Roboguru

Jelaskan bahwa pada masa pubertas kebersihan organ reproduksi harus mulai diperhatikan!

Pertanyaan

Jelaskan bahwa pada masa pubertas kebersihan organ reproduksi harus mulai diperhatikan!  space 

Pembahasan Soal:

Masa pubertas adalah masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Pada masa pubertas terjadi perubahan baik secara fisik, hormonal dan psikis. Perubahan secara fisik berhubungan dengan perubahan pada tubuh termasuk organ reproduksi. Organ reproduksi mulai diperhatikan kebersihannya agar tidak menimbulkan berbagai penyakit, seperti keputihan hingga HIV/AIDS. Organ reproduksi merupakan organ yang sensitif terhadap zat asing. Oleh karena itu jika tidak bisa dijaga kebersihannya akan menimbulkan masalah. Cara menjaga kebersihan baik itu perempuan maupun laki-laki sama yaitu dengan mandi dua kali sehari dengan air bersih, mengganti pakaian dalam minimal dua kali sehari, menggunakan pakaian dalam yang mudah menyerap keringat dan tidak menggunakan pakaian dalam yang ketat. Hal ini bertujuan agar tidak mengkibatkan iritasi. Khusus pada perempuan jika menstruasi maka hendaknya ganti pembalut sesering mungkin sekiar 3-4 jam agar tidak menjadi sarang jamur maupun bakteri. Para remaja hendaknya dibekali dengan ilmu-ilmu yang memumpuni tentang kesehatan organ reproduksi yaitu dengan cara bertanya pada orang tua, dokter atau mencari informasi yang berkaitan.

Jadi, pada masa pubertas kebersihan organ reproduksi harus mulai diperhatikan agar tidak mengakibatkan penyakit reproduksi baik perempuan maupun laki-laki.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

H. Zulaiha

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Kalijaga

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan cara menjaga kesehatan organ reproduksi!

Pembahasan Soal:

kebersihan tubuh harus selalu dijaga. Dengan menjaga kebersihan, pertumbuhan fisik menjadi baik. Selain itu, organ reproduksi menjadi lebih sehat. Berikut ini cara menjaga kesehatan organ reproduksi :

  1. Mandi dengan air bersih dua kali sehari.
  2. Menggunakan pakaian dalam yang tidak ketat dan dapat menyerap keringat. Bahan katun sangat disarankan karena menyerap keringat dengan baik. Selain itu, ganti pakaian dalam minimal dua kali sehari.
  3. Membasuh organ reproduksi setelah buang air kecil menggunakan air bersih. Kemudian keringkan dengan handuk atau tisu.
  4. Bagi perempuan, saat menstruasi sebaiknya menggunakan pembalut yang lembut dan bersih. Ganti pembalut jika pembalut terasa lembap. space 
Roboguru

Akibat jika kebersihan organ reproduksi tidak diperhatlkan adalah .....

Pembahasan Soal:

Saat seseorang telah memasuki masa pubertas, kelenjar keringat dan kelenjar minyak telah aktif akibat pengaruh hormon. Bau badan pun muncul. Jika kebersihan badan tidak diperhatikan, akan banyak timbul masalah kesehatan, terutama masalah kulit. Selain itu, badan yang tidak bersih dan berbau kurang sedap menimbulkan ketidaknyamanan. Salah satu cara agar tubuh terasa bersih dari keringat dan minyak adalah mandi. Mandi dua kali sehari membuat tubuh terasa bersih dari kuman penyakit. Selain itu mandi dua kali sehari juga menyehatkan tubuh karena terhindar dari iritasi, peradangan, dan luka akibat penumpukan sel kulit mati. Begitu pula dengan organ reproduksi yang tidak bersih akibat malas membersihkan maka akan menimbulkan berbagai penyakit seperti organ reproduksi terasa gatal, keputihan akibat jamur Candida albicans. Oleh karena itu organ reproduksi sebaiknya dibersihkan agar tidak muncul penyakit yang merugikan. Cara menjaga organ reproduksi yaitu mandi dengan air bersih dua kali sehari, menggunakan pakaian dalam yang tidak ketat dan dapat menyerap keringat. Membasuh organ reproduksi setelah buang air kecil menggunakan air  bersih. dan  bagi perempuan, saat menstruasi sebaiknya menggunakan pembalut yang lembut dan bersih. Gantilah pembalut jika pembalut terasa lembap.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space 

Roboguru

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini! Mengganti pakaian secara teratur. Mandi dua kali sehari. Olahraga secara teratur. Menggunakan celana yang terlalu sempit. Cara menjaga kebersihan ...

Pembahasan Soal:

Cara menjaga kebersihan tubuh dan organ reproduksi.yaitu mandi dengan air bersih dua kali sehari, gunakan pakaian dalam yang tidak ketat dan dapat menyerap keringat, membasuh organ reproduksi setelah buang air kecil, saat menstruasi, gunakan pembalut lembut dan ganti pembalut jika pembalut terasa lembap. Selain menjaga kebersihan tubuh, seseorang juga memerlukan olahraga agar tubuh bugar. Pada pernyataan 1 mengganti pakaian secara teratur merupakan pernyataan salah, seharusnya menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Pernyataan 2 dan 3 benar. Sedangkan pernyataan 4 salah karena menggunakan celana yang sempit akan mengganggu organ reproduksi dan mengakibatkan iritasi.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space 

Roboguru

Memilih pakaian dalam sebaiknya yang....

Pembahasan Soal:

Pertumbuhan membuat tubuh manusia mengalami perubahan ukuran dan ciri-ciri fisiknya. Titik puncak pertumbuhan manusia terjadi pada masa pubertas. Manusia akan mengalami perubahan primer dan sekunder pada masa pubertas. Perubahan primer adalah perubahan yang terjadi di dalarn tubuh manusia. Perubahan sekunder adalah perubahan fisik yang tampak pada tubuh. Saat seseorang telah memasuki masa puber, kelenjar keringat dan kelenjar minyak telah aktif akibat pengaruh hormon. Sesorang yang banyak melakukan aktivitas akan menghasilkan keringat banyak disekujur tubuhnya termasuk bagian organ reproduksinya. Oleh karena itu salah satu cara menjaga kebersihan organ reproduksi yaitu dengan menggunakan pakaian dalam yang tidak ketat dan dapat menyerap keringat. Bahan katun sangat disarankan karena menyerap keringat dengan  baik. Selain itu, mengganti pakaian dalam minimal duakali sehari.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space 

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini! Mengganti pakaian sehari sekali. Mandi dua kali sehari. Olahraga secara teratur. Menggunakan celana yang ketat. Cara menjaga kebersihan diri ditunjukkan oleh...

Pembahasan Soal:

Pertumbuhan membuat tubuh manusia mengalami perubahan ukuran dan ciri-ciri fisiknya. Pertumbuhan pesat terjadi pada masa pubertas. Masa pubertas adalah masa ketika manusia mengalami pertumbuhan yang pesat untuk mencapai kedewasaan. Masa pubertas berhubungan dengan kesiapan organ reproduksi pada perempuan dan laki-laki yang ditandai dengan mengalami menstruasi pada perempuan dan pada laki-laki mengalami mimpi basah. Selain pada organ reproduksi, terjadi perubahan fisik juga dialami oleh remaja. Oleh karena itu penting bagi remaja untuk menjaga tubuh dan organ reproduksi dengan benar. Berikut beberapa cara menjaga kebersihan tubuh dan organ reproduksi.

  1. Mandi dengan air bersih dua kali sehari.
  2. Gunakan pakaian dalam yang tidak ketat dan dapat menyerap keringat.
  3. Mengganti pakaian dalam sehari dua kali agar tidak muncul bakteri ataupun jamur.
  4. Saat menstruasi, gunakan pembalut lembut dan ganti pembalut jika pembalut terasa lembap.
  5. Sering berolahraga agar tubuh sehat dan bugar
  6. Makan-makan bergizi

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved