Roboguru

Jelaskan hukum penawaran!

Pertanyaan

Jelaskan hukum penawaran! space

  1. .... space

  2. .... space

Pembahasan Soal:

Penawaran adalah jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen pada berbagai tingkat harga. Hukum penawaran berbunyi:"semakin tinggi harga suatu barang maka jumlah penawaran akan naik atau sebaliknya semakin rendah harga suatu barang maka jumlah penawaran akan semakin naik". Hukum penawaran ini hanya berlaku saat kondisi cateris paribus yaitu faktor lain selain harga barang itu sendiri dianggap tetap. space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Setiawan

Mahasiswa/Alumni UIN Sumatera Utara

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Hukum penawaran mengindikasikan jika harga barang naik maka ....

Pembahasan Soal:

Penawaran adalah sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan produsen pada tingkat harga dan waktu tertentu. Hukum penawaran berbunyi: jika harga barang naik, maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, jika harga barang turun, maka jumlah barang yang ditawarkan akan turun.

Jadi, jawaban yang tepat adalah poin D. space 

0

Roboguru

Berdasarkan hukum penawaran, apabila harga kertas turun, maka penawaran buku akan cenderung ....

Pembahasan Soal:

Hukum penawaran berkebalikan dengan permintaan yakni saat harga barang meningkat akan mendorong meningkatnya penawaran suatu barang atau jasa. Jika suatu barang atau jasa harganya meningkat, maka produksi akan memasok barang lebih banyak, sebaliknya saat harga turun, mereka enggan mengurangi pasokan.


Jadi, jawaban yang tepat adalah B. space space 

0

Roboguru

Jelaskan hukum penawaran serta faktor-faktor yang mempengaruhinya !

Pembahasan Soal:

Penawaran dapat diartikan sebagai jumlah barang dan jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual. Hukum penawaran berbunyi "Jika harga suatu barang atau jasa meningkat, maka jumlah barang yang ditawarkan ikut meningkat, sedangkan apabila harga barang atau jasa menurun, maka jumlah barang yang ditawakan juga ikut menurun". Namun penawaran juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain selain harga. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Harga
    Harga barang merupakan faktor penentu yang penting dari jumlah penawaran barang oleh penjual. Jika harga meningkat maka produsen akan meningkatkan juga jumlah penawarannya. 
  2. Jumlah produsen
    Semakin banyaknya jumlah produsen, maka akan menyebabkan semakin banyak juga produk yang ditawarkan di pasar.
  3. Kebijakan pemerintah (pajak dan subsidi)
    Jika pemerintah menaikkan tarif pajak, maka akan menyebabkan harga-harga barang produksi menjadi mahal, hal ini dapat menyebabkan jumlah penawaran menurun. Namun jika pemerintah memberikan subsidi, maka akan menyebabkan produsen dapat meningkatkan produktivitasnya sehingga penawaran meningkat.
  4. Biaya produksi
    Jika biaya produksi meningkat tentu akan membuat produsen mengurangi produktivitasnya sehingga penawaran menjadi menurun. Namun sebaliknya, jika biaya produksi sedang murah tentu akan membuat produsen menambah produktivitasnya sehingga penawarannya meningkat.
  5. Teknologi
    Semakin canggih dan berkembangnya teknologi yang digunakan oleh produsen untuk kegiatan produksinya, maka akan meningkatkan produktivitasnya sehingga penawaran meningkat. spacespace

space  

0

Roboguru

Berikut ini bunyi hukum penawaran "jika harga barang yang ditawarkan naik, maka jumlah barang yang ditawarkan pun akan bertambah dan sebaliknya, jika harga barang turun, maka jumlah barang yang ditawa...

Pembahasan Soal:

Dalam hukum penawaran, jumlah barang yang ditawarkan berbanding lurus dengan tingkat harga barang (mempunyai hubungan positif). dalam hubungan penawaran ini berlaku anggapan yaitu faktor-faktor yang dapat mempengaruhi jumlah penawaran.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined 

0

Roboguru

Tuliskan bunyi hukum permintaan dan penawaran ....

Pembahasan Soal:

Hukum permintaan berbunyi “Ketika harga suatu barang meningkat, ceteris paribus (faktor-faktor lain dianggap tidak ada perubahan), jumlah permintaan barang tersebut akan menurun (berbanding terbalik/tidak searah/negatif).”

Hukum penawaran “Ketika harga suatu barang meningkat, ceteris paribus (faktor-faktor lain dianggap tidak ada perubahan), jumlah penawaran barang tersebut juga akan meningkat (berbanding lurus/searah/positif).”

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved