Pertanyaan

Indonesia merupakan wilayah yang diapit oleh tiga lempeng besar dunia, yaitu Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik. Oleh sebab itu, banyak wilayah di Indonesia yang rawan terhadap bencana gempa bumi dan bencana tsunami. Salah satu wilayah di Indonesia yang rawan terhadap bencana akibat pertemuan Lempeng Indo-Australiadan Pasifik adalah ….

Indonesia merupakan wilayah yang diapit oleh tiga lempeng besar dunia, yaitu Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik. Oleh sebab itu, banyak wilayah di Indonesia yang rawan terhadap bencana gempa bumi dan bencana tsunami. Salah satu wilayah di Indonesia yang rawan terhadap bencana akibat pertemuan Lempeng Indo-Australia dan Pasifik adalah ….

  1. pesisir utara Jawa

  2. pesisir utara Papua

  3. pesisir barat Sumatra

  4. pesisir barat Kalimantan

  5. pesisir selatan Nusa Tenggara

D. Wiratama

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah B.

pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan

Indonesia terletak pada pertemuan lempeng Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik. Hal ini menjadikan banyak wilayah di Indonesia yang rawan terhadap bencana gempa bumi dan juga tsunami. Biasanya, wilayah dengan tingkat kerawanan bancana yangtinggi ituberada dekat dengan zona pertemuan lempeng. Wilayah rawan bencana gempa bumi dan tsunami akibat pergerakan Lempeng Indo-Australiadan Pasifik adalah wilayah pesisir utara Papua . Sementara itu, pesisir barat Sumatra dan pesisir selatan Nusa Tenggara berada di dekat pertemuan Lempeng Eurasia dan Indo-Australia. Tetapi, ada beberapa wilayah di Indonesia yang cukup aman dari gempa bumi dan tsunami karena posisinya jauh dari zona pertemuan antarlempeng itu, seperti pesisir barat Kalimantan dan pesisir utara Jawa. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Indonesia terletak pada pertemuan lempeng Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik. Hal ini menjadikan banyak wilayah di Indonesia yang rawan terhadap bencana gempa bumi dan juga tsunami. Biasanya, wilayah dengan tingkat kerawanan bancana yang tinggi itu berada dekat dengan zona pertemuan lempeng. Wilayah rawan bencana gempa bumi dan tsunami akibat pergerakan Lempeng Indo-Australia dan Pasifik adalah wilayah pesisir utara Papua. Sementara itu, pesisir barat Sumatra dan pesisir selatan Nusa Tenggara berada di dekat pertemuan Lempeng Eurasia dan Indo-Australia. Tetapi, ada beberapa wilayah di Indonesia yang cukup aman dari gempa bumi dan tsunami karena posisinya jauh dari zona pertemuan antarlempeng itu, seperti pesisir barat Kalimantan dan pesisir utara Jawa.undefined 


Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

43

Iklan

Pertanyaan serupa

Salah satu bentuk mitigasi struktural yang dilakukan pada bencana letusan gunung api adalah pembangunan sabo dam Kali Woro di lereng Gunung Merapi. Tujuan dari diletakkannya dam tersebut pada sungai y...

80

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia