Roboguru

Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas. Apabila dalam suatu keluarga terdapat seorang anak yang albino, dengan kedua orangtuanya yang normal. Maka bagaimanakah genotip kedua orangtuanya?

Pertanyaan

Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas.

Apabila dalam suatu keluarga terdapat seorang anak yang albino, dengan kedua orangtuanya yang normal. Maka bagaimanakah genotip kedua orangtuanya?space 

Pembahasan Soal:

Albino adalah suatu kelainan yang diakibatkan kekurangan atau tidak adanya pigmen melanin dalam tubuh. Hal tersebut menyebabkan penderita albino memiliki warna rambut dan kulit yang pucat. Albino merupakan kelainan menurun yang dibawa oleh gen resesif melalui kromosom tubuh (autosom). Penderita albino memiliki genotipe aa. Jika dalam suatu keluarga terlahir anak albino dari kedua orang tua yang normal, maka dapat dipastikan kedua orang tuanya merupakan normal pembawa gen albino atau normal heterozigot (Aa). Berikut diagram persilangannya.

P    :     ♂ Aa     ><    ♀ Aa

           (Normal)         (Normal)

G     :       A, a     rightwards arrow    A, a

F1    :    AA = Normal

           2Aa = Normal heterozigot

             aa = Albino

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa anak albino dapat terlahir dari kedua orang tua normal heterozigot yang memiliki genotipe Aa.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved