Roboguru

Jelaskan kondisi geologi Indonesia.

Pertanyaan

Jelaskan kondisi geologi Indonesia.space space  

Pembahasan Soal:

Secara geologis, Indonesia yang berada di wilayah pertemuan tiga lempeng tektonik besar, yaitu Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik. Kondisi tersebut menyebabkan Indonesia memiliki banyak potensi bencana, mulai dari gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung api. 

Selain itu, Indonesia terletak pada pusat pertemuan dua pegunungan muda, yaitu pegunungan sirkum Mediterania dan pegunungan Sirkum Pasifik. Hal ini mengakibatkan Indonesia banyak terdapat gunung dan rangkaian pegunungan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelancehh

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Karena letaknya yang berada pada pertemuan 3 lempeng aktif yaitu, eurasia, pasifik, dan hindia, di Indonesia sering terjadi bencana alam. Bencana alam akibat letak geologis ini dapat memicu bencana al...

Pembahasan Soal:

Letak Geologis adalah letak suatu tempat berdasarkan kondisi geologisnya. Kondisi geologis yang dimaksud adalah susunan batuan yang menyusun permukaan bumi tempat tersebut berada.

Secara geologis, Indonesia terletak pada pertemuan 3 lempeng besar dunia, Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik. Daerah Indonesia juga dilalui oleh 2 jalur pegunungan besar yaitu, sirkum Mediterania dan sirkum Pasifik.

Pengaruh letak geologis menyebabkan tingginya frekuensi gempa bumi di Indonesia. Dalam setahun, Indonesia bisa diguncang lebih dari 6.000 gempa. Perpaduan antara wilayah Indonesia yang sebagian besar berupa lautan dengan tingginya frekuensi gempa sering kali menghasilkan gempa di bawah laut yang menyebabkan Tsunami.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space

1

Roboguru

Apa yang menyebabkan di Indonesia terdapat deretan gunung berapi di sepanjang Pulau Sumatera, Jawa, dan Nusa Tenggara?

Pembahasan Soal:

Bentang alam Indoesia banyak berupa gunung api terutama di sepanjang Pulau Sumatra, Jawa, dan Nusa Tenggara. Hal itu dikarenakan Indonesia dilintasi oleh dua jalur pegunungan muda, yakni Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Selain itu, wilayah geografis Indonesia yang berada di jalur pertemuan dua lempeng benua (Lempeng Benua Asia di bagian barat, dan Lempeng Benua Australia di bagian timur) membuatnya banyak memiliki banyak gunung berapi. Dua lempeng tersebut saling bertumbukan dan menciptakan proses tektonik. Lempeng tektonik yang terus menghunjam ke bawah hingga mencapai titik suhu dan tekanan tinggi akan memicu magma naik ke permukaan dan membentuk deretan gunung berapi.  

0

Roboguru

Indonesia berada di pertemuan tiga lempeng tektonik, yaitu, kecuali  ....

Pembahasan Soal:

Indonesia merupakan daerah rawan gempabumi karena dilalui oleh jalur pertemuan 3 lempeng tektonik, yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik. Jalur yang dilalui pertemuan lempeng ini menjadi zona rawan gempa di Indonesia.

Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Daerah cekung seperti cawan yang mengalami pemerosotan, atau daratan yang mempunyai ketinggian lebih rendah dari permukaan air laut disebut ...

Pembahasan Soal:

Daratan yang memiliki ketinggian lebih rendah dari permukaan laut disebut dengan depresi. Bentuknya menyerupai daratan namun berada di bawah tinggi muka air laut. Indonesia tidak memiliki bentuk muka bumi depresi. Depresi yang cukup terkenal berada di Belanda.

Maka, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Salah satu contoh dataran tinggi di Indonesia berikut ini adalah ….

Pembahasan Soal:

Sesuai dengan namanya, yang dimaksud dataran tinggi adalah bagian daratan yang mempunyai ketinggian lebih daripada daerah di sekitarnya. Ketinggian yang dimiliki oleh dataran tinggi sekitar ratusan hingga ribuan meter di atas permukaan air laut. Terdapat banyak contoh dataran tinggi di dunia, bahkan di Indonesia pun juga termasuk banyak. Beberapa contoh dataran tinggi di Indonesia adalah dataran tinggi Dieng, dataran tinggi Kerinci, dataran tinggi Minahasa, dataran tinggi Karo dan dataran tinggi Alas. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved