Roboguru

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar! Jelaskan latar belakang perkembangan agama Hindu dan Buddha di Indonesia!

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
Jelaskan latar belakang perkembangan agama Hindu dan Buddha di Indonesia!
 

Jawaban:

Terdapat beberapa teori (hipotesis) terkait proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha ke Indonesia. Menurut para ahli, agama Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh kaum Waisya (pedagang), Kesatria (prajurit/bangsawan), Brahmana (pendeta) dan oleh orang Indonesia sendiri yang sudah belajar agama Hindu ke India. Agama Hindu pun semakin berkembang di Indonesia dibuktikan dengan munculnya kerajaan-kerajaan bercorak Hindu, seperti Kutai, Tarumanegara, Kediri, dan Singasari. Sementara itu, sekitar abad V, agama Buddha mulai dikenal di Indonesia dengan datangnya seorang biksu di sebuah kerajaan di Jawa Tengah. Pada akhir abad VII, I Tsing peziarah Buddha dari Tiongkok berkunjung ke Kerajaan Sriwijaya. Kelak, di Indonesia juga berkembang kerajaan-kerajaan bercorak Buddha, seperti Kalingga, Sriwijaya, dan Mataram era Dinasti Syailendra. 

Dengan demikian agama Hindu dan Buddha berkembang atas peran berbagai golongan masyarakat dari India sehingga berhasil memunculkan kerajaan-kerajaan bercorak Hindu dan Buddha di Indonesia.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved