Roboguru

Jelaskan definisi tentang pertumbuhan dan perkembangan!

Pertanyaan

Jelaskan definisi tentang pertumbuhan dan perkembangan!space

Pembahasan Soal:

Pertumbuhan adalah proses bertambahnya tinggi, volume, ataupun massa suatu makhluk hidup karena adanya pertambahan sel. Pertumbuhan bersifat irreversible (tidak dapat kembali ke kondisi semula) dan bersifat kuantitatif (dapat diukur dan dinyatakan dengan angka). Sedangkan perkembangan adalah proses menuju kedewasaan suatu makhluk hidup yang bersifat reversible (dapat kembali ke kondisi semula) dan bersifat kualitatif (tidak dapat diukur atau dihitung dengan angka).

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apakah yang dimaksud dengan pertumbuhan dan perkembangan?

Pembahasan Soal:

Pertumbuhan dapat diartikan sebagai pertambahan biomassa yang bersifat tetap dan irreversible (tidak dapat kembali pada kondisi semula). Pertumbuhan merupakan suatu konsep kuantitatif yang berkaitan dengan pertambahan massa suatu organisme.

Perkembangan dapat diartikan sebagai proses perubahan yang menyertai pertumbuhan. Perubahan itu meliputi perubahan bentuk dan tingkat kematangan makhluk hidup. Secara sederhana, perkembangan merupakan proses perubahan menjadi dewasa. Dalam proses tersebut, terjadi diferensiasi sel (perubahan struktur dan fungsi sel), histogenesis (pembentukan jaringan), organogenesis (pembentukan organ), dan gametogenesis (pembentukan sel-sel kelamin). Berbeda dari pertumbuhan, perkembangan merupakan suatu konsep kualitatif.  

0

Roboguru

Jelaskan tahap pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman!

Pembahasan Soal:

Pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman berjalan seiringan, dimana sel  pada jaringan meristem aktif membelah, kemudian mengalami diferensiasi menjadi jaringan, selanjutnya berkembang menjadi organ (organogenesis) hingga siap melakukan reproduksi. Tahapan perkembangan dan pertumbuhan pada tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi 2 fase, yaitu:

  1. Fase vegetatif ialah fase pembentukan organ tubuh vegetatif seperti akar, batang, dan daun. Fase vegatatif dimulai dari perkecambahan hingga tumbuh menjadi tanaman muda yang lengkap akar, batang, dan daunnya.
  2. Fase generatif ialah fase pembentukan organ reproduksi (generatif) yaitu bunga. Fase ini dimulai dari pembungaan, pembuahan, dan pematangan buah (biji).

Jadi pertumbuhan dan perkembangan tanaman dimulai dari kecambah tumbuh menjadi tanaman muda kemudian muncul bunga sebagai ciri tahap dewasa, yang diikuti proses perkembangan buah (biji) setelah fertilisasi.

0

Roboguru

Apakah yang dimaksud dengan pertumbuhan dan perkembangan?

Pembahasan Soal:

Pertumbuhan adalah proses pertambahan biomassa atau ukuran (berat, volume, atau jumlah) yang sifatnya tetap dan irreversible (tidak dapat balik ke kondisi semula). Selain itu, pertumbuhan bersifat kuantitatif yang artinya dapat diukur dan dinyatakan dengan angka. Sedangkan perkembangan adalah proses menuju kedewasaan. Perkembangan bersifat reversible (dapat kembali ke kondisi semula) dan bersifat kualitatif yang artinya tidak dapat diukur atau dihitung dengan angka.space 

0

Roboguru

Apa nama alat yang digunakan untuk mengukur pertumbuhan dan perkembangan?

Pembahasan Soal:

Pertumbuhan bersifat kuantitatif, yang artinya dapat diukur dan hasilnya dinyatakan dengan angka. Pada pertumbuhan terjadi perubahan volume, massa dan panjang tubuh organisme. Pada tumbuhan, alat pengukur pertumbuhan yang biasa digunakan antara lain auksanometer dan penggaris. Auksanometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur pertumbuhan memanjang suatu tanaman, seperti panjang batang atau tinggi batang. Auksanometer terdiri dari sistem katrol yang dilengkapi jarum penunjuk pada busur skala atau jarum yang dapat menggaris pada silinder pemutar.

Dengan demikian, nama alat yang digunakan untuk mengukur pertumbuhan dan perkembangan adalah auksanometer dan penggaris.

0

Roboguru

Proses apakah yang terjadi pada gambar a dan b?

Pembahasan Soal:

JIka dilihat berdasarkan gambar pada soal, maka :

  1. Gambar a merupakan gambar mengenai proses pertumbuhan pada tanaman. Pertumbuhan adalah sebuah proses pertambahan volume yang bersifat irreversible (tidak dapat balik). Hal ini dapat terjadi karena adanya pembelahan mitosis atau pembesaran sel dan dapat pula disebabkan oleh keduanya. Pertumbuhan dapat diukur dan dinyatakan secara kuantitatif, contohnya pertumbuhan batang tanaman dapat diukur menggunakan busur pertumbuhan. Contoh yang ditampilkan pada gambar adalah proses pertumbuhan dari biji hingga menjadi satu tanaman sempurna yang mengalami penambahan tinggi tanaman.
  2. Gambar b merupakan gambar mengenai proses perkembangan pada tanaman. Perkembangan adalah terspesialisasinya sel-sel menjadi struktur dan fungsi tertentu. Perkembangan tidak dapat dinyatakan dengan ukuran seperti yang dapat dilakukan pada saat mengukur pertumbuhan tanaman, namun dapat dinyatakan dengan perubahan bentuk dan tingkat kedewasaan. Contoh yang ditampilkan pada gambar adalah proses perkembangan dari tan[pa bunga kemudian berkembang menjadi berbunga dan berbuah.

2

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved