Roboguru

Jelaskan klasifikasi desa berdasarkan tingkat perkembangannya!

Pertanyaan

Jelaskan klasifikasi desa berdasarkan tingkat perkembangannya!undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Berdasarkan tingkat perkembangannya, desa dibedakan menjadi:

  • Desa terbelakang (underdeveloped village), yaitu desa yang belum bisa memanfaatkan potensi yang ada karena keterbatasan kemampuan masyarkatnya. Desa ini juga dikenal sebagai desa swadaya. Untuk mengatasi ini, pemerintah mengeluarkan Inpres No. 5 Tahun 1993 mengenai Inpres Desa Tertingal. Proyek ini bertujuan untuk menumbuhkan dan memperkuat kemampuan penduduknya untuk meningkatkan taraf hidup dengan membuka kesempatan berusaha.
  • Desa sedang berkembang (developing village), yaitu desa yang baru memanfaatkan potensi yang ada tetapi kekurangan dana. Desa ini dikenal dengan sebutan desa swakarya. Pada tipe desa ini masyarakatnya sudah cukup maju tetapi masih memegang kuat nilai-nilai paguyuban.
  • Desa maju (developed village), yaitu desa yang sudah memanfaatkan semua potensi yang ada secara maksimal. Desa ini disebut juga dengan desa swasembada. Taraf kehidupan penduduknya sudah tingi begitu pula tingkat pendidikannya. Bahkan, fasilitas yang sudah dibangun di desa tersebut sudah sangat memadai.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Masyarakatnya telah mampu memanfaatkan dan mengembangkan sumber daya alam dan potensinya sesuai dengan kegiatan pembangunan regional, sarana dan prasarana yang dimiliki telah lengkap dan mata pencahar...

Pembahasan Soal:

Desa merupakan perwujudan atau kesatuan geografi,sosial,ekonomi,politik serta kutural yang terdapat di suatu daerah dalam hubungan dan pengaruhnya secara timbal balik dengan daerah laiin. Jenis desa berdasarkan tingkat perkembangannya dibagi menjadi desa swadaya,swakarya dan swasembada. Karakteristik desa swasembada adalah bergerak pada bidang jasa dan perdagangan.

0

Roboguru

Desa tempat tinggal Pak Joko sudah mampu mengembangkan semua potensi yang dimiliki secara optimal. Masyarakatnya juga sudah banyak yang menggunakan teknologi, seperti traktor dan sistem irigasi yang m...

Pembahasan Soal:

Tingkat perkembangan desa sendiri terbagi atas 3 tingkatan yaitu Desa Swasembada, Desa Swakarya, dan Desa Swadaya :

  1. Desa Swadaya adalah desa yang masih terikat oleh tradisi karena taraf pendidikan yang masih relatif rendah, produksi yang masih diarahkan untuk kebutuhan primer keluarga dan komunikasi keluar sangat terbatas. Desa ini bersifat sedenter, artinya sudah ada kelompok keluarga yang bermukim secara menetap di sana.
  2.  Desa Swakarya adalah desa yang setingkat lebih maju dari desa swadaya, di mana adat-istiadat masayarakat desa sedang mengalami transisi, pengaruh dari luar sudah mulai masuk ke desa, yang mengakibatkan perubahan cara berpikir dan bertambahnya lapangan pekerjaan di desa, sehingga mata pencaharian penduduk sudah mulai berkembang dari sektor primer ke sektor sekunder, produktifitas mulai meningkat dan diimbagi dengan bertambahnya prasarana desa.
  3. Desa swasembada adalah desa yang masyarakatnya telah mampu memanfaatkan dan mengembangkan sumber daya alam dan potensinya sesuai dengan kegiatan pembangunan regional. Para pemukim sudah banyak berpendidikan setingkat dengan sekolah atas.

Jadi, desa yang dimaksud pada soal adalah desa swasembada.undefined

0

Roboguru

Ciri-ciri masyarakat desa : letak di daerah pantai kegiatan ekonomi penduduk sebagai nelayan. Klasifikasi desa sesuai ciri-ciri tersebut adalah desa....

Pembahasan Soal:

Klasifikasi desa sesuai ciri-ciri pada soal tersebut adalah desa nelayan. Desa nelayan adalah sebuah desa yang berlokasi dekat dengan kawasan penangkapan ikan dengan perekonomian yang berbasis pada perikanan tangkap dan pemrosesan ikan.

Jadi, jawaban yang benar adalah D. 

0

Roboguru

Sebuah desa menggantungkan hidupnya pada hasil pertanian kentang, maka desa tersebut termasuk ke dalam desa ....

Pembahasan Soal:

Desa berdasarkan kegiatan masyarakatnya dibagi menjadi 3 diantaranya:

  • Desa agraris
    Kegiatan masyarakatnya berdasar pada kegiatan pertanian dan terletak di daerah subur.
  • Desa industri
    Kegiatan masyarakatnya berdasar pada kegiatan industri dan terletak di dekat sumber bahan baku. 
  • Desa nelayan
    Kegiatan masyarakatnya berdasar pada kegiatan perikanan dan terletak di dekat pantai. 

Berdasarkan penjelasan diatas maka desa menggantungkan hidupnya pada hasil pertanian kentang disebut desa agraris, karena masyarakatnya menggantungkan hidupnya pada pertanian kentang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Tuliskan klasifikasi desa!

Pembahasan Soal:

Desa berdasarkan klasifikasinya dibedakan menjadi empat yaitu desa tradisional, desa swadaya, desa swakarya dan desa swasembada.

  • Desa Tradisional adalah desa yang masyarakatnya sepenuhnya bergantung pada sumber daya alam. Desa trandisional memiliki ciri-ciri yaitu hanya ditinggali oleh satu suku, tidak ada komunikasi dan sosialiasi dari daerah luar, dan berlokasi di daerah yang terpencil.
  • Desa swadaya adalah desa yang lebih berkembang daripada desa tradisional.  Kebutuhan sehari-hari terpenuhi dengan ketersediaan alam namun dengan mengalami pengolahan. Ciri-ciri desa swadaya adalah mayoritas mata pencaharian dalam bidang agraris, adat istiadat masih erat, dan kegiatan ekonomi pada umunya untuk mencukupi kebituhan sendiri, kondisi sarana dan prasarana yang masih minim
  • Desa Swakarya adalah desa yang masyarakatnya sudah mulai terbuka dengan perkembangan budaya dan teknologi. Desa swakaryamata pencaharian sudah mulai beragam, kegiatan ekonomi tidak hanya mencukupi kebutuhan sendiri, perkembangan masyarakat lebih cepat.
  • Desa Swadaya adalah desa yang sudah mampu mengembangkan potensi dan sumber daya alam yang ada di desa secara optimal. Kondisi fasilitas transportasi dan teknologi sudah memadai, kegiatan ekonomi sudah berkembang dengan pesat.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved