Roboguru

Jelaskan bagaimana peran mahasiswa dalam proses jatuhnya pemerintah Orde Baru yg telah berkuasa selama 32 tahun !

Pertanyaan

Jelaskan bagaimana peran mahasiswa dalam proses jatuhnya pemerintah Orde Baru yg telah berkuasa selama 32 tahun !undefined

Pembahasan Soal:

Tahun 1998 merupakan salah satu tonggak perubahan terbesar dalam sejarah Indonesia. Dengan adanya krisis multidimensi, terjadi upaya dalam perubahan keadaan sosial, politik dan ekonomi yang dimotori oleh gerakan mahasiswa. Gerakan ini didukung oleh kesadaran bersama dari para mahasiswa, dan kemudian benar-benar menjadi sesuatu gerakan perubahan yang efektif. Aksi demonstrasi besar-besaran digelar para pemuda dan mahasiswa untuk meyuarakan tuntutan perbaikan kondisi Indonesia (reformasi). Momen ini kemudian berkembang menjadi suatu gerakan bersama yang menuntut perubahan di beberapa bidang, khususnya sistem pemerintahan yang saat itu penuh dengan praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Dengan demikian, peran mahasiswa dalam proses jatuhnya Orde Baru adalah sebagai motor penggerak dalam proses jatuhnya Orde Baru.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana cara pemuda memerankan diri dalam perubahan politik di Indonesia dari zaman orde lama ke orde baru? Jelaskan

Pembahasan Soal:

Pada masa akhir pemerintahan Orde lama, aksi-aksi tuntutan penyelesaian yang seadil-adilnya terhadap pelaku G30S PKI semakin meningkat. Gerakan tersebut dipelopori oleh kesatuan aksi pemuda-pemuda, mahasiswa dan pelajar (KAPPI, KAMI, KAPI), kemudian muncul pula KABI (buruh), KASI (sarjana), KAWI (wanita), KAGI (guru) dan lain-lain. Kesatuan-kesatuan aksi tersebut dengan gigih menuntut penyelesaian politis yang terlibat G-30S/PKI, dan kemudian pada tanggal 26 Oktober 1965 membulatkan barisan mereka dalam satu front, yaitu Front Pancasila. Setelah lahir barisan Front Pancasila, gelombang demonstrasi yang menuntut pembubaran PKI makin bertambah meluas. Situasi yang menjurus ke arah konflik politik makin bertambah panas oleh keadaan ekonomi yang semakin memburuk. Perasaan tidak puas terhadap keadaan saat itu mendorong para pemuda dan mahasiswa mencetuskan Tri Tuntunan Hati Nurani Rakyat yang lebih dikenal dengan sebutan Tritura (Tri Tuntutan Rakyat). Pada 12 Januari 1966 dipelopori oleh KAMI dan KAPPI, kesatuan-kesatuan aksi yang tergabung dalam Front Pancasila mendatangi DPR-GR mengajukan tiga buah tuntutan yaitu: (1) Pembubaran PKI, (2) Pembersihan kabinet dari unsur-unsur G30S PKI, dan (3) Penurunan harga/perbaikan ekonomi. Maraknya aksi-aksi pemuda telah memaksa Soekarno mengeluarkan Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) dan memerintahkan Soeharto memulihkan keadaan. Dikeluarkannya Supersemar tersebut secara tak langsung telah mengilhami proses transisi kepemimpinan dari Orde Lama ke Orde Baru. 

Dengan demikian, pemuda yang diwakili mahasiswa memainkan peran penting dalam proses transisi pemerintahan dari Orde Lama ke Orde Baru.

0

Roboguru

Gerakan reformasi yang dimotori mahasiswa untuk menggulingkan kekuasaan Orde Baru terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Uraikan peran mahasiswa di Bandung dalam gerakan reformasi Indonesia tahun 19...

Pembahasan Soal:

Pergerakan mahasiswa di Bandung pada tahun 1998 awalnya terbagi ke dalam beberapa kelompok, yakni kelompok mahasiswa yang tergabung dalam organisasi ”Cipayung”, seperti HMI, PMII, GMKI, PMKRI, dan lain sebagainya. Kelompok tersebut berperan dalam mengorganisir  mahasiswa di kampus dan berinteraksi secara ekstrim dengan berbagai elemen mahasiswa, baik yang intra kampus, maupun elemen mahasiswa pro demokrasi.

Kelompok lainnya adalah mahasiswa eksternal non-Cipayung. Keberadaan kelompok ini sejatinya merupakan bagian dari upaya meradikalisasi kampus agar lebih berpihak ke masyarakat. Perlu juga diketahui, banyak dari aktivis dari kelompok ini melakukan advokasi, pengorganisasian, dan pendidikan politik masyarakat, khususnya petani dan buruh, yang ada di sekitar Bandung, dan Jawa Barat.  Dari beberapa gerakan tersebut, muncullah gagasan untuk mengadakan pertemuan antar elemen mahasiswa dari berbagai kampus maupun organisasi ekstra kampus lainnya. Para kelompok organisasi tersebut merumuskan satu agenda aksi bersama di tiap kampus, dengan bendera bernama ’Mahasiswa Bandung’. 

Dengan demikian serangkaian aksi demonstrasi, advokasi, pengorganisasian, dan pendidikan politik masyarakat dalam agenda reformasi ekonomi dan politik yang dilakukan secara intens merupakan peran mahasiswa Bandung dalam gerakan reformasi Indonesia pada tahun 1998.

0

Roboguru

Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, gerakan pemuda telah mengilhami bangkitnya nasionalisme bangsa. Salah satu peran serta mahasiswa dalam sejarah bangsa pasca proklamasi kemerdekaan adalah ......

Pembahasan Soal:

Gerakan mahasiswa dan pemuda di Indonesia memiliki tujuan atau fokus yang berbeda di era sebelum proklamasi kemerdekaan dan era pasca proklamasi kemerdekaan. Gerakan pemuda sebelum proklamasi kemerdekaan bertujuan penuh untuk mempersatukan pemuda dalam rangka melawan penjajah dan merebut kemerdekaan. Hal tersebut terlihat dalam Kongres Pemuda I, Kongres Pemuda II, Peristiwa Rengasdengklok, hingga puncaknya pada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Sedangkan gerakan pemuda pasca proklamasi kemerdekaan memiliki fokus dan tujuan untuk mengawal jalannya pemerintahan hingga suksesi kepemimpinan nasional. Hal tersebut terlihat dalam gerakan pemuda dan mahasiswa tahun 1966, 1974, dan 1998.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Gerakan pemuda dan mahasiswa di tahun 1998 merupakan gerakan yang terjadi setelah Indonesia mengalami krisis multidimensional. Selain menuntut perbaikan dalam bidang ekonomi, gerakan ini juga menuntut...

Pembahasan Soal:

Pada masa Orde Baru, kehidupan masyarakat Indonesia sangat kaku. Pemerintah membatasi akses informasi kepada masyarakat. Selain itu pemerintah bertindak sangat represif pada masyarakat yang mengkritisi kebijakan-kebijakan pemerintah sehingga masyarakat tidak memiliki kebebasan berekspresi untuk menyuarakan aspirasinya.

Dengan demikian, maka pilihan jawaban yang tepat adalah A.space  

0

Roboguru

Mahasiswa dikenal sebagai penggerak reformasi. Aksi mahasiswa menuntut reformasi ditunjukkan dengan cara melakukan ....

Pembahasan Soal:

Mahasiswa dikenal sebagai penggerak reformasi. Hal ini terlihat dari banyaknya peran pemuda untuk menggulingkan pemerintahan Orde Baru yang dianggap telah melakukan banyak penyimpangan dan  berusaha untuk menggantinya dengan suatu perubahan atau reformasi. Demonstrasi mahasiswa di seluruh Indonesia pada tahun 1998 terjadi sebagai bentuk upaya bangsa Indonesia untuk menyuarakan tuntutan reformasinya. Mahasiswa berdemonstrasi untuk menyuarakan aspirasi rakyat dengan cara turun ke jalan hingga menduduki gedung DPR/MPR.

Dengan demikian aksi mahasiswa menuntut reformasi dilakukan dengan cara demonstrasi turun ke jalan.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved