Roboguru

Jelaskan ciri-ciri kebahasaan teks eksposisi!

Jelaskan ciri-ciri kebahasaan teks eksposisi!space 

Jawaban:

Ciri-ciri kebahasaan dalam teks eksposisi antara lain:

  1. Penggunaan pronomina (kata ganti), yaitu kata yang dapat menggantikan nomina dan frasa nomina. Contoh: aku, dia, mereka, kami, kita, ini, siapa, apa.
  2. Penggunaan konjungsi (kata hubung), yaitu kata-kata yang menghubungkan dua satuan bahasa yang sederajat, misalnya kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, serta kalimat dengan kalimat. Contoh: tetapi, sedangkan, dan, agar, lalu.
  3. Penggunaan nomina (kata benda), yaitu kata-kata yang merujuk pada nama seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. Contoh: meja, hewan, kue, pantai.
  4. Penggunaan verba (kata kerja), yaitu kata-kata yang menyatakan suatu tindakan. Contoh: menangis, bermain, makan.
  5. Penggunaan adjektiva (kata sifat), yaitu kata-kata yang menjelaskan rupa, keadaan, waktu, watak orang, hewan, atau benda. Contoh: berani, cepat, cantik, tampan, memesona.
  6. Penggunaan adverbia (kata keterangan), yaitu kata-kata yang melengkapi atau memberikan informasi berupa keterangan waktu, suasana, tempat, alat, cara, dan lain-lain. Contoh: dengan, secara, kemarin, besok.
  7. Penggunaan istilah, yaitu kata-kata yang bersifat keilmuan atau teknis. Contoh: vertebrata, inflasi, dehidrasi.
  8. Adanya keterpaduan antarparagraf, yaitu kohesi dan koherensi. Kohesi adalah keterkaitan antarunsur dalam struktur sintaksis atau struktur wacana yang ditandai, antara lain oleh konjungsi, repetisi, dan pelesapan. Koherensi adalah hubungan logis antarbagian karangan atau antarkalimat dalam satu paragraf.
  9. Penggunaan kata baku dan ejaan yang tepat.

Dengan demikian, ciri-ciri kebahasaan teks eksposisi adalah penggunaan pronomina/kata ganti, konjungi/kata hubung, nomina/kata benda, verba/kata kerja, adjectiva/kata sifat, adverbia/kata keterangan, istilah, adanya keterpaduan paragraf/kohesi dan koherensi, dan kata baku dan ejaan yang tepat.space 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved