Roboguru

Jelaskan fungsi hormon estrogen, progesteron, FSH, LH, dan testosteron!

Pertanyaan

Jelaskan fungsi hormon estrogen, progesteron, FSH, LH, dan testosteron!space space 

Pembahasan Soal:

Hormon estrogen, progesteron, FSH, LH, dan testosteron merupakan hormon-hormon yang berperan dalam sistem reproduksi manusia. Adapun fungsi dari masing-masing hormon tersebut adalah:

  • FSH (Follicle Stimulating Hormone). Pada wanita, berfungsi merangsang perkembangan folikel pada ovarium dan sekresi estrogen. Pada pria, berperan dalam menstimulasi testis untuk menghasilkan sperma.
  • LH (Luteinizing Hormone). Pada wanita, bersama dengan estrogen menstimulasi ovulasi dan pembentukan progesteron oleh korpus luteum pada ovarium. Pada pria, menstimulasi sel-sel interstitial pada testis untuk berkembang dan menghasilkan testosteron.
  • Testosteron, berfungsi merangsang pematangan dari sel-sel kelamin (sperma) dan pembentukan tanda-tanda kelamin sekunder pada pria, seperti pertumbuhan rambut (kumis, janggut, bulu dada), bahu yang melebar, dan suara yang membesar.
  • Estrogen, bertanggung jawab terhadap pematangan proses oogenesis (pembentukan sel telur), pemeliharaan fungsi organ kelamin, merangsang perkembangan ciri-ciri kelamin sekunder, seperti pembesaran payudara, penimbunan lemak di daerah tertentu (bahu, pinggul, dan paha), pertumbuhan rambut kelamin, dan merubah suara menjadi lembut.
  • Progesteron menyebabkan dinding rahim (endometrium) mensekresikan getahnya sehingga siap menerima sel telur yang sudah dibuahi. Bersama-sama dengan estrogen, progesteron berperan dalam memproduksi air susu ibu, membentuk dan memelihara plasenta kehamilan, serta memelihara kondisi kehamilan.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan tabel berikut ini! Jenis hormon yang terlibat dalam proses menstruasi serta fungsinya yang tepat adalah ….

Pembahasan Soal:

Hormon yang terlibat dalam proses menstruasi ada 4 yaitu FSH, LH, estrogen, dan progesteron. Masing-masing hormon tersebut memiliki fungsi yang berbeda, adapun fungsi dari hormon-hormon tersebut adalah:

Sehingga, jenis hormon yang terlibat dalam menstruasi serta fungsinya yang tepat adalah 1D-2C-3B-4A. Dengan demikian, pilihan yang tepat adalah D.

1

Roboguru

Hormon kelamin yang dimiliki laki-laki dan wanita adalah ....

Pembahasan Soal:

Hormon FSH dan LH (ICSH) merupakan hormon kelamin yang disekresi oleh hipofisis baik pada individu laki-laki maupun pada individu perempuan. Walaupun sama, efek yang diberikan kedua hormon ini berbeda pada individu perempuan dan individu laki-laki. GnRH juga dihasilkan baik di individu laki-laki maupun perempuan, fungsinya adalah untuk merangsang hipofisis mensekresi FSH dan LH. Estrogen dan progesteron adalah hormon kelamin pada wanita sementara testosteron adalah hormon kelamin laki-laki. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Hormon FSH memberikan umpan negatif kepada estrogen Hormon LH memberikan umpan positif kepada progesteron Hormon estrogen memberikan umpan positif kepada LH Proges...

Pembahasan Soal:

Berikut adalah penjelasan masing-masing poin:

  1. FSH menstimulasi sekresi esterogen
  2. LH memberikan stimulasi positif untuk progesteron dan androgen
  3. Esterogen menginhibisi LH
  4. Progesteron menginhibisi produksi FSH basal dan LH
  5. GnRH menstimulasi produksi FSH dan LH, sehingga menginhibisi FSH

Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah 2, 4, dan 5.space 

0

Roboguru

Jelaskan pengaruh perubahan kadar hormon progesteron dan estrogen pada sistem reproduksi wanita!

Pembahasan Soal:

Hormon estrogen pada organ reproduksi wanita memiliki beberapa peran, diantaranya:

  1. Memunculkan ciri fisik kelamin sekunder wanita seperti pembesaran payudara.
  2. Berperan untuk merangsang pembentukan endometrium.
  3. Merangsang pengeluaran hormon LH.

Apabila tubuh kekurangan hormon estrogen, maka dapat menyebabkan:

  1. Pertumbuhan ciri kelamin sekunder dapat terhambat seperti pertumbuhan payudara yang lambat.
  2. Dapat menyebabkan terhambatnya pengeluaran hormon LH yang berfungsi untuk ovulasi (pelepasan ovum) sehingga secara tidak langsung juga dapat menghambat pengeluaran ovum.
  3. Tidak dapat terjadi menstruasi, dikarenakan tidak ada pembentukan dinding endometrium.

Hormon Progesteron memiliki fungsi utama untuk merangsang penebalan dan mempertahankan dinding endometrium, apabila produksi hormon ini terhambat, maka dapat menyebabkan peluruhan dinding endometrium yang terbentuk sehingga terjadi peristiwa Menstruasi.

Dengan demikian, perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron berpengaruh terhadap siklus reproduksi perempuan yaitu siklus menstruasi.space 

0

Roboguru

Ketika ovum tidak dibuahi sel sperma, kadar progesteron dan estrogen menjadi rendah. Apa akibat yang ditimbulkan dari perubahan kadar hormon tersebut?

Pembahasan Soal:

Fase Menstruasi
Fase menstruasi terjadi bila ovum tidak dibuahi oleh sperma, sehingga korpus luteum (massa jaringan kuning di dalam ovarium) akan menghentikan produksi hormon yang bernama estrogen dan progesteron. Turunnya kadar estrogen dan progesteron menyebabkan lepasnya ovum dari dinding uterus yang menebal (endometrium). Setelah ovum lepas, endometrium menjadi sobek dan meluruh, sehingga dindingnya juga menjadi menipis. Karena dinding endometrium banyak mengandung pembuluh darah, maka terjadilah pendarahan pada fase menstruasi.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved