Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan beberapa jenis penyakit sistem pernapasan akibat dari kebiasaan merokok!

Jelaskan beberapa jenis penyakit sistem pernapasan akibat dari kebiasaan merokok! 

Iklan

R. Ridho

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Penyakit pada sistem pernapasan akibatdarikebiasaan merokok; Bronkitis kronis merupakan bagian dari penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Penyakit ini menandakan adanya peradangan pada lapisan tabung bronkial (saluran yang membawa udara ke dan dari paru). Peradangan tersebut menyebabkan lendir terlalu lengket hingga akhirnya menghambat aliran udara yang masuk dan keluar dari paru. Lambat laun, aliran udara jadi semakin buruk dan mengakibatkan sulit bernapas. Paru-paru perokok aktif juga bisa terkena penyakit emfisema . Penyakit ini menandakan bahwa alveoli (kantung udara pada paru) rusak, melemah, dan akhirnya pecah. Kondisi ini mengurangi luas permukaan paru dan jumlah oksigen yang dapat mencapai aliran darah. Orang dengan emfisema cenderung kesulitan untuk bernapas ketika melakukan aktivitas berat atau berolahraga karena paru kehilangan kelenturannya. Kebiasaan merokok dapat mengakibatkan kanker paru-paru. Zat kimia pada rokok yang masuk ke tubuh kemungkinan besar merangsang pertumbuhan sel pada paru jadi tidak normal. Jika sudah memiliki penyakit bronkitis atau emfisema, risiko terkena kanker paru-paru jadi lebih tinggi.

Penyakit pada sistem pernapasan akibat dari kebiasaan merokok;

  • Bronkitis kronis merupakan bagian dari penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Penyakit ini menandakan adanya peradangan pada lapisan tabung bronkial (saluran yang membawa udara ke dan dari paru). Peradangan tersebut menyebabkan lendir terlalu lengket hingga akhirnya menghambat aliran udara yang masuk dan keluar dari paru. Lambat laun, aliran udara jadi semakin buruk dan mengakibatkan sulit bernapas. 
  • Paru-paru perokok aktif juga bisa terkena penyakit emfisema. Penyakit ini menandakan bahwa alveoli (kantung udara pada paru) rusak, melemah, dan akhirnya pecah. Kondisi ini mengurangi luas permukaan paru dan jumlah oksigen yang dapat mencapai aliran darah. Orang dengan emfisema cenderung kesulitan untuk bernapas ketika melakukan aktivitas berat atau berolahraga karena paru kehilangan kelenturannya. 
  • Kebiasaan merokok dapat mengakibatkan kanker paru-paru. Zat kimia pada rokok yang masuk ke tubuh kemungkinan besar merangsang pertumbuhan sel pada paru jadi tidak normal. Jika sudah memiliki penyakit bronkitis atau emfisema, risiko terkena kanker paru-paru jadi lebih tinggi.space 

29

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Seorang perokok memiliki risiko gangguan pada saluran pernapasan berikut ini, kecuali ...

2rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia