Roboguru

Jabarkan bagaimana penerapan Hukum Boyle pada: Scuba diving!

Pertanyaan

Jabarkan bagaimana penerapan Hukum Boyle pada: Scuba diving!undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Hukum Boyle menyatakan apabila tekanan bertambah maka volume sekumpulan gas akan berkurang. Dan sebaliknya jika tekanan berkurang maka volume sekumpulan gas akan berkembang dan meningkat. Ini berarti bahwa bilamana tekanan meningkat, maka volume dari suatu kumpulan gas akan berkurang dan sebaliknya. Hubungan ini berlaku terhadap semua gas di dalam ruangan-ruangan tubuh sewaktu menyelam masuk ke dalam air maupun sewaktu naik ke permukaan.

Seperti diketahui, udara yang kita hirup sehari-hari tidak hanya berisi oksigen (O2), melainkan terdapat juga berbagai gas lain, termasuk nitrogen. Selama ini banyak yang beranggapan, bahwa penyelam bernapas dengan gas murni yang tersimpan dalam tabung. Tentu saja anggapan ini salah. Meskipun tubuh manusia membutuhkan oksigen dalam bernafas, namun gas ini akan berubah menjadi racun bila berada dalam tekanan yang tinggi. Karena itu, gas yang terdapat dalam tabung penyelam adalah udara normal yang dikompresi menggunakan alat kompresor.

Naik atau turunnya volume pada rongga tubuh penyelam sebanding dengan tekanan yang didapat oleh penyelam ketika menyelam. Apabila penyelam mendapat tekanan 2 kali tekanan semula maka volume gas yang di dalam rongga tubuh akan berkurang menjadi setengah dari volume gas semula. undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 12 April 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved