Roboguru

Istilah VOC merupakan singkatan dari ....

Pertanyaan

Istilah VOC merupakan singkatan dari ....undefined 

  1. Verenje Ost-Indishee Compagnieundefined 

  2. Vredenburg Oost-Indian Companyundefined 

  3. Vereenignie Ost-Indian Compagnieundefined 

  4. Vereenigde Oost-IndischespaceCompagnie

  5. Vareenigde Oost-IndischespaceCompany

Pembahasan Soal:

VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie) adalah kongsi dagang Belanda yang didirikan pada 20 Maret 1602. Ide untuk mendirikan VOC dicetuskan oleh Johan van Oldebarnevelt yang merupakan seorang pemuka masyarakat Belanda yang sangat dihormati. Dalam perkembangan selanjutnya, keberadaan VOC di Indonesia tidak hanya tumbuh sebagai kongsi dagang, namun juga menjadi kekuatan politik. Kepemimpinan VOC dipegang oleh dewan beranggotakan tujuh belas orang atau yang disebut sebagai Heeren Zeventien. Tujuh belas orang dalam Heeren Zeventien merupakan para tuan-tuan dagang dari berbagai kota di Belanda.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Hasanah

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Badan pengurus pusat organisasi dagang VOC disebut ....

Pembahasan Soal:

VOC adalah sebuah kongsi dagang Belanda yang didirikan pada 20 Maret 1602 oleh Johan van Oldenbarnevelt. Kepemimpinan VOC dipegang oleh 17 orang pemegang saham yang disebut Heeren Zeventien sebagai pengurus pusat yang berkedudukan di Amsterdam, Belanda. VOC dibentuk untuk menghindari persaingan sesama pedagang Belanda, memperkuat Belanda dalam persaingan dengan bangsa Eropa lain, dan memonopoli perdagangan rempah-rempah di Nusantara.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Penyebab belum berhasilnya perlawanan bangsa Indonesia terhadap kolonialisme sebelum abad ke-20 adalah ....

Pembahasan Soal:

Proses kolonialisme (penjajahan) bangsa Eropa yang merugikan mendapat perlawanan dari rakyat Nusantara. Berbagai perlawanan telah dilakukan rakyat Nusantara, namun belum sepenuhnya berhasil mengusir penjajah. Penyebabnya adalah sebagai berikut.

  1. Mudah diadu domba.
  2. Perlawanannya sangat tergantung pada pemimpin.
  3. Bersifat kedaerahan (lokal) dan belum terorganisasi dengan baik.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Imperialisme terbagi dalam dua kategori, yaitu imperialisme kuno dan imperialisme modern. Imperialisme modern bermula setelah Revolusi Industri di Inggris tahun 1870-an. Hal yang menjadi faktor pendor...

Pembahasan Soal:

Imperialisme modern bermula setelah Revolusi Industri di Inggris tahun 1870-an. Hal yang menjadi faktor pendorongnya adalah adanya kelebihan modal dan barang di negara-negara Barat, sehingga memerlukan wilayah baru sebagai daerah pemasaran. Selepas tahun 1870-an , negara-negara Eropa berlomba-lomba mencari daerah jajahan di wilayah Asia, Amerika dan Afrika. Tujuan negara-negara Barat mencari daerah jajahan adalah untuk mendapat wilayah penyuplai bahan baku, wilayah untuk penanaman investasi baru, wilayah untuk mencari pekerja industri dengan upah rendah, dan menjadi wilayah pemasaran hasil industri.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Pada Maret 1619, VOC di bawah pimpinan Gubernur Jenderal J.P. Coen merebut Jayakarta dari tangan Pangeran Wijayakrama. Setelah merebut Jayakarta, J.P. Coen kemudian membangun kota Batavia di atas puin...

Pembahasan Soal:

Setelah berhasil menguasai Batavia, J.P. Coen memindahkan kantor pusat dagang VOC dari Ambon ke Batavia. Sejak saat itu Batavia menjadi markas besar perdagangan VOC. Hal itu merupakan langkah paling penting yang ditempuh oleh bangsa Belanda, mengingat dari Batavia, VOC mampu membangun pusat militer dan administrasi. Batavia menjadi tempat yang relatif aman bagi pergudangan dan pertukaran barang. Selain itu, letak Batavia juga memudahkan VOC mencapai jalur-jalur perdagangan daerah timur Nusantara dan Asia. Pada Desember 1650, VOC tercatat mempunyai 74 kapal dagang di seluruh wilayah Asia. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan jumlah armada para pesaingnya, Inggris, Portugis dan Spanyol. Kapal-kapal dagang VOC dipersenjatai relatif lebih lengkap daripada kapal milik bangsa lain. Oleh karena itu kapal-kapal Belanda lebih memungkinkan untuk melakukan berbagai manuver dengan lebih hebat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat A.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan teks berikut! Merkantilisme adalah sebuah teori ekonomi yang menyatakan bahwa kesejahteraan suatu negara ditentukan oleh banyaknya aset atau modal yang disimpan oleh negara tersebut, dan ...

Pembahasan Soal:

Penjelajahan Samudra adalah abad di mana banyak ditemukan daerah-daerah baru juga jalur-jalur pelayaran baru menuju dunia Timur untuk mencari rempah-rempah. Motif penjelajahan ini yaitu 3G (Gold, Glory, Gospel). Pada abad ke-16 (era di mana kesadaran bernegara mulai timbul), Eropa menganut sistem ekonomi merkantilisme, hal ini membuat standar kekayaan negara pada saat itu adalah emas. Merkantilisme mengajarkan bahwa pemerintahan suatu negara harus mencapai neraca perdagangan positif dengan melakukan perlindungan terhadap perekonomiannya, dengan mendorong ekspor dan mengurangi impor (biasanya dengan pemberlakuan tarif yang besar). Peristiwa ini memicu untuk pertama kalinya, intervensi suatu negara dalam mengatur perekonomiannya yang pada zaman ini pula sistem kapitalisme mulai lahir. Kebutuhan akan pasar yang diajarkan oleh teori merkantilisme akhirnya mendorong terjadinya banyak peperangan di kalangan negara Eropa dan juga menandai dimulainya era kolonialisme dan imperialisme Eropa. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved