Roboguru

Jelaskan hubungan antara kelangkaan dengan permintaan dan penawaran!

Pertanyaan

Jelaskan hubungan antara kelangkaan dengan permintaan dan penawaran! 

Pembahasan Soal:

Kelangkaan (scarcity) ialah kondisi dimana adanya ketidak seimbangan (disequilibrium) antara jumlah barang yang diminta dengan jumlah barang yang ditawarkan. Salah satu indikator sebuah barang dikatakan langka ialah jumlah barang yang ditawarkan semakin sedikit, ketika sedikitnya barang yang ditawarkan di pasar maka harga barang tersebut akan mengalami kenaikan. Ketika harga barang mengalami kenaikan, akan berdampak terhadap jumlah permintaan barang yang akan mengalami penurunan.undefined 

Agar  lebih mudah memahami hubungan antara kelangkaan dengan permintaan dan penawaran ini, kita ambil contoh kasus ya. Misalnya, kasus kelangkaan masker akibat virus covid-19.

Kemunculan virus covid-19 di Indoneisa menyebabkan mengharuskan semua masyaratkan menggunakan masker jika bepergian, ketika masker masing dijual dimana-mana semua orang berlomba-lomba membeli masker hingga terjadinya kelangkaan, yang mana semua orang susah menemukan. Padahal, masker merupakan barang yang paling banyak dicari oleh masyarakat untuk menjadi salah memenuhi kebutuhan sehari-hari dikala pandemi ini, dan masker menjadi hal yang wajib digunakan oleh manusia. Alhasil, ketersediaan masker yang sedikit atau langka ini tidak mampu untuk memenuhi permintaan konsumen yang banyak. Akibatnya, harga masker akan menjadi mahal dari harga biasanya.

Jadi, ketika suatu barang mengalami kelangkaan maka harga barang tersebut akan mengalami kenaikan. Ketika harga barang mengalami kenaikan, akan berdampak terhadap jumlah permintaan barang yang akan mengalami penurunan. Hal itu akan menyebabkan barang yang ditawarkan akan mengalami penurunan juga.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 21 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved