Roboguru

Jelaskan keterampilam sosial homo erectus!

Pertanyaan

Jelaskan keterampilam sosial homo erectus!

Pembahasan Soal:

Studi terbaru menunjukkan bahwa nenek moyang manusia Homo erectus ternyata memiliki kemampuan intelegensia yang tinggi. Kesimpulan ini didapat dari kebiasaan mereka menggunakan api. Penelitian yang dipublikasikan dalamCambridge Archaeological Journal pada Februari lalu memperlihatkan bahwa penggunaan api membutuhkan perencanaan jangka panjang, kerja sama kelompok, adanya hambatan. Bukti awal mengenai penggunaan api dalam studi ini menunjukkan bahwa nenek moyang, manusia purba Homo erectus mungkin lebih cerdas dari perkiraan sebelumnya. Manusia purba telah cukup pintar untuk menjaga api dengan bekerja sama satu sama lain, tidak mencuri makanan ataupun tidak mencuri dari orang lain. Dari jejak sisa abu yang ditemukan di gua Wonderwerk, Afrika Selatan, mengisyaratkan setidaknya sebagianHomo erectus telah menggunakan api sejak satu juta tahun yang lalu. Situs Gesher Benot Ya'aqov di Israel juga menunjukkan bukti keberadaan api sejak 800 ribu tahun yang lalu. Saat itu, mungkin manusia purba ini belajar memanfaatkan api dari sambaran petir atau sumber alami lainnya. Beberapa antropolog lain berpendapat bahwa saat itu manusia purba butuh nutrisi dari makanan yang berasal daging dan mengharuskan makanan dimasak agar menetralisir bakteri. Dari sini manusia purba mulai mengalihkan energi dari pencernaan untuk perkembangan otak. Lebih lanjut Twomey memutuskan untuk mengulik kemampuan mental nenek moyang manusia ini yang secara teratur mampu untuk membuat api tetap terjaga.Homo erectus memerlukan kemampuan untuk perencanaan jangka panjang dan memerlukan perkakas yang terbuat dari batu serta berburu mangsa. Mereka mengumpulkan kayu bakar, mengantisipasi kemungkinan api akan padam, atau mengantisipasi badai untuk kelangsungan api. "Terlebih lagi nenek moyang kita juga membutuhkan keterampilan sosial yang baik untuk memastikan orang lain tidak mencuri makanan yang sedang dimasak atau mencuri api yang sedang menyala, sementara yang lain sibuk mengumpulkan kayu bakar," kata Twomey.

Dengan demikian, Homo erectus ini menunjukkan nenek moyang manusia yang lebih cerdas dari apa yang diperkirakan sebelumnya. Penelitian baru ini menjabarkan pengujian kemampuan kognitif diperlukan untuk mencegah api dari kebakaran, volume otak yang besar, ditemukannya peralatan batu di sekitar fosil Homo erectus.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penyebab manusia purba hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain adalah…

Pembahasan Soal:

Manusia zaman Pra-aksara mula-mula hidup dengan cara berburu dan meramu. Hidup mereka umumnya masih tergantung pada alam. Untuk mempertahankan hidupnya mereka menerapkan pola hidup nomaden atau berpindah-pindah tergantung dari bahan makanan yang tersedia.  Daerah yang ditempati manusia pra-aksara adalah daerah yang banyak menyediakan bahan makanan dalam jumlah yang cukup dan mudah memperolehnya. Daerah tersebut juga banyak dikunjungi oleh binatang, oleh karena itu manusia pra aksara mudah untuk berburu binatang. Manusia yang hidup pada zaman berburu dan mengumpulkan ini diperkirakan semasa dengan zaman Paleolithikum. Secara geografis pada zaman ini masih banyak tergantung pada kondisi alam sekitar. Manusia kadang harus menyesuaikan diri dan bertahan hidup sesuai dengan kondisi lingkungannya. Daerah padang rumput, sungai dan danau merupakan tempat-tempat ideal bagi manusia pra-aksara, karena disitulah akan tersedia air dan bahan makanan yang berlimpah sepanjang tahun.

Pada zaman itu, manusia pra-aksara menempati tempat tinggal sementara di gua-gua payung yang dekat dengan sumber makanan seperti siput, kerang, ikan, air dan lain-lain. Sedangkan untuk sumber penerangan mereka menggunakan api yang diperoleh dengan cara mebenturkan sebuah batu dengan batu sehingga menimbulkan percikan api dan membakar bahan-bahan yang mudah terbakar seperti serabut kelapa kering, lumut kering, rumput kering.  Masa manusia purba berburu dan meramu itu sering disebut dengan masa Food gathering. Mereka hanya mengumpulkan dan menyeleksi makanan karena belum dapat mengusahakan jenis tanaman untuk dijadikan bahan makanan. Dalam perkembangannya mulai ada sekelompok manusia purba yang bertempat tinggal sementara, misalnya di gua-gua, atau di tepi pantai. Peralihan Zaman Mesolitikum ke Neolitikum menandakan adanya revolusi kebudayaan dari food gathering menuju food producing dengan Homo Sapiens sebagai pendukungnya. Mereka tidak hanya mengumpulkan makanan tetapi mencoba memproduksi makanan dengan menanam. Kegiatan bercocok tanam dilakukan ketika mereka sudah mulai bertempat tinggal, walaupun masih bersifat sementara. Mereka melihat biji-bijian sisa makanan yang tumbuh di tanah setelah tersiram air hujan. Pelajaran inilah yang kemudian mendorong manusia purba untuk melakukan cocok tanam.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka jawabannya adalah E.

0

Roboguru

Tulis informasi yang kamu temukan pada kolom yang disediakan!

Pembahasan Soal:

Para ahli sejarah membagi periode prasejarah di bumi menjadi 4 zaman yaitu Zaman Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum dan Neozoikum. Berikut ini ciri-ciri Zaman Neozoikum yaitu:

  1. Muncul dan berembangnya mamalia.
  2. Reptil besar telah punah.
  3. Iklim sudah stabil.

Dengan demikian, ciri-ciri zama neozoikum yaitu merupakan puncak dari hewan mamalia, hewan reptil besar telah punah, Iklim bumi sudah mulai stabil, terbagi menjadi 2 zaman yaitu : zaman tersier dan zaman kuarter dan berlangsung sekitar 60 juta tahun yang lalu.

0

Roboguru

Tulis informasi yang kamu temukan pada kolom yang disediakan!

Pembahasan Soal:

Para ahli sejarah membagi periode prasejarah di bumi menjadi 4 zaman yaitu Zaman Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum dan Neozoikum. Berikut ini ciri-ciri Zaman Mesozoikum yaitu:

  1. Berlangsung sekitar 150 juta tahun.
  2. Muncul banyak hewan reptil besar seperti dinosaurus.
  3. Iklim mulai hangat, tidak lagi sangat panas.

Dengan demikian, ciri-ciri zaman mesozoikum yaitu berlangsung sekitar 150 juta tahun, perkembangan reptil mencapai puncaknya (terutama dinosaurus), terdapat aktivitas tektonik, iklim, dan evolusi, benua-benua secara perlahan mengalami pergeseran dari saling menyatu satu sama lain, iklim bumi mulai hangat, merupakan dasar dari kehidupan modern.

1

Roboguru

Jelaskan apa yang dimaksud dengan zaman geologis!

Pembahasan Soal:

Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan, berdasarkan komposisinya, struktur, sejarah, sifat-sifatnya, dan juga proses pembentukannya, dan orang yang memelajari dan mendalami ilmu geologi disebut geolog. Berdasarkan geologi, zaman praaksara dibagi menjadi 4, ada zaman tertua (Arkaekum), zaman primer atau zaman hidup tua (Paleozoikum), zaman sekunder atau zaman hidup pertengahan (Mesozoikum), serta zaman hidup baru (Neozoikum).

Dengan demikian, pembagian zaman secara geologis adalah pembagian zaman berdasarkan keadaan bumi saat itu. Dan secara geologis masa praaksara dibagi menjadi 4 yaitu Arkaikum, Palaeozoikum, Mesozoikum, Neozoikum

0

Roboguru

Tulis informasi yang kamu temukan pada kolom yang disediakan!

Pembahasan Soal:

Para ahli sejarah membagi periode prasejarah di bumi menjadi 4 zaman yaitu Zaman Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum dan Neozoikum.  Berikut ini ciri-ciri Zaman Paleozoikum yaitu:

  1. Berlangsung sekitar 340 juta tahun.
  2. Keadaan bumi belum stabil.
  3. Iklim masih sering berubah-ubah.
  4. Curah hujan yang sangat besar.
  5. Mulai ada tanda kehidupan berupa hewan kecil tidak bertulang belakang, mikroorganisme, sejenis ikan, ganggang atau rerumputan.

Dengan demikian, ciri-ciri kehidupan zaman paleozoikum yaitu mulai ada tanda-tanda kehidupan berupa mikroorganisme, hewan kecil tanpa bertulang belakang, jenis ikan, dan jenis ganggang atau rerumputan, keadaan bumi masih belum stabil, Iklim masih belum stabil dan berubah-ubah, curah hujan sangat besar dan berlangsung sekitar 340 juta tahun yang lalu.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved