadiri oleh berbagai wakil organisasi kepemudaan yaitu Jong Java, Jong Batak, Jong Celebes, Jong Sumateranen Bond, Jong Islamieten Bond, Jong Ambon dan lainnya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Berikut peran pemuda dalam perjuangan menuju kemerdekaan adalah ....

Pembahasan Soal:

34. QU-R12TZ8VN
Pada tahun 1926, berbagai organisasi kepemudaan ini menyelenggarakan Kongres Pemuda I di Yogyakarta. Kongres ini telah menunjukkan adanya kekuatan untuk membangun persatuan dari seluruh organisasi pemuda yang ada di Indonesia. Pada Kongres Pemuda II di Batavia pada 26-28 Oktober 1928, 750 orang wakil dari organisasi-organisasi kepemudaan berhasil menunjukkan persatuan dan tekadnya yang sama untuk mencapai kemerdekaan secara bersama-sama melalui apa yang disebut dengan Sumpah Pemuda. Adapun isi dari Sumpah Pemuda tersebut adalah.

“Bertumpah darah satu, yaitu tanah Indonesia; berbangsa satu, yaitu bangsa Indonesia, berbahasa satu, yaitu bahasa Indonesia”.

Dalam kongres ini juga untuk pertama kalinya, lagu “Indonesia Raya”, ciptaan W.R. Supratman diperdengarkan. Lagu ini kelak menjadi lagu kebangsaan Negara Indonesia. Selain itu, simbol identitas bangsa berupa bendera merah putih dikibarkan mengiringi lagu tersebut. Sumpah Pemuda ini dimaknai sebagai penanda periode penegas kemerdekaan bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda menegaskan transformasi perjuangan melawan penjajah yang berlandaskan semangat persatuan dan nasionalisme, sekaligus meninggalkan perjuangan yang bersifat kedaerahan.
 
Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah C.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved