Roboguru

Indonesia memiliki tanah yang sangat subur karena memiliki banyak pegunungan api yang aktif. Hal ini terjadi karena....

Pertanyaan

Indonesia memiliki tanah yang sangat subur karena memiliki banyak pegunungan api yang aktif. Hal ini terjadi karena....

  1. Indonesia terletak di antara dua samudra

  2. Indonesia terletak di wilayah iklim monsunal

  3. Indonesia terletak di daerah khatulistiwa

  4. Indonesia terletak di area pertemuan lempeng

  5. Indonesia terletak di atas Paparan Sunda dan Paparan Sahul

Pembahasan Soal:

Wilayah Indonesia terletak di zona pertemuan tiga lempeng besar, yaitu lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia, dan lempeng Pasifik. Pada zona sekitar pertemuan lempeng tersebut, banyak terbentuk gunungapi yang menyebabkan kesuburan tanah di Indonesia menjadi tinggi.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Nur

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Terakhir diupdate 31 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Lokasi persebaran pegunungan dapat dikaji dengan letak ….

Pembahasan Soal:

Untuk mengkaji persebaran pegunungan di dunia, dapat dilakukan dengan memperhatikan letak geologis. Letak geologis merupakan letak suatu wilayah, negara ataupun benua berdasarkan kondisi geologis yang ada di wilayah tersebut, seperti mengacu pada lempengan-lempengan bumi yang berada pada lapisan kulit bumi  pada daerah tersebut. Dengan memperhatikan lempengan bumi, akan diketahui persebaran pegunungan, karena pegunungan biasanya terbentuk diantara zona konvergen lempeng.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Jelaskan letak geologis dan geostrategi negara republik Indonesia dari aspek Trigatra dalam konteks Wawasan Nusantara!

Pembahasan Soal:

Trigatra merupakan aspek alamiah yang meliputi posisi serta lokasi geografis negara, keadaan dan kekayaan alam, serta keadaan dan kemampuan penduduknya

Kondisi geologis Indonesia dipengaruhi oleh kondisi geologisnya yang berada di pertemuan tiga lempeng tektonik besar, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Pasifik, selain itu secara geologis, Indonesia juga dilalui oleh dua jalur pegunungan dunia, yaitu Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik. Posisi geostrategis Indonesia berada pada posisi silang dunia, yaitu diantara dua benua, dua samudera, dan berada di daerah khatulistiwa.

Kondisi geografis Indonesia dipengaruhi oleh letak geologisnya, yaitu memiliki bentuk muka bumi yang bervariasi, kaya akan barang tambang dan memiliki jenis tanah yang subur. Jenis tanah yang subur kemudian menyebabkan Indonesia memiliki potensi yang besar di bidang pertanian (agraris). Dan sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia juga tengah berupaya untuk memanfaatkan posisi geostrategisnya sebagai poros maritim dunia.

 

0

Roboguru

Indonesia merupakan negara yang banyak terdapat gunung api, terutama dengan tipe strato yang sebagian besar masih aktif terletak pada jalur pegunungan lipatan muda Sirkum Pasifik dan sirkum Mediterani...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan uraian pada soal di atas, uraian tersebut termasuk ke dalam letak geologi. Letak geologis merupakan letak suatu wilayah berdasarkan struktur dan komposisi batuan yang membentuk bumi. Batu-batuan yang terdapat di Indonesia sangat erat hubungannya dengan sistem pegunungan yang ada di Indonesia. Dengan kondisi letak tersebut berpengaruh bagi indonesia.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini: 1)   terletak di daerah tropis dengan curah hujan yang tinggi 2)   memiliki banyak patahan dan sesar aktif 3)   terletak di antara dua benua dan dua sa...

Pembahasan Soal:

Indonesia merupakan wilayah pertemuan tiga lempeng aktif dunia, yaitu Eurasia, Pasifik, dan Indo-Australia. Interaksi ketiga lempeng tersebut, terbentuknya jalur pegunungan muda, keberadaan patahan dan sesar aktif merupakan faktor geologi yang menyebabkan SDA di Indonesia begitu tinggi. Contoh potensi yang muncul dari aktivitas-aktivitas geologi di Indonesia adalah pertambangan dan geotermal.

0

Roboguru

Berikut adalah letak geologis Indonesia, kecuali ...

Pembahasan Soal:

Letak geologis didefinisikan sebagai letak suatu daerah berdasarkan struktur dan komposisi bantuan yang membentuk muka bumi. Dengan kata lain, komponen di dalam pembentukan muka bumi. Adapun kondisi letak geologis Indonesia adalah sebagai berikut.

  • Indonesia terletak pada 3 pertemuan lempeng utama dunia, yaitu Lempeng Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Pasifik. Lempeng Eurasia dan Lempeng Australia bertubrukan di lepas pantai barat Pulau Sumatera, lepas pantai selatan Pulau Jawa, lepas pantai selatan Pulau Nusa Tenggara, dan berbelok ke arah utara memasuki perairan Maluku sebelah selatan. Lempeng Australia dan Lempeng Pasifik bertumbukan di sekitar Pulau Papua. Sedangkan untuk ketiganya bertubrukan di sekitar Sulawesi.
  • Indonesia dilalui oleh dua rangkaian pegunungan, yaitu sirkum pasifik dan sirkum mediterania. Sirkum Pasifik dimulai dari Pegunungan Andes (Amerika Selatan), pegunungan di Amerika Tengah, Pegunungan Rocky (Amerika Serikat), pegunungan di Kanada, Alaska, Kepulauan Aleut, Kepulauan Kuril, Jepang, Filipina, Irian, dan Selandia Baru. Sirkum Mediterania dimulai dari Pegunungan Mediterania, menuju ke Pegunungan – Pegunungan Kauskasus, Himalaya, Burma, Andaman, Nikobar, Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, hingga Kepulauan Banda.
  • Indonesia terletak tiga dangkalan yaitu dangkalan sunda, dangkalan sahul, dan dangkalan laut pertambahan Australia Asiatis. Dangkalan Sunda menghubungkan wilayah Indonesia bagian barat dengan Benua Asia. Daerah Laut Pertengahan Australia Asiatis menghubungkan Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul. Dangkalan Sahul menghubungkan wilayah Indonesia bagian timur dengan Benua Australia

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved