Roboguru

Ir. Seokarno, Muh. Hatta, Dr. Krt Radjiman Wedyodiningrat memenuhi undangan jendral Terauchi pada tanggal.......

Pertanyaan

Ir. Seokarno, Muh. Hatta, Dr. Krt Radjiman Wedyodiningrat memenuhi undangan jendral Terauchi pada tanggal.......

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Tiga tokoh pergerakan nasional, yaitu Dr.Radjiman Wedyodiningrat, Ir. Sukarno, dan Drs. Mohammad Hatta memenuhi undangan Jenderal Terauchi di Dalat (Vietnam Selatan). Jenderal Terauchi adalah Panglima tentara Jepang di Asia Tenggara. Dalam pertemuan itu, Jenderal Terauchi mengatakan pemerintah Jepang telah memutuskan untuk memberikan kemerdekaan kepada Indonesia. Keputusan itu diambil setelah Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Jepang. Setelah menempuh rute penerbangan berbahaya sejak 8 Agustus 1945 dari Jakarta ke Dalath, Saigon ketiga tokoh pergerakan Indonesia akhirnya kesampaian juga untuk bertemu dengan Jenderal Terauchi, Panglima Angkatan Perang Jepang untuk Asia Tenggara. Ketiga tokoh Indonesia yang dipanggil itu adalah Soekarno, Mohammad Hatta dan dr. Radjiman Wedijodiningrat. Waktu itu jam 10 pagi. Dalam pertemuan itu diberitahukanlah kepada mereka bahwa Pemerintah Jepang sudah memutuskan akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia. Bahkan sang jenderal menambahkan bahwa kapan pun Bangsa Indonesia siap, kemerdekaan boleh dinyatakan. Itulah yang diucapkan Jenderal Terauchi pada tanggal 12 Agustus 1945 di Dalath, Saigon. Di akhir acara, jenderal Terauchi mengucapkan selamat kepada mereka bertiga lalu pertemuan itu diakhiri oleh jamuan dan makan makan kue.

Dengan demikian, Ir. Seokarno, Muh. Hatta, Dr. Krt Radjiman Wedyodiningrat memenuhi undangan jendral Terauchi pada tanggal 12 Agustus 1945.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tokoh nasionalis yang dipanggil ke Dalat, Vietnam, adalah....

Pembahasan Soal:

Sukarno, Hatta, dan Radjiman oleh pemerintah militer Dai Nippon dianggap sebagai tiga tokoh penting serta berpengaruh bagi rakyat Indonesia. Ketiganya juga merupakan personil utama Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Ketiga tokoh tersebut diminta menghadap Panglima Angkatan Perang Jepang untuk Asia Tenggara, Marsekal Terauchi. Dalam pertemuan tersebut, Terauchi menjanjikan akan segera memberikan kemerdekaan kepada Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Ir. Sukarno, Drs. Mohammad Hatta, dan dr. Rajiman Wedyodiningrat diundang ke Dalat dengan tujuan untuk ...

Pembahasan Soal:

Pada 9 Agustus 1945, Soekarno, Hatta dan Radjiman berangkat ke Dalat, Vietnam untuk bertemu Panglima Tentara Jepang di Asia Tenggara Marsekal Hisaichi Terauchi. Dalam pertemuan tersebut, Terauchi menyatakan pemerintah Jepang telah memutuskan untuk memberikan kemerdekaan kepada Indonesia. Untuk melaksanakan pernyataan kemerdekaan Indonesia, Terauchi menyerahkan kepada Soekarno-Hatta sebagai ketua dan wakil ketua PPKI. Pertemuan tersebut sebenarnya merupakan strategi Terauchi dalam menutupi kondisi Jepang yang kian terdesak. Pemerintah Jepang menyarankan agar kemerdekaan Indonesia dinyatakan setidaknya tanggal 24 Agustus 1945. Menurut Terauchi, perlu waktu untuk melakukan berbagai persiapan sebelum proklamasi kemerdekaan diwujudkan.

Dengan demikian, kedatangan peristiwa bertemunya tokoh penting dari Indonesia dan Jepang tersebut memiliki tujuan tentang pemberitahuan waktu kemerdekaan yang telah dijanjikan oleh Jepang, pihak Jepang memberitahukan waktu penyelenggaraan kemerdekaan karena butuh persiapan yang matang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.
 

0

Roboguru

Tokoh nasionalis yang dipanggil ke Dalat, Vietnam, adalah....

Pembahasan Soal:

Kekalahan Jepang oleh sekutu karena dijatuhkannya bom atom di dua kota yaitu Hiroshima dan Nagasaski membuka jalan kemerdekaan Indonesia. Sejumlah tokoh seperti Soekarno, Mohammad Hatta,KRT Radjiman Wedyodiningrat dan lain sebagainya berusaha membawa negeri ini ke gerbang kemerdekaan. Sebagai pimpinan PPKI, ketiganya diundang ke Dalat, Vietnam oleh Jepang untuk membicarakan kemerdekaan RI untuk bertemu Panglima seluruh Angkatan Perang Jepang di Asia Tenggara, Marsekal Hisaichi Terauchi.undefined


Berdasarkan keterangan tersebut, maka jawaban yang benar adalah C.undefined

1

Roboguru

Ceritakan tentang interaksi Jepang dan Indonesia pra kemerdekaan ....

Pembahasan Soal:

Kedatangan Jepang pada tahun 1942 pada awalnya disambut baik oleh masyarakat Indonesia. Jepang dianggap sebagai penyelamat dari kekejaman bangsa Barat. Atas hal tersebut, Jepang melakukan berbagai propaganda untuk menarik simpati masyarat. Hal itu direalisasikan dengan pembentukan gerakan 3A, PUTERA, penggunaan bahasa Indonesia dan sebagainya. Meskipun demikian, seiring waktu masyarakat merasakan kekejaman yang dilakukan oleh Jepang dengan penerapan berbagai kebijakan yang menyiksa masyarakat. Salah satu kebijakan tersebut adalah romusha. Jepang terus melakukan propaganda dengan mendekati para pemimpin negara. Bahkan dalam kondisi darurat dalam perang Pasifik, Jepang berusaha mengadakan pertemuan di Vietnam untuk membahasa kemerdekaan Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menarik simpati dan dukungan dari masyarakat Indonesia.

Dengan demikian, interaksi Jepang dan Indonesia pra kemerdekaan menunjukkan suatu hubungan antara penjajah dan negara yang terjajah. Jepang menerapkan kebijakan yang menyiksa masyarakat disertai dengan berbagai propagandanya untuk tetap menarik simpati masyarakat Indonesia.

0

Roboguru

Bagaimana hasil kesepakatan pertemuan di Dalat (Vietnam) antara Jenderal Terauchi dengan tokoh-tokoh Indonesia?

Pembahasan Soal:

Hasil kesepakatan pertemuan di Dalat (Vietnam) antara Jenderal Terauchi dengan tokoh-tokoh Indonesia adalah, Ir. Sukarno diangkat sebagai ketua PPKI dan Moh. Hatta sebagai wakilnya. Jepang berjanji akan mengesahkan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 24 Agustus 1945.

Oleh karena itu, Hasil kesepakatan pertemuan di Dalat (Vietnam) antara Jenderal Terauchi dengan tokoh-tokoh Indonesia adalah Ir. Sukarno diangkat sebagai ketua PPKI dan Moh. Hatta sebagai wakilnya, serta janji kemerdekaan Indonesia pada tanggal 24 Agustus 1945.undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved