Roboguru

Informasi mengenai peran ulama dan lembaga pendidikan Islam...

Pertanyaan

Informasi mengenai peran ulama dan lembaga pendidikan Islam...

Pembahasan Soal:

Penyebaran Islam di Indonesia dimulai dari bagian Barat Indonesia yaitu bagian Barat Indonesia. Bukti peninggalan sejarah penyebaran agama Islam tulisan di batu nisan dan sejumlah kesaksian peziarah. Batu nisan yang paling pertama terbaca pada batu nisan tersebut terdapat tulisan tahun 475 H atau 1082 M. Ada pendapat lain menjelaskan bahwa masyarakat Indonesia pertama yang memeluk agama Islam berasal dari Sumatera Barat. Pendapat tersebut dibuktikan dari laporan Marco Polo dalam perjalanan pulang dari China pada tahun 1292.
Marco Polo melaporkan setidaknya satu kota Muslim dan bukti pertama tentang dinasti Muslim adalah nisan tertanggal tahun 696 H (1297 M), dari Sultan Malik al-Saleh, penguasa Muslim pertama Kesultanan Samudera Pasai, yang merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Penyebaran Islam di Indonesia juga tak terlepas dari peran para ulama dan Wali Sanga atau sembilan wali yang memiliki andil yang cukup besar dalam penyebaran Islam di Indonesia. Para Wali Sanga tersebut menyebarkan agama Islam dengan cara berdakwah bahkan hingga menyelipkan ajaran-ajaran Islam dalam pertunjukan kebudayaan seperti pertunjukan wayang.
Para ulama/ kyai dan Wali Sanga mulai mendirikan pesantren atau sekolah sebagai lembaga pendidikan bagi pribumi. Sekolah yang didirikan ini umumnya memiliki kurikulum islam yang mirip dengan pendidikan di Timur Tengah atau Arab. Sekolah menjadi sarana penyebaran Islam yang penting. Semakin terkenalnya ulama/ kyai yang mendirikan pesantren tersebut, maka semakin berpengaruh pesantren tersebut di tengah masyarakat sekitar. Sehingga, ajaran Islam dapat menyentuh berbagai kalangan di masyarakat.

Dengan demikian, ulama memiliki  peran penting dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia. Di samping itu, lembaga pendidikan menjadi sarana pendukung persebaran agama Islam di Indonesia. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved