Roboguru

Jelaskan faktor perbedaan sumber daya alam yang dimiliki oleh setiap negara yang memengaruhi perdagangan internasional!

Pertanyaan

Jelaskan faktor perbedaan sumber daya alam yang dimiliki oleh setiap negara yang memengaruhi perdagangan internasional! undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Perdagagan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Salah satu faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional adalah perbedaan letak geografis. Perbedaan letak geografis setiap negara yang berbeda menyebabkan sumber daya alam yang dimiliki setiap negara juga berbeda. Oleh karena itu, negara yang tidak memiliki sumber daya alam yang dibutuhkan akan mengimpor sumber daya alam dari negara yang memiliki sumber daya alam tersebut. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Ismawati

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perdagangan internasional terjadi karena beberapa faktor. Negara memiliki latar belakang tersendiri untuk melakukan perdagangan internasional, tetapi setiap negara juga memiliki penghambat yang membua...

Pembahasan Soal:

Perdagangan internasional adalah hubungan/transaksi perdagangan antarnegara. Terdapat beberapa faktor yang dapat mendorong dan menghambat suatu negara dalam melakukan perdagangan internasional. Berikut penjelasan faktor pendorong dan penghambat tersebut.

Faktor pendorong perdagangan internasional antara lain sebagai berikut: 

1. Perbedaan Sumber Daya Alam (SDA)

Perbedaan sumber daya alam antarnegara memungkinkan satu negara tidak memiliki kekayaan alam yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan negaranya. Oleh karena itu, negara tersebut perlu memenuhi kebutuhannya dengan mendatangkan sumber daya tersebut dari negara lain.

2. Penghematan Biaya Produksi

Adakalanya faktor produki seperti bahan baku dan mesin produksi yang dibutuhkan harganya lebih murah apabila dibeli secara impor dari negara lain dibandingkan dengan membeli dari dalam negeri atau membuat sendiri mesin produksi yang dibutuhkan. Dengan demikian terjadi penghematan biaya produksi dengan adanya perdagangan internasional.

3. Pemenuhan Kebutuhan Nasional

Beberapa negara tidak dapat mencukupi kebutuhannya sendiri karena keterbatasan sumber daya alam yang dimiliki. Oleh karena itu, suatu negara perlu untuk melakukan perdagangan internasional untuk mencukupi kebutuhannya tersebut.

4. Perbedaan Penguasaan Teknologi

Negara satu dan lainnya tentu berbeda dalam hal penguasaan teknologi karena perbedaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki, misalnya antara Indonesia dengan Jepang. Jepang menguasai teknoogi pembuatan kendaraan bermotor dengan baik. Oleh karena itu Indonesia mengimpor kendaraan bermotor dari Jepang.

Sementara faktor penghambat perdagangan internasional antara lain sebagai berikut: 

1. Perbedaan Mata Uang Antarnegara.

Sebetulnya dewasa ini perbedaan mata uang antarnegara bukan suatu penghalang yang siginifikan dalam perdagangan internasional karena sudah digunakan mata uang umum dalam transaksi internasional misalnya menggunakan mata uang US Dolar. Tetapi tetap saja ada kendala seperti perbedaan kurs jual dan kurs beli saat dilakukan transaksi.

2. Adanya Organisasi Regional yang Mengatur Ekspor dan Impor.

Kebijakan-kebijakan yang dibuat organisasi regional tidak selamanya memperlancar kegiatan ekspor dan impor. Adakalanya menghambat seperti pembatasan jumlah impor atas barang tertentu maka akan menghambat perdagangan internasional khususnya dalam impor barang.

3. Pembayaran Antarnegara Sulit dan Berisiko.

Pembayaran antarnegara sulit karena melibatkan mata uang yang berbeda dan dokumen-dokumen transaksi yang cukup banyak. Selain itu ada risiko perbedaan kurs jual dan kurs beli saat transaksi perdagangan internasional.

4. Adanya Kebijakan Tarif Impor yang Tinggi. 

Kebijakan tarif impor yang tinggi tentunya akan menambah biaya impor sehingga bagi importir akan menambah biaya produksi dan menurunkan minat untuk melakukan kegiatan impor.

0

Roboguru

Negara X memutuskan membeli produk otomotif dari negara Y karena butuh biaya lebih besar bila harus memproduksi produk otomotif sendiri. Hal tersebut mengindikasikan adanya faktor pendorong perdaganga...

Pembahasan Soal:

Efisiensi produk membuat suatu negara mampu memproduksi suatu barang dengan biaya lebih rendah dibanding negara lain.


Jadi, jawaban yang sesuai adalah E.space space

0

Roboguru

Jepang mengimpor baja dari PT Krakatau Steel Indonesia. Faktor apa yang menyebabkan negara Jepang mengimpor baja dari negara Indonesia adalah ....

Pembahasan Soal:

Faktor yang menyebabkan negara Jepang mengimpor baja dari negara Indonesia karena perbedaan sumber daya alam, di mana Indonesia memiliki sumber daya alam bijih besi yang melimpah sebagai bahan baku pembuatan baja dibandingkan negara Jepang yang membutuhkan baja sebagai bahan baku pembuatan kendaraan bermotor.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan expo ….

Pembahasan Soal:

Pameran dagang atau expo adalah sebuah pameran yang diadakan sehingga perusahaan dari industri tertentu dapat memamerkan dan mendemonstrasikan produk dan layanan terbaru mereka, mempelajari aktivitas pesaing dan mengikuti tren dan kesempatan baru. space space 

0

Roboguru

Pada dasarnya perdagangan internasional muncul dilatarbelakangi oleh kemampuan menghasilkan barang dan jasa yang berbeda. Negara Thailand penghasil padi, Sedangkan Negara Arab Saudi penghasil Minyak. ...

Pembahasan Soal:

Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Ada 6 faktor yang mendorong kedua negara mengadakan perdagangan internasional disebabkan oleh perbedaan, yaitu:

  1. Mendapatkan devisa.
  2. Keinginan memperoleh keuntungan.
  3. Mempercepat alih teknologi.
  4. Karena perbedaan faktor produksi.
  5. Perbedaan sumber daya alam.
  6. Memperluas lapangan kerja.

Jadi, jawaban yang tepat adalah poin B.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved