Roboguru

Jelaskan kondisi Indonesia secara astronomis, geologis, dan geografis!

Pertanyaan

Jelaskan kondisi Indonesia secara astronomis, geologis, dan geografis!undefined

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Secara astronomis, Indonesia berada pada begin mathsize 14px style 6 ˚ LU space minus space 11 ˚ LS space dan space 95 ˚ BT space minus space 141 ˚ BT end style yang menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis dan disinari matahari sepanjang tahun. Berdasarkan letak garis bujur, Indonesia memiliki 3 (tiga) perbedaan wilayah waktu, yaitu: wilayah Indonesia bagian timur (WIT), wilayah Indonesia bagian tengah (WITA), dan wilayah Indonesia bagian barat (WIB).

Secara geografis, Indonesia terletak antara Benua Asia dan Benua Australia serta Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Sedangkan secara geologis, Indonesia dikategorikan menjadi 3 (tiga) daerah, yaitu daerah dangkalan Sunda, daerah dangkalan Sahul, dan daerah antara dangkalan Sunda dan Sahul. Indonesia juga berada pada rangkaian 2 (dua) jalur pegunungan muda, yaitu rangkaian pegunungan Sirkum Mediterania (Indonesia bagian barat) dan rangkaian pegunungan Sirkum Pasifik (Indonesia bagian timur). Selain itu, secara geologis Indonesia juga terletak di antara beberapa lempeng tektonik, yaitu lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia dan lempeng Pasifik, serta satu lempeng minor yaitu lempeng Filipina yang terletak di sebelah utara Indonesia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Cermati pernyataan berikut :  Diapit oleh dua samudera Peringkat ke 3 dunia dalam produksi perikanan Berbentuk kepulauan dan memiliki sejumlah 17.504 pulau Sebagian besar jumlah penduduknya berm...

Pembahasan Soal:

Bentuk wilayah, luas laut, potensi dan letak geografis dari Indonesia menjadikan Indonesia sebagai poros maritim, yang memberikan banyak manfaat bagi Indonesia, namun juga menimbulkan berbagai dampak negatif sebagai tantangan. Indonesia adalah negara kepulauan , yang tersusun dari 17508 pulau, dengan 5 pulau terbesar adalah pulau Papua, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Jawa. Bentuk pulau ini menjadikan Indonesia memiliki bidang kemaritiman yang berperan penting. Misalnya, untuk memindahkan barang dan jasa dari satu pulau ke pulau lain, menggunakan kapal laut. Penduduk di pesisir pulau-pulau ini juga menggunakan laut untuk mencari nafkah. Faktor-faktor yang menyebabkan Indonesia sebagai poros maritim dunia adalah sebagai berikut :

  1. bentuk negara yang merupakan negara kepulauan
  2. wilayah laut yang luas
  3. potensi kelautan karena letaknya di wilayah beriklim tropis
  4. memiiki lokasi geografis yang strategis

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Roboguru

Posisi Indonesia yang berada di wilayah Ring of Fire menyebabkan wilayah Indonesia banyak memiliki jenis tanah ....

Pembahasan Soal:

Indonesia berada dalam rangkaian pegunungan api dunia yang disebut dengan Ring of Fire. Hal ini menjadikan wilayah Indonesia banyak memiliki jenis tanah vulkanik yang subur. Jenis tanah ini sangat baik untuk kegiatan pertanian atau perkebunan.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Perhatikan fenomena-fenomena berikut ini! banjir gagal panen tanah longsor kebakaran hutan Dampak dari peristiwa El Nino yang terjadi di Samudra Pasifik terhadap wilayah Indonesia ditunjukkan ...

Pembahasan Soal:

Peristiwa El Nino merupakan anomali iklim yang diakibatkan oleh meningkatnya suhu permukaan laut di Samudra Pasifik bagian timur. Peristiwa ini bisa menimbulkan dampak buruk bagi Indonesia yang berada di sisi barat Pasifik. El Nino bisa menyebabkan sebagian besar wilayah Indonesia mengalami kemarau berkepanjangan dan kekeringan. Hal ini bisa memicu terjadinya kebakaran hutan di sejumlah wilayah Indonesia. Peristiwa El Nino juga bisa menyebabkan beberapa jenis tanaman pertanian/perkebunan gagal panen karena kekurangan air, seperti padi. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Indonesia terletak di kawasan strategis. Analisislah upaya Indonesia menangkap peluang tersebut dalam aspek ekonomi!

Pembahasan Soal:

Letak geografis Indonesia adalah di antara benua Asia di sebelah utara dan Australia di sebelah selatan dan di antara Samudera Hindia di sebelah barat dan Samudera Pasifik di sebelah timur. Peluang dari letak geografis ini adalah banyaknya pelayaran dan perdagangan di lautan Indonesia, terutama di jalur selat Malaka. Pelayaran ini membawa para pedagang dan kapal yang berniaga dan menumbuhkan kota-kota pusat perdagangan dan menggerakkan kegiatan perekonomian. Untuk menangkap peluang ini, maka Indonesia perlu melakukan:

  1. Membangun sarana infrastruktur penunjang. Agar pelayaran di jalur ini dapat memberikan keuntungan, maka perlu dibangun sarana yang menunjang perdagangan, terutama pelabuhan. Dengan pelabuhan, maka akan dapat dilakukan kegiatan bongkar muat kapal, untuk kegiatan perdagangan ekspor dan impor. Dengan adanya pelabuhan ini pemilik usaha dapat lebih mudah dalam mengirim dan menjual produk yang dihasilkannya, serta membeli bahan baku.
  2. Menjaga keamanan jalur pelayaran. Lokasi strategis ini memiliki resiko seperti penyelundupan, pembajakan dan pencurian ikan. Karena itu, keamanan terutama di perbatasan harus ditingkatkan. Hal ini bisa dilakukan dengan patroli laut dan menindak pelanggar dengan tegas.
  3. Mengembangkan industri di Indonesia. Lokasi yang strategis harus dimanfaatkan dengan mengembangkan industri. Dengan industri ini maka dapat dilakukan pengolahan bahan baku menjadi produk bernilai tinggi, yang kemudian diekspor dengan memanfaatkan pusat perdagangan yang ada.
Roboguru

Indonesia terdapat pada wilayah beriklim tropis. Hal ini dipengaruhi oleh ... Indonesia.

Pembahasan Soal:

Indonesia berada pada rentang lintang 6°LU-11°LS. Posisi ini menjadikan Indonesia berada pada wilayah beriklim tropis. Wilayah beriklim tropis berada pada rentang 0°-23,5°LU/LS. Jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved