Roboguru

Jelaskan keuntungan dan kerugian lokasi geologis Indonesia!

Pertanyaan

Jelaskan keuntungan dan kerugian lokasi geologis Indonesia!space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Letak Geologis adalah letak wilayah berdasarkan kondisi batuan penyusunnya. Indonesia terletak pada tiga pertemuan lempeng  yaitu lempeng indo-auustralia, lempeng pasifik, dan lempeng eurasia. Letak geologis Indonesia memberikan keuntungan dan kerugian bagi Indonesia sebagai berikut:

Keuntungan :

  1. Indonesia memiliki banyak gunung api sehingga Indonesia menjadi negara yang memiliki tanah yang subur
  2. Indonesia kaya akan sumber bahan tambang
  3. Indonesia menjadi negara yang kaya akan lokasi wisata alam
  4. Indonesia menjadi negara yang kaya akan sumber tenaga panas bumi, sehinga dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik.

 Kerugian   :

  1. Indonesia menjadi negara yang rawan bencana alam seperti gempa bumi, gunung meletus, dan Tsunami
  2. Tanah di Indonesia kurang stabil dan curam.
  3. Banyak korban jiwa ketika terjadi bencana

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Indonesia berada pada peta pertemuan pegunungan sirkum pegunungan mediterania dan pegunungan sirkum pasifik. Hal ini menunjukkan letak Indonesia berdasarkan

Pembahasan Soal:

Indonesia berada pada peta pertemuan pegunungan sirkum pasifik dan pegunungan sirkum mediterania. Hal ini menunjukan Indonesia berdasarkan letak geologis nya. Letak geologis merupakan letak suatu wilayah, negara ataupun benua berdasarkan kondisi geologis yang ada di wilayah tersebut. Oleh karena itu, jawbaan yang tepat pada soal ini adalah opsi d.

Roboguru

Wilayah Indonesia yang memiliki tingkat kerawanan tinggi terhadap gempa bumi tektonik adalah ....  Jawa Timur  Sumatra Barat Sulawesi Utara Kalimantan Selatan Pilihlah:

Pembahasan Soal:

Indonesia memiliki kerawanan tinggi terhadap bencana gempa bumi karena lokasi geologisnya yang berada di pertemuan tiga lempeng besar dunia, yaitu Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik. Pergerakan lempeng ini bisa menyebabkan terjadinya peristiwa gempa bumi. Wilayah-wilayah dengan kerawanan tinggi terhadap gempa bumi biasanya berada dekat dengan zona tumbukan lempeng, seperti di pesisir barat Pulau Sumatra (Sumatra Barat, Bengkulu, dan lain-lain), pesisir selatan Pulau Jawa dan Kepulauan Nusa Tenggara, Sulawesi Utara, dan wilayah lainnya. Sementara itu, Pulau Kalimantan relatif lebih aman dari bencana gempa karena posisinya jauh dari zona tumbukan lempeng.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Indonesia berada pada pertemuan 3 lempeng, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Indonesia merupakan daerah rawan gempa bumi karena dilalui oleh jalur pertemuan 3 lempeng tektonik, yaitu : Lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik. Lempeng Indo-Australia bergerak relatif ke arah utara dan menyusup ke dalam lempeng Eurasia, sementara lempeng Pasifik bergerak relatif ke arah barat.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Roboguru

Perhatikan gambar peta berikut ini! Letak geologis Indonesia berada pada pertemuan lempeng ....

Pembahasan Soal:

Indonesia berada pada wilayah pertemuan tiga lempeng besar dunia dan satu lempeng kecil, yaitu Lempeng Tektonik Indo-Australia di bagian Selatan, Lempeng Eurasia di bagian Utara, Lempeng Pasifik di bagian Timur Laut dan lempeng kecil Filipina di sebelah Utara. Hal ini menjadikan wilayah Indonesia berada pada rawan terhadap bencana gempa bumi.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.space 

Roboguru

Jelaskan kondisi Indonesia secara astronomis, geologis, dan geografis!

Pembahasan Soal:

Secara astronomis, Indonesia berada pada begin mathsize 14px style 6 ˚ LU space minus space 11 ˚ LS space dan space 95 ˚ BT space minus space 141 ˚ BT end style yang menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis dan disinari matahari sepanjang tahun. Berdasarkan letak garis bujur, Indonesia memiliki 3 (tiga) perbedaan wilayah waktu, yaitu: wilayah Indonesia bagian timur (WIT), wilayah Indonesia bagian tengah (WITA), dan wilayah Indonesia bagian barat (WIB).

Secara geografis, Indonesia terletak antara Benua Asia dan Benua Australia serta Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Sedangkan secara geologis, Indonesia dikategorikan menjadi 3 (tiga) daerah, yaitu daerah dangkalan Sunda, daerah dangkalan Sahul, dan daerah antara dangkalan Sunda dan Sahul. Indonesia juga berada pada rangkaian 2 (dua) jalur pegunungan muda, yaitu rangkaian pegunungan Sirkum Mediterania (Indonesia bagian barat) dan rangkaian pegunungan Sirkum Pasifik (Indonesia bagian timur). Selain itu, secara geologis Indonesia juga terletak di antara beberapa lempeng tektonik, yaitu lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia dan lempeng Pasifik, serta satu lempeng minor yaitu lempeng Filipina yang terletak di sebelah utara Indonesia.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved